Fungsi Wifi dan Cara Kerjanya

Penyebab Laptop Hang dan Cara Mengatasinya, 100% Berhasil!

Penyebab Kenapa Laptop Bisa Hang

Penyebab Laptop Hang – Hallo Sobat CMT. Bertemu lagi dengan Admin di sini. Pasti sangat menyebalkan bukan jika kita sedang asik bersama laptop kesayangan kita lalu tiba tiba laptop kita hang? Apakah Sobat CMT termasuk salah satu dari ini? Atau hanya Admin saja yang merasakannya? Ah jadi sedih deh jika kita membahas hal menyebalkan.

Tapi tidak apa apa. Di samping mendapatkan ilmu baru, kita juga bisa menelaah apa yang sebenarnya terjadi. Tidak hanya itu juga sih, mungkin kita juga bisa mengira ngira apakah yang akan kita lakukan itu sudah benar atau belum saat menghadapi suatu kendala. Seperti janji janji Admin sebelumnya, artikel di Web Comtelindo adalah artikel dengan banyak sekali informasi teknologi terkini. Jadi jangan lupa untuk tetap pantengin terus Web Comtelindo yah πŸ˜€

Baiklah, sekarang kita akan masuk ke dalam pembahasan.

1.Memory

Penyebab Laptop Hang – Pertama adalah tentang kendala dari memory laptop kita Sobat. Tentu saja berpengaruh yaa. Seiring perkembangan jaman, banyak sekali aplikasi yang tercipta. Dengan itu berarti semakin banyak juga kapasitas yang kita butuhkan untuk menginstall aplikasi tersebut. Apalagi sekarang kondisi laptop adalah kondisi bawaan dari pabrikan, sehingga kita hanya bisa menambahkan memory atau RAM ke dalam laptop jika kita menginginkan kemampuan lebih untuk mengolah banyak aplikasi.

Masalah di sini adalah semakin meningkatnya jumlah memory yang di butuhkan suatu aplikasi seiring perkembangan jaman.

Dan cara mengatasinya adalah kita harus upgrade memory kita ke yang lebih tinggi lagi agar bisa menampung seluruh memory yang di butuhkan suatu aplikasi.

2.Program di Laptop

Penyebab Laptop Hang – Kedua adalah karena program diΒ  laptop kita. Karena semakin banyak program yang kita install, maka akan semakin banyak juga memory yang diperlukan. Dengan begitu, laptop akan hang. Sebenarnya tidak hanya itu masalahnya, misal saja kita sedang menjalankan suatu program, lalu tiba tiba hang melanda. Bisa saja itu karena ada beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang dan tidak kita ketahui. Hal ini juga menjadi penyebab yang serius.

Cara mengatasinya adalah kita harus memilih dan memilah dengan bijak mana saja yang harus kita gunakan aplikasinya. Dan segera hapus aplikasi yang tidak berguna atau hanya menjadi pelengkap aksesoris saja.

Untuk menonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis tersebut, masuklah ke β€œSystem Configuration Utility” dengan cara ketik: “msconfig” pada menu run, kemudian pada tab service dan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.

Untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan, kita bisa menggunakan tool Prosesexplorer. Dengan tool ini kita dapat melihat dan menonaktifkan (kill) aplikasi apa saja yang tidak diperlukan atau dicurigai sebagai virus.

3.Hardisk

Penyebab Laptop Hang – Selanjutnya yang ketiga adalah karena hardisk yang bermasalah. Masalah ini bahkan bisa sampai menyebabkan laptop menjadi hang. Hardisk masih menggunakan piringan baja untuk menjalankan program. Piringan baja itu adalah nyawa dari si hardisk. Kalau seandainya piringan baja tersebut lecet, atau kesehatan hardisk kita menurun, maka kemampuannya membaca program atau menjalankan program akan berkurang dan membuat laptop ngehang.

Masalah Laptop hang yang disebabkan oleh hardisk ini di antaranya karena:

1.Hardisk Low Space

2.Hardisk yang Terfragmentasi

3.Hardisk yang Sudah Lama, Sehingga RPM-nya Menurun

4.Hardisk Error / Bad Sector

BACA JUGA: Ternyata Inilah Internet Selain IndiHome di Balikpapan!

Cara mengatasi laptop hang karena masalah pada hardisk di atas adalah:

1.Upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau ganti hardisk

2.Lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala

3.Hindarkan hardisk dari debu, goncangan dan panas berlebih.

4.Perbaiki kerusakan pada hardisk dengan tool checkdisk atau dengan cara manual:

4.a.Buka Windows Explorer, klik kanan pada hardisk C->Properties->Pilih β€œtools”->Check Now

4.b.Centang β€œscan for and attempt recovery of bad sector”

4.c.Start

4.Virus

Penyebab Laptop Hang – Berikutnya ada virus yang bisa membuat laptop kita hang. Masalah ini sangat umum terjadi. Biasanya virus itu adalah malware atau virus sejenisnya. Virus yang menjangkiti laptop kita bisa membuat banyak program berjalan sendiri dan bahkan bisa menghilangkan file-file yang ada di laptop kita.

Apabila laptop kita sudah terlebih dahulu terserang virus atau malware, maka sebaiknya jalankan Windows Safe Mode, matikan fasilitas system restore dan gunakanlah program Virus Cleaner seperti misalnya Norman Malware Cleaner untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan lakukan pula update pada sistem operasi.

5.Corrupt di System Files

Penyebab Laptop Hang – System Files merupakan tempat di mana semua file yang mendukung sebuah program berkumpul. Di dalam folder tersebut kalau ada satu ada dua file yang corrupt, bisa membuat sebuah program ngehang. Kalau hanya satu dua program mungkin tak terlalu masalah, karena kita tinggal uninstall programnya.

Biasanya terjadi setelah laptop terinfeksi virus dan file-file yang terinfeksi tersebut terlanjur rusak atau terdelete oleh anti virus. Solusi yang paling gampang adalah dengan merepair sistem operasi yang digunakan.

Karena masih bersangkutan dengan poin di atas, sehingga ini adalah salah satu penyebab kenapa laptop bisa hang juga.

6.Terlalu Banyak Install Anti Virus

Penyebab Laptop Hang – Security program seperti program anti virus dan firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada laptop. Memang terdengar penting. Karena kita pasti menginginkan keamanan ekstra untuk data data kita kan? Boleh memasang program anti virus, tetapi janganlah terlalu berlebihan misalnya dengan menginstall 2-3 program anti virus sekaligus. Karena hal itu dapat sangat membebani laptop kita.

Untuk masalah Security Windows, yang terpenting adalah lakukan update, aktifkan firewall dan gunakan anti virus yang tidak membebani laptop seperti misalnya PCMAV Antivirus serta berhati-hatilah ketika menggunakan USB Flashdisk / Memory Card.

7.Temporary File

Penyebab Laptop Hang – Selanjutnya adalah sudah membengkaknya file-file temporary (sementara). Untuk Windows Xp lokasi file tersebut ada di:

β€œC:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp” dan”C:\WINDOWS\Temp“.

Untuk membersihkannya, delete-lah file-file yang terdapat di kedua lokasi tersebut atau jalankan program Disk CleanUp dengan cara klik start-run, ketik: β€œcleanmgr” lalu pilih drive yang akan di – cleanup.

Hal tersebut akan membantu kita untuk menghapus file sementara yang cukup menyita memory sehingga membuat laptop kita jadi hang.

8.Hardware Overheat

Penyebab Laptop Hang – Hardware overheat baik itu terjadi pada Hardisk, VGA Card, Processor atau CPUΒ secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja laptop yang pada akhirnya laptop menjadi hang, lambat atau bahkan sering restart. Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar.

9.Masalah Jaringan

Penyebab Laptop Hang – Hal ini bisa terjadi karena trafic jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang atau adanya virus yang mencoba masuk ke sistem laptop kita. Untuk mengatasinya, coba lepas dan pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau Roset LAN, restart Switch / hub dan gunakan program Port scanner untuk melihat paket data apa saja yang masuk dan keluar dari laptop kita.

Kesimpulan

Jadi tetap untuk selalu menjaga kesehatan laptop kita itu juga penting ya Sobat CMT. Tetapi jangan lupa untuk selalu melihat artikel di Web Comtelindo Karen kami akan selalu menyajikan informasi tentang teknologi terkini. Jangan lupa juga untuk follow Instagram kita yah.

Happy Reading πŸ˜€

 

Sumber:top-ilmu.blogspot.com

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *