Fungsi Wifi dan Cara Kerjanya

Kupas Tuntas Pengertian Prosesor Pada Komputer atau Laptop TERLENGKAP! (PART 1)

Pengertian Prosesor Komputer atau Laptop

Pengertian ProsesorHallo Sobat CMT. Selamat datang kembali ke dalam artikel di web Comtelindo. Kali ini Admin akan membahas tentang Pengertian Prosesor Pada Komputer atau Laptop. Ya, tentu saja setiap mesin pasti memiliki otaknya sendiri. Setiap perintah yang di lakukan oleh manusia kepada komputer atau laptop akan di proses terlebih dahulu melalui prosesor. Setelah itu otak tersebut akan mengirimkan perintah kepada komponen yang di tuju. Sederhananya seperti itu ya Sobat CMT.

Maka dari itu, komputer atau laptop tidak akan bisa beroperasi jika tanpa adanya otak atau penggerak utamanya, yaitu prosesor. Yah walaupun Admin yakin bahwa sebenarnya Sobat CMT semua sudah mengerti tentang apa itu prosesor ya. Tapi kali ini Admin akan sedikit mengulas tentang pengertian dan fungsi-fungsi processor itu sendiri untuk membantu Sobat CMT yang belum memahaminya.

Mari simak ulasannya.

Pengertian Prosesor

Pengertian ProsesorSecara umum, pengertian processor adalah sebuah IC yang mengontrol seluruh sistem komputer yang digunakan sebagai pusat atau otak komputer dengan menjalankan fungsinya dalam melakukan perhitungan & menjalankan tugas.

Prosesor memegang peranan paling penting dalam sistem komputer. Karena processor melakukan manajemen arus data untuk menghindari terjadinya stack data dalam operasi komputer. Manajemen data yang di lakukan oleh processor menggunakan rumus perhitungan yang sangat kompleks dan akurat. Pengelolaan data yang di lakukan oleh processor di bantu media penyimpanan sementara RAM karena proses yang di lakukan processor sangat cepat.

Prosesor adalah komponen utama atau otak dari laptop / komputer Sobat. Sementara itu, prosesor terletak tepat di tengah motherboard. Prosesor memiliki fungsi yang penting bagi seluruh operasi perangkat komputer karena semua perintah di mulai darinya. Maka dari itu, memilih prosesor terbaik untuk mendukung pekerjaan menggunakan komputer atau laptop sangat penting bagi pengguna. Mulai dari pekerjaan sederhana seperti menulis, membalas e-mail, berselancar di internet, bermain game dan mengolah grafis semua di lakukan dengan komputer atau laptop.

Letak Posisi

Pengertian ProsesorOtak ini terletak pada soket yang terdapat di motherboard, mengelolanya dan melakukan komunikasi. Oleh karena itu prosesor adalah alat atau suatu komponen yang paling utama dari komputer atau laptop. Prosesor dan komponen lain saling melengkapi. Sehingga tanpa adanya si otak ini, komponen lain tidak berfungsi dan sebaliknya.

Fungsi Secara Umum

Pengertian ProsesorTentu saja setiap hal yang ada di dunia ini memiliki fungsinya masing masing. Tidak terlepas juga dari prosesor. Kali ini Admin akan memberikan informasi seputar fungsi dari prosesor ini. Berikut adalah ulasannya secara umum.

1.Memastikan Komputer Bekerja Dengan Baik

Pengertian ProsesorYang pertama tentu saja memastikan komputer atau laptop bekerja dengan baik. Layaknya otak manusia, prosesor juga harus bisa memastikan bahwa keseluruhan tubuhnya sehat dan tidak terjadi masalah. Hal ini sangat berhubungan sebagaimana fungsinya sebagai media penerima input dan media pengirim output kepada setiap komponen yang ada. Dengan lancarnya prosesor memproses suatu data dan mengirimkannya kepada komponen yang dituju, maka berarti komputer / laptop dapat bekerja dengan baik.

2.Mengolah Perhitungan Algoritma

Pengertian ProsesorLalu yang kedua adalah dapat mengolah perhitungan algoritma dalam menjalankan perintah dari kita sebagai manusia. Sudah menjadi rahasia umum jika Bahasa komputer adalah Bahasa yang berbeda dengan manusia. Sebuah mesin otomatis akan menggunakan Bahasa algoritma untuk pemrosesan datanya. Maka dari itu prosesor harus bisa menghandle hal ini agar fungsi utama dari komputer atau laptop dapat tercapai dan berjalan dengan baik sesuai dengan yang di harapkan oleh pengguna / kita. Jika tidak bisa, bisa di artikan bahwa prosesor ini sudah rusak dan tidak layak pakai.

3.Memberikan Perintah Kepada Setiap Komponen Yang di Tuju Oleh Pengguna

Pengertian ProsesorFungsi berikutnya adalah sebagai sang koordinator di dalam komputer. Layaknya sebagai koordinator, prosesor harus bisa mengintegrasikan seluruh komponen yang ada. Dengan memastikan bahwa setiap komponen dapat bekerja sesuai dengan apa yang pengguna perintahkan, maka prosesor di anggap berhasil sebagai koordinator. Sehingga keseluruhan komponen tersebut bisa bekerja sesuai dengan tugasnya masing – masing, dan saling terintegrasi satu sama lain.

4.Membantu Kegiatan Komputer Dengan Spesifik

Pengertian ProsesorUntuk mendukung kebutuhan spesifik dari sebuah komputer, prosesor sangat berperan penting di sini. Setiap komputer sengaja diciptakan dan juga dibuat untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia, dan juga untuk beberapa tujuan spesifik. Ada banyak sekali tujuan spesifik dari sebuah komputer. Contohnya seperti prosesor khusus gaming. Atau juga khusus program pengolahan gambar dan video. Ada juga yang hanya untuk menulis dan membaca saja. Jadi jika Sobat CMT ingin merakit sebuah komputer sendiri, maka Sobat harus lebih jeli dengan prosesor mana yang akan Sobat gunakan. Selain harga yang berbeda, fungsi dari setiap prosesor pun berbeda beda.

5.Menjaga Performa Dari Komputer Atau Laptop

Pengertian ProsesorSalah satu fungsi lainnya adalah menjaga performa dari komputer / laptop. Seperti yang sudah di ulas di atas, semakin bagus spesifikasi dari sebuah prosesor, maka akan semakin bagus pula performa dari komputer tersebut.

Prosesor seringkali di anggap menjadi salah satu indikator dari bagaimana sebuah komputer dapat bekerja. Semakin banyak inti pada sebuah prosesor, dan juga semakin tinggi kecepatannya, maka sebuah komputer akan di anggap menjadi lebih cepat.

Hal ini memang benar adanya, tapi bukan merupakan hal yang mutlak. Seberapa cepat dan juga tinggi spesifikasi processor yang ada, hal ini juga harus di dukung dengan kondisi komponen lainnya, seperti harddisk, RAM, VGA, dan juga chipset. Maka, meskipun sebuah prosesor bisa menjadi ukuran dari performa sebuah komputer, Sobat juga tetap harus melihat spesifikasi komponen lainnya.

6.Menjaga Stabilitas Setiap Komponen di Dalam Komputer

Pengertian ProsesorFungsi penting yang terakhir adalah untuk menjaga stabilitas setiap komponen di dalam komputer. Dengan mencegah terjadinya overlapping tugas pada setiap komponen komputer, membuat setiap komponen yang berada dalam komputer menjadi lebih stabil. Jadi, ketika kita akan mengakses sebuah data atau informasi, maka si processor akan memastikan bahwa komponen yang akan bekerja adalah komponen harddisk, dan bukannya komponen lain yang tidak berhubungan dengan proses pengambilan data.

Hal ini berhubungan dengan kemampuan dari sebuah processor dalam menjaga arus listrik, sehingga dapat membantu mencegah terjadinya overvoltage pada setiap komponen-komponen di dalam sebuah sistem komputer. Sehingga, setiap komponen yang riskan akan dapat di minimalisir kerusakannya.

BACA JUGA: Mengenal Prosesor AMD Ryzen

Komponen Dalam Tubuh Prosesor

Pengertian ProsesorSeperti di ketahui bahwa prosesor adalah otak yang di tanam dalam motherboard. Tapi otak sendiri pun memiliki komponennya sendiri. Mari kita simak sedikit tentang komponen yang ada di dalamnya.

Secara garis besar, ada tiga komponen yang sangat mendasar dari sebuah prosesor. Yaitu Aritcmatics Logical Unit, Control Unit, dan Memory Unit.

1.Aritcmatics Logical Unit

Pengertian ProsesorALU atau singkatan dari Aritcmatics Logical Unit adalah unit atau komponen yang berfungsi sebagai penerima data input aritmatika yang kemudian di proses dan di salurkan kepada komponen lain di komputer. ALU akan melakukan perhitungan aritmatika sesuai instruksi dari programnya yang di kendalikan oleh para penggunanya. Perhitungan di gunakan supaya komputer dapat membaca instruksi dengan benar. Di dalam komponen ini, prosesor benar-benar melakukan pekerjaan yang penting pada sebuah sistem.

2.Control Unit

Pengertian ProsesorCU atau singkatan dari Control Unit adalah unit atau komponen yang berfungsi untuk mengatur traffic data di dalam prosesor tersebut. Dengan begitu, setiap komponen yang ada di dalam sistem komputer akan dapat di atur dan di kendalikan oleh CU tersebut. Selama traffic data masih di bawah kendali CU, prosesor akan berfungsi dengan baik. Setiap aktivitas bisa di eksekusi tanpa ada tumpang tindih dan di lakukan secara teratur oleh CU ini.

3.Memory Unit

Pengertian ProsesorMU atau singkatan dari Memory Unit adalah komponen yang menyerupai alat penyimpanan yang cukup kecil, tapi memiliki kecepatan yang luar biasa. Secara umum, MU bisa juga disebut dengan cache. Hal ini yang mempengaruhi kecepatan performa dari sebuah komputer yang Sobat miliki. Dengan begitu, data yang telah di olah CU dan ALU akan di simpan di komponen ini untuk nantinya di olah kembali.

Akhir Kata

Admin merasa sedih karena harus mengakhiri pertemuan kita hari ini. Tapi jangan takut, lanjutan artikel akan Admin sambung di judul Kupas Tuntas Pengertian Prosesor Pada Komputer atau Laptop TERLENGKAP! (PART 2).

 

Tetap ikuti terus artikel di web Comtelindo karena kami selalu menghadirkan artikel tentang teknologi terbaru. Jangan lupa untuk follow Instagram kami juga yaa.

Happy Reading 😀

 

Sumber:

1: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/05/pengertian-dan-fungsi-processor-pada-komputer.html

2: https://www.nesabamedia.com/pengertian-processor/

3: https://www.asani.co.id/blog/pengertian-prosesor-dan-cara-kerja

4: https://www.dosenpendidikan.co.id/fungsi-processor/

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *