[:id]SDLC, Waterfall, Agile, Extreme Programming Methods[:]

[:id]

Penjelasan apa itu SDLC? dan kenapa kita perlu mengetahuinya.

SDLC

SDLC adalah kepanjangan dari Software Development Life Cycle ialah Putaran Alur Pengembangan Sofware.SDLC adalah framework yang mendefinisikan tugas-tugas di setiap tahap-tahap proses pengembangan. SDLC di miliki di setiap perusahaan software untuk mendesign, mengembangkan dan testing kualitas software.  SDLC juga disebut sebagai Proses Software Development. SDLC memiliki beberapa method yang berbeda semisal Waterfall, Agile, Extreme Programming dan lain-lain. SDLC perlu diketahui untuk memudahkan industry dalam tahap-tahap pengembangan software.

Metode Waterfall

Seperti namanya, Waterfal metode mempunyai formasi tahap seperti air terjun. Metode Waterfall adalah metode yang paling simple dibandingkan metode lainnya, sering digunakan karena mudah dipahami, digunakan, diimplementasi. Method Watefall harus teratus dari 1 ke 2, 2 ke 3 dan seterusnya.

Metode Agile

Metode Agile adalah sekelompok metode dalam pengembangan software berdasarkan prinsip yang sama. Metode Agile adalah salah satu metode dalam jangka pendek. Agile membutuhkan adaptasi cepat dalam pengembangan software dalam setiap perubahan.

Metode Extreme Programming

Metode Extreme Programming atau dikenal sebagai XP adalah model pengembangan software yang mencoba menyederhanakan berbagai langkah dalam pengembangan software tersebut sehingga menjadi adaptif dan fleksibel.

SDLC tidak hanya memiliki 3 metode, ada lebih banyak lagi metode-metode yang dimiliki SDLC tidak harus digunakan dalam semua dalam waktu yang sama, karena SDLC adalah adat industri yang dipilih dan digunakan sesuai kebutuhan jalan perusahaan.

Terima Kasih.

[:]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *