Internet Service Provider Balikpapan

Topologi dan Manfaat Jaringan Komputer

Topologi Manfaat Jaringan Komputer – Haii haiii bertemu lagi dengan Admin di sini. Sesuai dengan janji Admin sebelumnya, Admin akan meneruskan artikel sebelumnya. Di sini Admin akan membahas tentang topologi dan manfaat dari jaringan sebuah komputer yang sebelumnya belum bisa Admin bahas.

Kemarin Admin sudah membahas tentang pengertian, jenis, dan beberapa perangkat dari jaringan komputer. Jika masih kurang jelas, mungkin bisa membaca artikel Admin sebelumnya tentang 7 jenis jaringan utama di komputer anda!

Kembali lagi ke topik bahasan kita, yaitu tentang topologi dan manfaat jaringan sebuah komputer. Ternyata sebuah jaringan dari komputer memiliki topologi juga lho guys. Apa sih topologi itu? Menurut Wikipedia, topologi adalah penjelasan ringkas dan padat tentang hubungan geometris dari unsur dasar sebuah jaringan. Maksud dari jaringan di sini adalah jaringan dari si komputer itu sendiri. Contohnya seperti link dan station.

Sedangkan pemilihan topologi ini sendiri pun memiliki tujuannya sendiri. Entah berdasarkan pada biaya, atau tujuan dari penggunaannya itu sendiri, dan bisa juga dikarenakan skala dari jaringan yang ingin digunakan.

Untuk lebih rincinya akan Admin ringkas di parafgraf di bawah ini.

Topologi Jaringan Komputer

Sebenarnya banyak sekali topologi yang sering kita jumpai di kehidupan kita. Tapi mungkin banyak dari kita yang belum sadar akan adanya topologi ini. Mungkin dengan beberapa penjelasan singkat ini, Anda akan merasa tercerahkan hehe

Oke, kita kembali ke pokok bahasan.

1.Topologi Jaringan Komputer Bus

Pertama dan paling sering di temui adalah topologi jaringan komputer bus. Topologi bus dapat membuat antar server dan antar workstation saling terhubung dengan kabel pejal nya. Terlebih jika ada salah satu server atau workstation yang sedang mengalami upgrade, jaringan yang lain tidak akan terganggu dengan update tersebut. Sayangnya jika terjadi kerusakan di salah satu jaringan, kerusakan itu akan membuat jaringan lain terganggu.

2.Topologi Jaringan Komputer Ring atau Cincin

Kedua adalah tentang topologi jaringan komputer ring atau cincin ini. Di mana jaringan ini dapat terbentuk adalah ketika setiap jaringan saling terhubung seperti ring atau cincin. Setiap data akan diterima dari server satu ke server yang lain dengan rapi. Dengan adanya sistem ini, tumpang tindih antar data atau informasi yang diterima setiap server tidak akan terjadi. Sehingga memudahkan dalam penyampaian informasi dan tidak menggunakan banyak space. Tapi jika ada gangguan pada satu data yang terkirim, maka akan berpengaruh kepada semua data yang diterima oleh para server tersebut.

3.Topologi Jaringan Komputer Star atau Bintang

Ketiga adalah topologi jaringan komputer star atau bintang. Topologi ini akan bekerja jika setiap jaringan dari komputer memiliki jalur sendiri ke dalam server induk. Jadi satu komputer memiliki satu jalur ke server induk. Dengan adanya jalur pribadi ini, gangguan dari jaringan sebuah komputer tidak akan merambah ke jaringan komputer lain. Karena memiliki jalurnya sendiri. Tapi dengan menerapkan one way ini, membuat pengeluaran biaya anggaran akan sangat besar mengingat banyaknya jalur yang digunakan.

4.Topologi Jaringan Komputer Tree atau Pohon

Selanjutnya adalah topologi gabungan dari topologi pertama yaitu bus dengan topologi ketiga yaitu star. Topologi ini bernama topologi jaringan komputer tree atau pohon. Pelambangan ini lebih mirip ke akar pohon. Di mana setiap akar pohon ini akan memiliki suatu hub. Dan hub tersebut akan menuju ke bus dari pohon utama. Terlihat jelas disini, untuk keunggulan dan kelemahan dari topologi ini adalah sama dengan topologi yang pertama dan yang ketiga. Meskipun begitu, jika ada upgrade dari sisi perluasan jaringan, topologi ini sangat rekomended.

5.Topologi Jaringan Komputer Mesh

Terakhir adalah topologi jaringan komputer mesh. Ada waktu di mana konektivitas suatu jaringan komputer akan terputus secara mutlak. Dengan tidak adanya konektivitas tersebut, topologi ini akan muncul. Topologi mesh dapat menghubungkan koneksi dari segala perangkat yang masih memiliki satu jaringan yang sama. Ingat ya, satu jaringan yang sama. Jika sudah beda jaringan, maka tidak akan terhubung atau terkoneksi dengan baik. Topologi ini sangat berperan dalam hal keamanan, kecepatan, dan keandalan suatu jaringan dalam sebuah komputer. Dengan fitur yang sangat menolong ini, tentu saja akan memakan kocek yang lebih dalam dari biasanya.

Semua itu adalah topologi yang Admin ketahui sejauh ini. Mungkin jika Anda memiliki informasi lain tentang topologi ini, silahkan chat di kolom komentar di bawah yaa.

Manfaat jaringan komputer

Lalu apa sih pentingnya jaringan dalam sebuah komputer ini? Kenapa juga harus pakai jaringan di dalam sebuah komputer ini? Nah siapa yang masih berfikir seperti itu? Atau hanya Admin yang berfikir seperti itu hehe

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari jaringan sebuah komputer yang sudah Admin rangkum khusus hanya untuk pada pembaca sekalian. Simak yaa.

Membantu aktivitas setiap individu

Tentu saja yang pertama dalam hal teknologi adalah membantu tugas dari setiap manusia agar lebih mudah dan efisien. Apalagi untuk jaman sekarang yang semua orang sudah pegang laptop saat di kantor atau pun di luar jam kerja. Jaringan di dalam komputer ini sangat membantu.

Menyampaikan informasi secara cepat

Dengan contoh yang simple saja, misal ada bencana alam, dan dengan jaringan komputernya yang sesuai dan mumpuni, tim SAR pun akan datang tepat waktu dan menolong warga yang terkena dampak dari bencana tersebut. Tidak hanya memudahkan, ternyata informasi yang cepat pun dapat menyelamatkan korban jiwa.

Komunikasi jadi lebih mudah

Contoh lainnya adalah jika penyampaian informasi cepat dan komunikasi jadi lebih mudah, maka tugas Admin dan tim pun akan cepat selesai tanpa banyak revisi lagi 😀

Karena dengan komunikasi yang lancar, maka pekerjaan yang sudah direncanakan pun juga akan terselesaikan dengan baik dan hasil yang memuaskan.

Pendataan jadi lebih efektif dan efisien

Setiap karyawan yang baru masuk pasti memiliki banyak pertanyaan tentang pekerjaannya. Di situ lah tugas para senior untuk mengayomi para anak baru tersebut. Tetapi jika tugas yang diberikan atasan tidak kunjung selesai? Apakah masih ada waktu untuk mengajari anak baru? Nah disini data yang ada dalam perusahaan dapat di bagikan kepada para anak baru agar mereka bisa mempelajarinya sendiri. Dengan sharing data yang ada di jaringan komputer ini, membuat pekerjaan para senior tidak terbagi ke luar lingkarannya.

Selain itu, dengan adanya penyimpanan data dalam jaringan komputer ini membuat data dari setiap perusahaan dapat tersusun rapi dan tidak amburadul di dalam lemari kantor. Pencarian dan pemilihan dokumen yang di cari pun lebih mudah sehingga waktu menjadi lebih efisien.

Kesimpulan

Akhirnya kita sampai juga di sesi terakhir, yaitu kesimpulan. Merangkum dari artikel sebelumnya, kesimpulan kali ini akan melibatkan isi dari artikel sebelumnya tentang jenis jaringan komputer.

Yang pertama adalah jaringan komputer adalah pembagian data atau informasi dengan para komputer yang ada dalam satu jaringan.

Kedua, untuk jaringan komputer terdiri dari Internet, PAN, LAN, WAN, MAN, CAN, VPN.

Ketiga, Topologi yang di gunakan antara lain Bus, Ring, Star, Tree, Mesh.

Terakhir manfaat yang di berikan adalah untuk membantu tugas dari setiap manusia agar lebih mudah dan efisien. Dalam bentuk apapun itu.

 

Untuk mendapatkan update terbaru tentang teknologi, pantau terus blog dari web Comtelindo yah. Dan jangan lupa untuk mengikuti akun Instagram kami.

Happy Reading! 😀

1 komentar untuk “Topologi dan Manfaat Jaringan Komputer”

  1. Ping-kembali: Fungsi Lisensi APJII Dalam Dunia Layanan Internet - Comtelindo

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *