[:id]Perbedaan Hardware Dan Software[:]

[:id]

Hardware

            Hardware merupakan peralatan fisik dari sebuah sistem komputer yang terdiri atas 3 jenis, yaitu:

  1. Perangkat masuk (Input device) Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer. Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
  2. Perangkat keluar (Output device) perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
  3. Perangkat pengolah data (Processor) Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data. Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.

Contoh Hardware sebagai berikut:

  1. CPU (Central Processing Unit), Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data. CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data. Adapun komponennya adalah power supply, motherboard, ram, harddisk, prosesor dan fan (kipas).
  2. Monitor, Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU. Sekarang sudah dikembangkan dengan jenis monitor LCD atau LED yang lebih bagus dibandingkan monitor tabung.
  3. Keyboard, merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU yang terdiri atas rangkaian huruf A-Z, angka, dan tombol fungsi lainnya.
  4. Mouse, Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses atau mengedit data. Pada komponen laptop disebut touchpad yang berfungsi sama dengan mouse.
  5. Printer, adalah alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak,berupa teks maupun gambar/grafik.
  6. DVD ROM, alat yang digunakan untuk membaca kepingan CD atau DVD agar dapat diakses pada perangkat komputer.
  7. Scanner, Scanner merupakan alat bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.
  8. Flashdisk, Sebagai alat penyimpan eksternal yang dapat digunakan untuk menyimpan data baik software atau file.
  9. DLL.

Software

            Software atau perangkat lunak dalam penggunaannya dapat diklasifikasikan menjadi 5 macam, Yaitu:

  1. Sistem operasi (Operasi system)
  2. Program Utilitas (utilities Program)
  3. Program Aplikasi (Aplikasi Program)
  4. Program paket (Package Program)
  5. Bahana pemprograman (Programming Language)

Contoh Software sebagai berikut:

Berikut contoh beberapa software yang mungkin sudah pernah anda jalankan:

  1. Sistem Operasi, Perangkat sistem operasi merupakan bagian terpenting di dalam menjalankan suatu perangkat komputer. Ada beberapa jenis sistem operasi diantaranya Windows,MAC, DOS, Linux, dan lain sebagainya. Sistem operasi PC atau laptop yang banyak digunakan adalah Windows yang mudah digunakan dari semua kalangan dan mendukung aplikasi-aplikasi terbaik.
  2. Pengolahan Kata, software ini digunakan untuk pengetikan atau membuat sebuah data seperti halnya membuat buku, surat, makalah, skripsi, dll. Software yang cukup terkenal adalah Microsoft Office yang terdiri dari microsoft word, exel, power point, dll.
  3. Media Player, software ini berfungsi untuk memutar media player seperti video atau musik. Adapun softwarenya adalah VLC media player, GOM media player, AIMPlayer, dll.
  4. Desain Grafis, software ini digunakan untuk kebutuhan desain seperti pembuatan poster, logo, gambar, edit foto, dll. Software yang terkenal adalah CorelDraw dan Adobe Photoshop.
  5. Software Internet, yaitu digunakan untuk mengakses internet yaitu melalui media browser contohnya Mozilla Firefox, Chrome, Safari, OPera, dll.
  6. Anti Virus, digunakan untuk melindungi perangkat komputer dari serangan malware atau virus yang dapat membahayakan sistem. Seperti Avira, AVG, Avast, Kaspersky, Smadav, Malwarebyte, dll.

Bisakah komputer bekerja tanpa software?

            Dapatkah computer berfungsi tanpa perangkat lunak ?- Dalam kebanyakan situasi, ya, komputer dapat berjalan tanpa perangkat lunak yang diinstal. Namun, jika sistem operasi sotware tidak ditemukan di komputer, itu akan menghasilkan kesalahan atau tidak output informasi. Menginstal program perangkat lunak ke komputer berguna untuk sebuah sistem operasi dan memberikan kemampuan tambahan komputer. Sebagai contoh, sebuah pengolah kata memang tidak diperlukan, tetapi memungkinkan Anda untuk membuat dokumen dan surat-surat.

Bisakah komputer berfungsi tanpa hardware?

            Mungkinkah komputer berfungsi tanpa hardware? Hal ini tergantung pada jenis perangkat keras. Sebagian besar komputer memerlukan setidaknya layar , hard drive , keyboard yang , memori , motherboard , prosesor , power supply , dan video card untuk berfungsi dengan baik. Jika salah satu perangkat tersebut hilang atau rusak, kesalahan ditemui, atau komputer tidak akan bisa bekerja. Menambahkan perangkat keras seperti disk drive (misalnya CD-ROM atau DVD ), modem , mouse , printer, speaker itu memang tidak diperlukan dan tanpa hardware jenis ini computer tetap bisa berjalan, tetapi mereka dapat memberikan komputer fungsi tambahan buat computer anda.

Source:

http://komintek.blogspot.com/2014/12/apa-perbedaan-antara-hardware-dan-software.html
[:]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *