Fungsi Wifi dan Cara Kerjanya

Wuzzz! Mari Tes Kecepatan Internet Anda!

Internet Untuk Kehidupan

Tes Kecepatan Internet – Hallo Sobat CMT, bertemu lagi dengan Admin di sini. Kali ini Admin akan memberikan berbagai informasi tentang bagaimana cara mengukur kecepatan internet yang dimiliki oleh Sobat. Kecepatan internet menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam kita mengerjakan tugas di kampus, sekolah, atau pun untuk pekerjaan sehari hari kita. Apa lagi bagi Admin, kecepatan internet sangat mempengaruhi kinerja Admin lho. Bayangkan saja jika sudah waktunya untuk posting, eh internetnya lemot. Yang ada malah gagal posting dan harus mengulang dari awal lagi. Sangat menyebalkan bukan.

Bagi Sobat yang sering bermain game mobile online mungkin juga sering mengalaminya. Ketika sedang War bersama squad, tiba tiba internet lemot. Wah, bisa bisa tim kta yang terbantai sama musuh 😀

Kecepatan internet ini bisa naik dan turun sewaktu waktu tergantung dari cuaca, daerah tempat tinggal, hingga provider yang dipakai oleh Sobat CMT. Nah, kali ini Admin akan memberikan beberapa cara untuk mengetahui kecepatan internet yang Sobat miliki dengan mengakses beberapa situs berikut ini.

BACA JUGA: Perbedaan CPU, GPU dan APU

Google Stadia Speed Test

Situs untuk mengukur kecepatan yang pertama adalah Google Stadia Speed Test. Google Stadia Speed Test dibuat oleh Google secara khusus dan bisa digunakan saat menggunakan internet sebagai koneksi memainkan game melalui layanan streaming game. Situs ini memiliki tampilan sederhana dan minim informasi. Di mana, kegunaannya hanya untuk mengukur kecepatan download dan tidak memberikan informasi lain.

Seperti ini cara mengaksesnya

Tes Kecepatan Internet (1)

Setelah masuk ke dalam situs, tinggal klit saja tombol yang sudah di tandai. Lalu tunggu sebentar dan akan muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah.

Tes Kecepatan Internet (2)

Di sana akan ada hasil dari kecepatan internet Sobat CMT. Dan jika sudah ada lambing centang seperti gambar, maka tes kecepatan internet menggunakan Google Stadia Speed Test telah selesai dan juga menunjukan hasil yang baik.

Google sendiri melakukan kerja sama dengan Measurement Lab atau M-Lab dalam mengkalkulasi kecepatan internet. Selain melalui situs, Sobat juga bisa mengaksesnya hanya dengan mengetikkan “speed test” di pencarian Google.

Speedtest.net

Tes Kecepatan Internet – Lalu situs kedua yang bisa Sobat akses adalah Speedtest.net. Situs ini dikembangkan oleh perusahaan teknologi Ookla asal Montana, Amerika Serikat. Speedtest.net pertama kali dirilis pada 2006. Situs ini bisa mengukur kecepatan internet baik data seluler ataupun wifi. Speedtest.net bisa digunakan untuk mengetahui kecepatan dari internet yang Sobat gunakan. Website ini yang paling sering digunakan banyak orang untuk mengetahui kecepatan internet mereka. Apalagi Sobat juga bisa mengaksesnya melalui aplikasi yang bisa diunduh melalui Play Store atau App Store melalui smartphone.

Cara menggunakannya cukup mudah. Tinggal ketik “speedtest.net” di pencarian Google, lalu klik tombol yang di tandai seperti gambar di bawah

Tes Kecepatan Internet (3)

Setelah itu tinggal menunggu hasilnya keluar seperti gambar di bawah ini

Tes Kecepatan Internet (4)

Berikutnya Sobat tinggal melihat data ping, kecepatan unduh, dan kecepatan unggah di internet SObat CMT.

Speedtest.net bisa menjadi pilihan akurat karena situs ini memiliki banyak server yang tersebar di seluruh dunia mencapai lebih dari 1.000 server. Selain mengetahui informasi kecepatan saat download maupun upload, situs ini juga memberikan informasi latency dan packet loss.

Fast.com

Tes Kecepatan Internet – Yang ketiga pada urutan daftar situs untuk tes kecepatan internet adalah fast.com. Situs ini di kembangkan oleh Netflix untuk mengetahui kecepatan internet default maupun utama melalui aplikasi Netflix. Walaupun tampilannya sederhana, namun Fast.com mampu menampilkan informasi penting selain kecepatan download atau upload. Kamu juga bisa mengetahui latency dari kecepatan internet saat mengoperasikan layanan streaming sehingga memastikan kestabilan koneksi internet.

Fast.com merupakan situs yang bisa di akses secara cuma-cuma. Tidak hanya itu, Fast.com bisa di akses oleh berbagai perangkat seperti desktop, ponsel pintar, tablet, hingga smart TV asalkan tersedia browser.

Fast.com di luncurkan situs video berbayar Netflix untuk membantu penggunanya melihat kecepatan internet yang di miliki. Untuk mengakses fast.com Sobat cukup masukan kata kunci “fast.com” di penelusuran Google. Lalu sistem akan mengecek kecepatan internet secara otomatis seperti pada gambar di bawah ini

Tes Kecepatan Internet (5)

SpeedOf.Me

Tes Kecepatan Internet – Pada urutan ke empat ada SpeedOf.Me. Yang merupakan situs untuk mengukur kecepatan internet secara mudah. Situs ini juga di desain untuk mereplika browsing maupun downloading dengan cara mengunduh beberapa file yang di butuhkan, untuk kemudian di rekam kecepatan download-nya. Pengecekan yang di lakukan ini nantinya akan menginformasikan kecepatan upload, latency, serta informasi lain terkait koneksi yang meliputi alamat IP, lokasi server dan masih banyak lainnya.

Cara menggunakannya adalah dengan memasukan kata kunci “speedof.me” di penelusuran Google lalu klik tombol seperti gambar di bawah ini

Tes Kecepatan Internet (6)

Setelah menunggu 100% maka akan di hasilkan data seperti gambar di bawah ini

Tes Kecepatan Internet (7)

SpeedOf.Me juga memiliki bagian riwayat yang di gunakan untuk membandingkan hasil pengujian dari waktu ke waktu. Walaupun tidak begitu sederhana secara tampilan, namun situs ini jelas salah satu yang memiliki detail informasi terlengkap.

Xfinity Speed Test

Tes Kecepatan Internet – Walaupun di buat khusus untuk pengguna Xfinity, namun Xfinity Speed Test bisa menjadi alat tes untuk mengetahui kecepatan internet yang bisa di lakukan oleh semua orang. Situs yang di buat oleh Comcast ini mampu di operasikan melalui PC maupun smartphone yang di gunakan. Tampilan dari situs maupun aplikasinya cukup sederhana dengan informasi lengkap sehingga memudahkan setiap pengguna.

Cara menggunakannya adalah dengan memasukan kata kunci “xfinity speed test” di penelusuran Google lalu klik tombol mulai test. Setelah menunggu 100% maka akan di hasilkan data seperti gambar di bawah ini

Tes Kecepatan Internet (8)

Selain mengetahui kecepatan saat download, upload, maupun latency, situs ini juga bisa memastikan koneksi internet bisa di gunakan untuk streaming video beresolusi 4K.

Bandwidth Place

Tes Kecepatan Internet – Yang terakhir ada Bandwidth Place. Situs ini bisa di gunakan untuk mengetahui kecepatan koneksi internet. Bandwidth Place di luncurkan oleh perusahaan penyedia layanan internet asal Houston, Texas pada 2002 silam. Bandwidth Place menyediakan PING, download speed, dan upload speed.

PING adalah waktu respons dari koneksi internet ketika mengirim permintaan. PING di ukur menggunakan satuan milidetik. Apabila nilai PING pada hasil cek kecepatan internet rendah, itu berarti koneksi internetnya sangat baik, begitu pun sebaliknya. Download speed merupakan istilah untuk menentukan kecepatan koneksi yang di gunakan ketika mengunduh file atau data.

Seperti cara sebelumnya, masukan kata kunci “bandwidthplace” di penelusuran Google klik tombol tes nya, lalu tunggu hingga hasilnya seperti gambar ini

Tes Kecepatan Internet (9)

Angka pada download speed menunjukkan lamanya perangkat menerima file tersebut dan satuan yang di gunakannya yaitu megabits per second (Mbps).Upload speed di gunakan untuk mengetahui kecepatan koneksi internet dalam mengirim file ke perangkat. Misalnya membagikan foto ke media sosial atau kirim pesan.

Selain itu, Bandwidth Place di lengkapi dengan kolom untuk mendeteksi jenis provider yang sedang di gunakan oleh user.

Comtelindo

Jika Sobat CMT ingin untuk mendapatkan internet untuk bisnis yang selalu stabil di angka yang sobat inginkan, maka COMTELINDO adalah solusi terbaik bagi bisnis Sobat. Dengan layanan Internet Dedicated milik Comtelindo, Sobat akan menikmasti betapa lancarnya mengakses internet di dalam bisnis Sobat.

Jadi, tunggu apa lagi?

Segera tanyakan ke Admin dengan klik gambar di bawah ini

Tes Kecepatan Internet

Atau Sobat juga bisa melihat katalog dari produk kita di dalam website resmi Comtelindo.

 

Happy Reading 😀

1 thought on “Wuzzz! Mari Tes Kecepatan Internet Anda!”

  1. Pingback: Mau Tau 7 Fungsi Rahasia Wifi? Simak Ulasannya! - Comtelindo

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *