TELEKOMUNIKASI, INTERNET, DAN TEKNOLOGI NIRKABEL

TELEKOMUNIKASI, INTERNET, DAN TEKNOLOGI NIRKABEL

Secara harfiah, internet (kependekan dari kata ‘interconnected-networking’) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Sedangkan secara istilah, Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum. Yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Setiap jaringan mungkin menghubungkan puluhan, ratusan, bahkan ribuan komputer. Memungkinkan berbagai informasi dan sumber daya sehingga membentuk sistem informasi global. Setiap orang yang mempunyai akses Internet dapat berkomunikasi langsung dengan siapapun di Internet. Setiap orang juga bisa memberikan informasi kepada orang lain. Selain itu, mencari informasi yang disediakan orang lain akan ssangat membantu kita. Bahkan dapat menjual barang/jasa dengan biaya murah.

Sedangkan Jaringan nirkabel merujuk kepada semua jenis komputer jaringan yang nirkabel, dan umumnya terkait dengan jaringan telekomunikasi yang antara node dilaksanakan tanpa menggunakan kabel. Wireless jaringan telekomunikasi pada umumnya dilaksanakan dengan beberapa jenis jauh informasi sistem transmisi yang menggunakan gelombang elektromagnetik, seperti gelombang radio, untuk operator dan pelaksanaan ini biasanya terjadi pada tingkat fisik atau “lapisan” dari jaringan.

Teknologi jaringan nirkabel sebenarnya terbentang luas mulai dari komunikasi suara sampai dengan jaringan data, yang mana membolehkan pengguna untuk membangun koneksi nirkabel pada suatu jarak tertentu. Ini termasuk teknologi infrared, frekuensi radio dan lain sebagainya. Peranti yang umumnya digunakan untuk jaringan nirkabel termasuk di dalamnya adalah komputer, komputer genggam, PDA, telepon seluler, tablet PC dan lain sebagainya. Teknologi nirkabel ini memiliki kegunaan yang sangat banyak. Contohnya, pengguna bergerak bisa menggunakan telepon seluler mereka untuk mengakses e-mail. Sementara itu para pelancong dengan laptopnya bisa terhubung ke internet ketika mereka sedang di bandara, kafe, kereta api dan tempat publik lainnya. Di rumah, pengguna dapat terhubung ke desktop mereka (melalui bluetooth) untuk melakukan sinkronisasi dengan PDA-nya.

 Jaringan Komunikasi

  • Sinyal Digital v.s Analog

Ada dua cara untuk berkomunikasi pesan di jaringan baik menggunakan sinyal analog atau sinyal digital. Pertama, sinyal analog di wakili oleh terus menerus gelombang yang melewati media komunikasi dan telah di gunakan untuk komunikasi suara. Perangkat analog yang paling umum adalah telepon handset, speaker di komputer Anda, atau iPod earphone Anda, semua yang menciptakan bentuk-bentuk gelombang analog yang telinga Anda dapat mendengar. Kedua, sebuah sinyal digital adalah diskrit, gelombang biner, daripada terus menerus gelombang. Sinyal digital mengkomunikasikan informasi sebagai string dari dua diskrit menyatakan: satu bit dan bit nol, yang direpresentasikan sebagai on-off pulsa elektrik. Komputer menggunakan sinyal digital dan membutuhkan modem untuk mengkonversi sinyal digital ini menjadi sinyal analog yang dapat dikirim melalui (atau diterima dari) saluran telepon, kabel garis, atau media nirkabel yang menggunakan sinyal analog.

Modem singkatan modulator demodulator. Kabel modem menghubungkan komputer Anda ke Internet menggunakan jaringan kabel. Modem DSL menghubungkan komputer Anda ke Internet menggunakan jaringan garis tanah sebuah perusahaan telepon. Modem nirkabel melakukan yang sama berfungsi sebagai modem tradisional, menghubungkan komputer Anda ke jaringan nirkabel yang bisa menjadi jaringan telepon seluler, atau jaringan Wi-Fi. Tanpa modem komputer tidak bisa berkomunikasi dengan satu sama lain menggunakan jaringan analog (termasuk sistem telepon dan jaringan kabel).

 Jenis-jenis Jaringan

  • LAN

Local-area network (LAN): Hingga 500 meter (setengah mil), sebuah kantor atau lantai dari sebuah bangunan. Sebuah jaringan telekomunikasi yang memerlukan saluran sendiri yang berdedikasi dan yang meliputi jarak yang terbatas, biasanya satu gedung atau beberapa gedung di dekat.

  • CAN

Campus-area network (CAN): Hingga 1.000 meter (mil); sebuah kampus atau fasilitas perusahaan. Sebuah jaringan telekomunikasi yang memerlukan saluran sendiri yang berdedikasi dan yang meliputi jarak yang terbatas, biasanya satu gedung atau beberapa gedung di dekat.

  • MAN

Selanjutnya ada Metropolitan-area network (MAN): Sebuah wilayah kota atau metropolitan. Jaringan yang mencakup daerah metropolitan, biasanya kota dan pinggiran kota utama. Cakupan geografis yang jatuh antara.

  • WAN dan LAN

Yang terakhir ada Wide-area network (WAN):  Sebuah wilayah benua atau global. Jaringan telekomunikasi yang menjangkau jarak geografis yang besar. Dapat terdiri dari berbagai kabel, satelit, dan teknologi microwave.

Ethernet adalah standar LAN yang dominan pada tingkat jaringan fisik, menentukan media fisik untuk membawa sinyal antara komputer; aturan akses kontrol, dan bingkai standar, atau set bit yang digunakan untuk membawa data melalui system.

LAN dapat menggunakan arsitektur klien/server (di Windows, model jaringan domain) atau arsitektur peer-to-peer (dalam Windows, model jaringan workgroup), di mana data komputer pertukaran tanpa melalui server terpisah. LAN yang lebih besar mungkin memiliki beberapa server untuk berbeda, tujuan tertentu, seperti cetak, web, mail, atau server aplikasi.

Fisik Transmisi Media

Jaringan menggunakan berbagai jenis media transmisi fisik, termasuk memutar kawat, kabel koaksial, serat optik, dan media untuk transmisi nirkabel. Masing-masing memiliki kelebihan dan keterbatasan. Berbagai macam kecepatan adalah mungkin untuk diberi menengah tergantung pada software dan hardware konfigurasi.

  • Kawat memutar

Pertama, kawat bengkok terdiri dari helai kawat tembaga memutar berpasangan dan adalah lebih tua jenis media transmisi. Banyak sistem telepon di bangunan memiliki kabel twisted di instal untuk komunikasi analog, tetapi mereka dapat di gunakan untuk komunikasi digital juga. Meskipun transmisi fisik yang lebih tua menengah, kabel twisted di gunakan dalam LAN hari ini, seperti CAT5, dapat memperoleh kecepatan hingga 1 Gbps. Twisted-pair kabel yang di batasi maksimum yang di sarankan menjalankan 100 meter (328 kaki).

  • Kawat koaksial

Kedua, kabel koaksial, mirip dengan yang di gunakan untuk televisi kabel, terdiri dari tebal kawat tembaga terisolasi yang dapat mengirimkan volume yang lebih besar dari data di bandingkan memutar kawat. Kabel di gunakan dalam LAN awal dan masih di gunakan saat ini untuk lebih lama (lebih dari 100 meter) berjalan di gedung-gedung besar. Koaksial memiliki kecepatan hingga 1 Gbps.

  • Fiber Optik dan Jaringan Optik

Selanjutnya, kabel serat optik terdiri dari helai terikat serat kaca bening, masing-masing ketebalan rambut manusia. Data di ubah menjadi pulsa cahaya, yang di kirim melalui serat optik kabel dengan perangkat laser dengan harga bervariasi dari 500 kilobit ke beberapa triliun bit per detik dalam pengaturan eksperimental. Kabel serat optik adalah jauh lebih cepat, lebih ringan, dan lebih tahan lama di bandingkan media kawat, dan cocok untuk sistem yang membutuhkan transfer dari volume data yang besar. Namun, kabel serat optik lebih mahal dari pada media transmisi fisik lainnya dan lebih sulit untuk menginstal.

  • Wireless Transmission Media

Lalu ada transmisi nirkabel di dasarkan pada sinyal radio dari berbagai frekuensi. Di sana tiga jenis jaringan nirkabel yang di gunakan oleh komputer: microwave, seluler, dan Wi-Fi. Sistem microwave, baik darat dan langit, mengirimkan frekuensi tinggi sinyal radio melalui atmosfer dan secara luas di gunakan untuk volume tinggi, jarak jauh, komunikasi point-to-point. Sinyal microwave mengikuti garis lurus dan tidak membungkuk dengan kelengkungan bumi. Oleh karena itu, jarak jauh sistem transmisi terestrial membutuhkan transmisi yang Stasiun di posisikan sekitar 37 mil terpisah.

Sistem selular juga menggunakan gelombang radio dan berbagai protokol yang berbeda untuk berkomunikasi dengan antena radio (menara) di tempatkan dalam bersebelahan geografis daerah yang di sebut sel. Komunikasi di transmisikan dari ponsel untuk lokal sel lulus dari antena ke sel-antena ke sel-sampai mereka mencapai akhir mereka tujuan. Jaringan nirkabel yang menggantikan jaringan kabel tradisional untuk banyak aplikasi dan membuat aplikasi baru, layanan, dan model bisnis.

  • Kecepatan transmisi

Terakhir kecepatan transmisi. Jumlah total informasi digital yang dapat di tularkan melalui media telekomunikasi di ukur dalam bit per detik (bps). Satu sinyal perubahan, atau siklus, di perlukan untuk mengirimkan satu atau beberapa bit; oleh karena itu, kapasitas transmisi dari setiap jenis media telekomunikasi adalah fungsi dari frekuensi. Jumlah siklus per detik yang dapat di kirim melalui media yang di ukur dalam hertz-satu hertz sama dengan satu siklus medium. Rentang frekuensi yang dapat di tampung pada telekomunikasi tertentu saluran di sebut bandwidth. Bandwidth perbedaan antara frekuensi tertinggi dan frekuensi terendah yang dapat di tampung pada saluran tunggal. Semakin besar rentang frekuensi, semakin besar bandwidth dan semakin besar kapasitas transmisi saluran.

Revolusi Nirkabel

Perangkat nirkabel yang mendukung Revolusi komunikasi nirkabel atau mobile dan komputasi meliputi:

  • Sistem Seluler

Personal digital assistant (PDA): Kecil, komputer genggam yang menampilkan aplikasi seperti penjadwal elektronik dan buku alamat.

Global System for Mobile Communication (GSM) adalah standar yang di gunakan di Eropa dan banyak dari sisa dunia di luar Amerika Serikat. GSM kekuatan adalah dalam kemampuan roaming internasional. Code Division Multiple Access (CDMA) adalah standar paling banyak di gunakan di Amerika Serikat. CDMA lebih murah dan mendukung transmisi kualitas yang lebih tinggi. Pesan layanan singkat (SMS) adalah pesan teks layanan yang di gunakan oleh beberapa sistem telepon seluler digital untuk mengirim dan menerima pesan singkat alfanumerik.

Jaringan 2.5G menggunakan upgrade ke infrastruktur seluler yang ada dan tingkat fitur transmisi data berkisar antara 30 sampai 144 Kbps.  Sedangkan jaringan selular yang lebih kuat yang di sebut generasi ketiga (3G) jaringan memiliki kecepatan transmisi mulai dari 384 Kbps untuk pengguna ponsel di katakanlah mobile untuk lebih dari 2 Mbps untuk pengguna stasioner, cukup untuk download media yang kaya.

Jaringan Komputer Dan Internet Wireless Access

  • Bluetooth

Bluetooth adalah nama populer untuk standar jaringan nirkabel 802.15, yang berguna untuk menciptakan jaringan wilayah pribadi kecil (PANS). Ini link delapan perangkat dalam area 10 meter menggunakan daya rendah, komunikasi berbasis radio dan dapat mengirimkan hingga 722 Kbps di band 2,4 GHz.

  • Akses internet Wi-Fi dan Wireless

802.11 set standar untuk LAN nirkabel dan akses Internet nirkabel juga di kenal sebagai Wi-Fi. Jalur akses adalah sebuah kotak yang terdiri dari radio receiver / transmitter dan antena yang menghubungkan ke kabel jaringan, router, atau hub. Jalur akses mobile seperti Virgin Mobile MiFi menggunakan jaringan seluler yang ada untuk membuat koneksi Wi-Fi.

  • WiMax

WiMax, yang merupakan singkatan dari Worldwide Interoperability untuk Microwave Access, adalah istilah populer untuk IEEE Standard 802.16. Memiliki berbagai akses nirkabel hingga 31 mil dan kecepatan transmisi hingga 75 Mbps. Antena WiMax yang cukup kuat untuk koneksi internet kecepatan tinggi balok untuk antena di atap rumah dan bisnis yang mil jauhnya.

Rfid Dan Wireless Sensor Jaringan

Teknologi mobile menciptakan efisiensi baru dan cara kerja seluruh perusahaan. Selain sistem nirkabel yang telah kami jelaskan, sistem identifikasi frekuensi radio dan jaringan sensor nirkabel mengalami dampak yang besar.

  • Radio Frequency Identification (RFID)

Identifikasi frekuensi radio (RFID) sistem menyediakan teknologi yang kuat untuk melacak pergerakan barang di seluruh rantai pasokan. RFID sistem menggunakan tag kecil dengan microchip tertanam berisi data tentang item dan lokasi untuk mengirimkan sinyal radio melalui jarak pendek ke pembaca RFID. Pembaca RFID kemudian lulus data melalui jaringan ke komputer untuk diproses.

  • Wireless Sensor Networks

Jaringan sensor nirkabel (WSNs) adalah jaringan dari ratusan atau ribuan perangkat nirkabel saling berhubungan, atau node. Yang tertanam ke dalam lingkungan fisik untuk menyediakan pengukuran banyak titik di ruang besar. Mereka di dasarkan pada perangkat dengan built-dalam pengolahan, penyimpanan, dan sensor frekuensi radio dan antena. Kedua perangkat tersebut terhubung ke jaringan interkoneksi di mana data yang di arahkan mulus antara semua node dan di teruskan ke komputer untuk analisis. Jaringan sensor nirkabel yang berharga dalam bidang-bidang seperti pemantauan perubahan lingkungan, pemantauan kegiatan lalu lintas atau militer, melindungi properti, efisien operasi dan mengelola mesin dan kendaraan, menetapkan batas-batas keamanan, pemantauan manajemen rantai pasokan, atau mendeteksi kimia, biologi, atau bahan radiologi.

Sumber Artikel : http://rezarandy190.blogspot.com/

Sumber Gambar : https://ulasanpena.wordpress.com/2016/06/19/pengertian-sejarah-perkembangan-dan-manfaat-teknologi/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *