Fungsi Wifi dan Cara Kerjanya

Mengenal Prosesor AMD Ryzen

Apa itu prosesor?

Prosesor AMD Ryzen – Halo Sobat CMT. Kembali lagi bersama Admin di sini yang selalu memberikan informasi informasi seputar teknologi terkini. Kali ini Admin akan memberikan informasi terkait prosesor. Apa sih prosesor itu? Secara garis besar, prosesor adalah otak atau bagian utama dari laptop / komputer. Prosesor ini bertugas untuk memastikan bahwa laptop atau komputer bekerja dengan baik. Seperti otak manusia, sebelum disampaikan ke organ tubuh lain, perintah akan di cerna dulu oleh otak, baru di salurkan ke organ yang dituju. Sama seperti itu, perintah akan di cerna dulu oleh prosesor, baru di salurkan ke komponen dari laptop atau komputer yang dituju.

Tapi kali ini Admin akan membahas tentang mengenal prosesor AMD Ryzen. Jika begitu, mari simak ulasannya.

Prosesor AMD Ryzen 3

Kita sudah mengenal persaingan Android dengan Apple. Tapi jangan salah, dari segi prosesor pun ternyata ada persaingan juga, yaitu persaingan antara Intel dan AMD. Dengan segala kelebihan dan kekurangan dari masing masing prosesor, semuanya akan dapat memenuhi permintaan pasar dengan berbagai keiinginan.

AMD (Advanced Micro Devices) Ryzen 3 merupakan prosesor APU (Accelerated Processing Unit) mobile yang telah hadir untuk laptop tipis maupun seri mainstream. CPU tersebut diumumkan pada bulan Oktober 2017 silam. Prosesor ini memiliki kekuatan dual core dengan base clockspeed 2,5 Ghz dan memiliki maksimum boost clock hingga 3,4 GHz. Seri ini juga menawarkan SMT (empat thread sekaligus) dan 4 MB L3-Cache.

Ryzen 3 ini merupakan pesaing dari Inter Core i3. Dengan spesifikasi yang hampir sama tapi dengan harga yang lebih murah, pelanggan kemungkinan akan mencoba untuk merasakan kemampuan dari prosesor ini.

Ciri khas dari Ryzen 3 adalah menggunakan 2 sampai 4 core dengan thread 4 sampai 8. Ryzen juga punya varian APU (CPU yang digabung dengan GPU) untuk desktop hemat daya dan laptop. Saat generasi pertama meluncur pada pertengahan 2017, ada empat produk Ryzen 3 yang diperkenalkan dengan varian tertinggi 1300X.

Sekedar informasi, penambahan huruf X di belakang empat angka artinya punya performa tinggi. Seluruh prosesor untuk komputer desktop tersebut dirancang dengan litografi 14 nm, mendukung dual-channel DDR4, dan berbasiskan soket baru AM4. Adapun lini prosesor Ryzen 3 generasi pertama untuk pasar laptop baru tersedia setahun berselang alias pada 2018.

Prosesor AMD Ryzen 5

Jika kita membahas prosesor dengan kelas menengah saat ini, maka AMD Ryzen 5 lah jawabannya. Karena AMD Ryzen 5 adalah prosesor yang menjadi saingan dari prosesor Intel Core i5. Dengan adanya prosesor ini akan menambah pilihan yang ada di pasaran. Lalu apa perbedaannya dengan adiknya yaitu AMD Ryzen 3? Mungkin dengan adanya dukungan teknologi simultaneous multi – threading cukup untuk membuat Ryzen 5 berada di atas Ryzen 3.

Teknologi tersebut menjadikan sebuah prosesor punya kemampuan lebih baik dalam menangani tugas banyak dalam satu waktu (multi-tasking). Selain itu, ciri khas Ryzen 5 adalah selalu mempunyai 4 atau 6 core, dengan thread 8, 6, atau 12.

Khusus untuk prosesor laptop, Ryzen 5 di sertai dengan kartu grafis terintegrasi Radeon Vega. Ryzen 5 adalah pilihan paling bijak karena sifatnya sebagai prosesor all-rounder yang andal menangani beragam pekerjaan.

Orang-orang yang mulai serius menggeluti dunia gaming layak menjadikan Ryzen 5 sebagai senjata utama di komputernya. Demikian halnya dengan seorang content creator, data analyst, dan programmer. Pasalnya, Ryzen 5 tangguh, dingin, bisa di-overclock, dan konsumsi dayanya rendah. Hal itu seperti tergambar pada Ryzen 5 3600x yang memenangi kategori terbaik untuk PC mainstream.

BACA JUGA: 11 Bapak Teknologi Dunia (PART 2)

Prosesor AMD Ryzen 7

Persaingan antara 2 raksasa prosesor ini sangatlah ketat. Hingga kita sekarang bisa melihat persaingan antara Intel Core i7 dengan AMD Ryzen 7. Tentu saja sama dengan sebelum sebelumnya, setiap pesaing pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Yang bisa Sobat CMT ketahui adalah jika Sobat memilih prosesor AMD Ryzen 7 ini di mana saat Sobat menjalankan game dan juga bersamaan Anda melakukan streaming dengan menggunakan OBS, maka kecepatannya bisa di katakan tidak berkurang sedikitpun, karena kecepatannya hanya turun sebesar 1% saja. Berbeda dengan Intel Core i7, dia akan mengalami penurunan jika melakukan dua hal tersebut secara bersamaan.

Perbedaan lainnya adalah dengan melihat dalam performa POVRaynya. Di mana jika kita bandingkan dengan prosesor AMD Ryzan 7 ini, prosesor intel core i7 dalam POVRay performanya mencapai sebanyak 65 %, kemudian performanya dalam blender yaitu sebanyak 69%, sedangkan dalam cinebench memiliki performa sebesar 63%.

Prosesor AMD Ryzen 9

Dalam peluncuran Ryzen 5000 dengan arsitektur Zen 3, AMD mengklaim kalau Ryzen 9 5900X sebagai prosesor gaming terbaik di dunia.

Pernyataan ini tampaknya di tujukan untuk Intel, yang sebelumnya mengklaim kalau Core i9-10900K adalah prosesor gaming paling kencang di dunia. Ya, memang AMD tak menyebut Ryzen 9 5900X ini sebagai prosesor gaming paling kencang di dunia.

Karena di atas kertas, kecepatan boost maksimalnya memang masih kalah di banding Core i9-10900K yang bisa mencapai 5,3 GHz, sementara Ryzen 9 5900X ‘hanya’ bisa mencapai 4,8GHz.

Namun di sisi lain, 5900X ini punya keunggulan. Seperti efisiensi daya yang lebih baik, serta jumlah core dan thread yang lebih banyak. AMD pun melengkapi klaimnya ini dengan perbandingan performa prosesor anyarnya ini saat di pakai bermain game.

Prosesor AMD Ryzen Threadripper Pro

Threadripper Pro yang di maksud adalah 3995WX yang punya 64 core dan 128 thread, dengan base clock 2,7GHz dengan boost clock mencapai 4,2GHz. Sementara cache sendiri berukuran 288MB.

Threadripper Pro ini di rancang untuk workstation profesional, baik untuk para OEM maupun integrator sistem. AMD mengklaim prosesor ini menawarkan kemampuan komputasi spektrum penuh dengan jumlah core yang tak tertandingi, lengkap dengan kinerja single core berperforma tinggi.

Platform Profesional Paling Canggih AMD Ryzen Threadripper PRO berbasis workstation menawarkan tingkatan baru untuk konektivitas dan bandwidth.

Workstation pro pertama yang mendukung PCIe Gen 4, memungkinkan potensi penuh dari grafis dan penyimpanan .

128 PCIe Gen4 dengan bandwidth hingga 2,5x di bandingkan dengan sistem dual prosesor yang bersaing

Bandwidth memori terdepan di industri dengan dukungan memori 8 channel ECC RDIMM, LRDIMM dan UDIMM DDR4-3200

Dukungan memori 2TB – Hingga dua kali lipat kapasitas vs kompetitor.

Keamanan dan Pengelolaan Kelas Enterprise yang Terintegrasi Prosesor AMD Ryzen Threadripper Pro di lengkapi dengan teknologi AMD PRO yang menawarkan berbagai fitur kelas enterprise:

Pertama, AMD Pro security – Fitur keamanan bawaan yang berlapis untuk membantu melindungi data sensitif

Kedua, AMD Pro manageabilityDeployment yang di sederhanakan, pencitraan, dan pengelolaan yang kompatibel dengan infrastruktur pengguna saat ini

Ketiga, AMD Memory Guard – Enkripsi memori penuh untuk membantu mencegah serangan fisik pada data sensitif.

Terakhir, AMD Pro Business Ready – stabilitas perangkat lunak yang di rencanakan selama 18 bulan dan ketersediaan yang di rencanakan selama 24 bulan.

 

Sepertinya kita sudah sampai di penghujung artikel ya Sobat. Tetap ikuti terus artikel dari web Comtelindo karena kami akan menghadirkan berbagai informasi terkait teknologi terbaru. Jangan lupa juga untuk follow Instagram kami yaa.

 

Sumber: https://inet.detik.com/consumer/d-5099399/mengenal-prosesor-threadripper-pro-64-core-bikinan-amd

https://carisinyal.com/urutan-prosesor-amd-ryzen/

3 thoughts on “Mengenal Prosesor AMD Ryzen”

  1. Pingback: Kupas Tuntas Pengertian Prosesor Pada Komputer - Comtelindo

  2. Pingback: Kupas Tuntas Pengertian Prosesor Pada Komputer (PART 1) - Comtelindo

  3. Pingback: Kupas Tuntas Pengertian Prosesor Pada Komputer (PART 1) - Comtelindo

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *