[:id]Perbandingan Router Cisco dan Mikrotik[:]

[:id]

 

Pengertian :
Mikrotik merupakan sistem operasi yang termasuk di dalamnya perangkat lunak yang dipasang pada suatu komputer sehingga komputer tersebut dapat berperan sebagai jantung network, pengendali atau pengatur lalu-lintas data antar jaringan, komputer jenis ini dikenal dengan nama router.

Cisco merupakan sebuah peralatan utama yang digunakan pada jaringan yang luas atau Wide Area Network (WAN). Dengan Cisco router, infformasi dapat diteruskan kealamat – alamat yang berjauhan dan berada di jaringan computer yang berlainan. Yang bertujuan untuk dapat meneruskan paket data dari suatu LAN ke LAN lainnya, Cisco router.

Latar Belakang :
Pada saat ini kita harus mengetahui apa saja perbedaan dari cisco dan mikkrotik karena  pada saat kita membuat suatu jarigan kita harus mengerti apa kualitas atau kelemahan serta kelebihan dari perangkat yang kita gunakan.

Maksud dan Tujuan :

  • Mengetahui kelemahan serta kelebihan Cisco dan mikrotik..
  • Mengetahui pengertian dari cisco da Mikrotik.

Fungsi :

  • Fungsi dari Mikrotik :

Mikrotik berfungsi untuk jaringan bersekala kecil maupun bersekala besar hal ini tentunya disesuaikan pada resource daripada komputer itu sendiri.

  • Fungsi Cisco :

Cisco berfungsi sebagaiPenghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.  Router memiliki bagian-bagian yang hampir mirip dengan PC

Perbandingan Cisco Dan Mikrotik :
Pada cisco terdapat beberapa jenis seri Router, semakin tinngi serinya semakin canggih dan lengkap fitur – fiturnya yang disediakan oeleh Cisco akan tetapi harganya juga semakin mahal.
Swicth dan router memiliki banyak persamaan kedua – duanya  sama memiliki RAM, ROM, NVRAM, falsh, CPU dan sama menyediakan port Console, Seperti halnya swicth, beberapa jenis router menyediakan fasilitas upgrade modul sehingga dapat menambah kemampuan.
Router juga dapat dioperasikan via CLI. Router menggunakan sistem operasi IOS. Jika kita sudah memahami prinsip dasar penggunaan perintah-perintah IOS maka kita tidak akan mengalami banyak hambatan ketika mulai belajar mengoperasikan router.

Sedangkan Mikrotik  RouterOs adalah Sistem Operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot.

Kesimpulan :
Sebenarnya Cisco dan mikrotik mempunyai fungsi yang hampir sama, akan tetapi hanya berbeda pada fitur – fitur dan kecanggihannya.

Referensi :

  • http://ricobastiona.blogspot.co.id/2012/04/pengertian-cisco-router-posted-by.html
  • http://www.mandalamaya.com/pengertian-mikrotik/
  • http://smartinfodunia.blogspot.co.id/2012/01/perbandingan-router-cisco-vs-mikrotik.html

Sumber: http://putrinewpuspita.blogspot.com/2017/01/perbandingan-router-cisco-dan-mikrotik.html[:]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *