Fungsi Wifi dan Cara Kerjanya

Kupas Tuntas Pengertian Prosesor Pada Komputer atau Laptop TERLENGKAP! (PART 2)

Kupas Tuntas Pengertian Prosesor

Pengertian Prosesor Pada Komputer – Hallo Sobat CMT. Bertemu lagi dengan Admin di sini. Sesuai dengan janji Admin kemarin, Admin akan melanjutkan artikel dengan judul Kupas Tuntas Pengertian Prosesor Pada Komputer atau Laptop TERLENGKAP! (PART 1) yang terpotong kemarin yah. Tanpa bertele tele, langsung saja masuk ke topik pembahasan terusan dari artikel kemarin.

Mari simak ulasannya.

Cara Kerja Prosesor

Pengertian Prosesor Pada Komputer – Setelah mengetahui pengertian prosesor, letak prosesor, fungsi prosesor, dan komponen prosesor, sekarang kita akan masuk ke dalam pembahasan cara kerja dari prosesor itu sendiri. Mari kita coba ulas satu per satu.

Dengan menjalankan instruksi dari pengguna atau manusia, prosesor akan melakukan penerimaan input dengan ALU-nya. Karena dengan ALU, prosesor dapat mengolah operasi matematis lalu memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi yang lainnya. Dengan mikro processor modern yang mengandung floating point unit, ALU dapat melakukan operasi-operasi yang sangat kompleks pada angka yang cukup besar.

Sesudah data di pindahkan, maka transfer data dari prosesor ke dalam komponen komputer lain dapat terlaksana. Setelah itu menerjemahkan perintah tersebut untuk kemudian teruskan outputnya ke hardware atau software terkait sehingga menghasilkan output yang di harapkan.

Sederhananya cara kerja processor intinya adalah menerima umpan ataupun perintah masuk “input” baik dari mouse, keybord atau alat penginput data yang lainnya yang terhubung, lalu kemudian menerjemahkan atau memproses data-data perintah tersebut untuk kemudian mengeluarkan atau meneruskan “output” ke hardware ataupun software yang di tuju. Laptop atau komputer dengan prosesor terbaik akan membantu mempermudah kerja Sobat CMT.

Kecepatan Pemprosesan Data

Pengertian Prosesor Pada Komputer – Misalnya Kecepatan pemrosesan data pada prosesor mampu mencapai 400 Gigahertz yang artinya processor pada komputer mampu untuk menjalankan perintah sebanyak 4000 miliar dalam sekali kerja. Angka tersebut merupakan angka yang fantastis dalam pengembangan teknologi. Karena kegiatan kerja yang banyak ini tidak akan mampu di lakukan oleh manusia secara manual. Istilah seperti ‘Greater Processor‘ tentunya sangat di pahami oleh para gamer, yang sangat memperhatikan spesifikasi komputernya. ‘Greater Processor‘ yaitu keterkatian antara game dengan processor yang di gunakan.

Dalam pengembanganya kita sebagai pengguna komputer yang masuk kategori tengahan mengenal persaingan dua raksasa pemasok prosesor ini, yaitu Intel dan AMD. Kedua pemasok prosesor itu selalu bersaing untuk menghadirkan otak komputer yang paling canggih dan hebat. Keduanya akan selalu kita perhatikan ketika membeli sebuah laptop atau ketika kita ingin merakit sebuah komputer idaman. Terutama ketika memilih jenis merk prosesor yang di gunakan. Karena walaupun merk laptop sama, belum tentu menggunakan prosesor yang sama pula.

Sehingga kita harus jeli ketika melihat spesifikasi laptop yang tersedia, merk processor juga bisa kita lihat lewat stiker yang tertempel pada bagian bawah keyboard laptop, di sana akan tertempel antara dua merk ternama, kalau bukan Intel ya AMD. Untuk kebutuhan kantor biasanya orang akan lebih memilih intel, sedangkan untuk kebutuhan grafis seperti studio, gamer dan lain sebagainya biasanya akan memilih AMD. Namun sebenarnya bukan dari merk yang harus kita lihat, tetapi kecepatan proses yang harus kita jadikan acuan.

Terlepas dari pemilihan antara processor Intel atau AMD, itu tergantung dari penggunanya. Terutama kebutuhan kerja yang akan di jalankan oleh komputer itu sendiri. Oleh karena itu dengan adanya artikel ini di harapkan Sobat CMT menjadi mengetahui apa pengertian prosesor, dan bagian apa saja yang menyusun komponen prosesor. Selain itu Sobat CMT juga bisa mengetahui fungsi dan cara kerja dari prosesor itu sendiri sehingga menjadi tambahan pengetahuan baru.

Jenis dan Merk Prosesor

Pengertian Prosesor Pada Komputer – Sudah sedikit Admin singgung mengenai merk prosesor yang sangat digdaya abad ini. Yaitu Intel dan AMD. Tapi taukah SObat CMT bahwa sebenarnya masih ada beberapa merk lagi yang sebenarnya juga memproduksi prosesor seperti Intel dan AMD?

Mari kita bahas sedikit tentang hal ini.

1.Intel

Pengertian Prosesor Pada Komputer – Siapa yang tidak mengenal Intel Processor? Intel processor merupakan salah satu produk paling terkenal bagi sebagian pengguna teknologi komputer. Ini adalah prosesor paling populer dan banyak di gunakan pada laptop atau komputer. Intel adalah sebuah perusahaan multinasional yaitu Intel Corporation, dan berdiri pada tahun 1968 dengan pusat pengembangan dna produksinya berada di Amerika Serikat. Selain itu, perusahaan intel ini di kenal sebagai produsen yang mempunyai rancangan terhadap mikroprocessor. Salah satu kelebihan prosesor ini di antaranya adalah lebih tahan panas, ada turbo boost yang dapat mempercepat proses kerja pada komputer.

2.AMD

Pengertian Prosesor Pada Komputer – Yang kedua ada AMD atau singkatan dari Anvanced Micro Processor. Secara umum, AMD adalah idaman para manusia yang ingin melakukan kegiatan grafis dengan prosesor yang mumpuni. Maka dari itu, AMD lebih disukai oleh para desain grafis atau pun para gamers. Tinggat penggunaan jenis processor AMD masih berada dibawah Intel namun produksi AMD ini terus melakukan pengembangan produk yang lebih baik. AMD merupakan sebuah perusahaan multinasional terbesar kedua setelah intel corporation yang berbasis pada pengembangan produk processor untuk komputer.

Pusat pengembangan dan produksinya berada di Sunnyvale, California. Selain itu, AMD merupakan perusahaan pemasok global mikroprocessor yang mengadopsi arsitektur X86.

3.IBM

Pengertian Prosesor Pada Komputer – IBM atau sigkatan dari International Bussiness Machines Corporation memproduksi perangkat keras dan perangkat lunak. Pendirian perusahaan IBM dilakukan pada 16 Juni 1911 lalu pelaksanaan produksinya mulai beroperasi sejak tahun 1888. . Prosesor yang pernah diproduksi oleh IBM di antaranya adalah Pentium II Xeon dan IBM POWER.

4.Apple

Pengertian Prosesor Pada Komputer – Apple memproduksi beragam prosesor dan penjualan software komputer. Produk prosesor yang di produksi Apple Inc di antaranya Apple I, Apple DOS, dan Macintosh.

Pada mulanya, perusahaan ini di kenal dengan nama Apple Computer, Inc namun belakangan ini perusahaan processsor di bawah lisensi apple ini di sebut sebagai Apple Inc saja. Pergantian nama ini di lakukan pasca peluncuran produk baru iphone.

Perusahaan multinasional yang memproduksi beragam processor yang fokus pada bidang perancangan, resource, serta penjualan produk elektrik perangkat lunak komputer.

Pusat pengembangan dan produksinya berada di Silicon Valley, Supertino, California

5.IDT

Pengertian Prosesor Pada Komputer – Perusahaan ini mempunyai nama Integratetd Device Technology namun lebih dikenal dengan sebutan IDT. Produksi processor yang dihasilkan oleh IDT ini termasuk murah jika dibandingkan dengan processor dari merk lain. Tempat pengembangan dan produksinya berada di San Jose, Clifornia, Amerika Serikat.

Pendirian perusahaan ini dilakukan pada tahun 1980 lalu pada tahun 1997 untuk pertama kalinya, IDT meluncurkan processor WinChip.

6.ARM

Pengertian Prosesor Pada Komputer – ARM Processor merupakan sebuah perusahaan dimana didalamnya terdapat arsitektur processor mencapai 32 bit. Pusat pengembangan dan basis produksi ARM prosesor ini berada dibawah lisensi ARM Limited. Prosesor ini digunakan untuk prosesor pada ponsel, jadi tidak heran jika hardware ini banyak tertera pada berbagai macam smartphone.

ARM processor berpusat di Cambridge, Inggris dan berdiri sejak tahun 1990 dengan nama Advanced RISC Machines. ARM processor memang di desain khusus yang berfokus pada pasar mobile.

7.Cyrix

Pengertian Prosesor – Cyrix merupakan sebuah perusahaan yang melakukan pengembangan terhadap mikroprocessor komputer. Awal pendirian perusahaan serta produksi produk di lakukan pada tahun 1988. Pusat pengembangan dan produksi processor ini berada di Texas. Perlu kita ketahui bahwa Cyrix ini merupakan salah satu pemasok processor yang mempunyai performa cukup tinggi.

8.Transmeta

Pengertian Prosesor – Transmeta ini merupakan sebuah perusahaan yang melakukan pengembangan pada bidang semi konduktor mikroprocessor. Pusat pengembangan serta produksinya terletak di California.

9.Via

Pengertian Prosesor – Via ini merupakan sebuah perusahaan yang melakukan pengembangan atau riset terhadap chipset. Berbeda dari kebanyakan produsen processor yang di kembangan di Eropa, produk yang satu ini merupakan salah satu bagian dari Formisa Plastics Group di mana pusat pengembangan serta produksinya di lakukan di Taiwan.

Akhir Kata

Pengertian Prosesor – Selesai sudah artikel Admin kali ini. Jika Sobat CMT mempunyai pendapat lain tentang prosesor, bisa langsung tulis di kolom komentar yaa.

Tetap ikuti terus artikel di web Comtelindo karena kami selalu menghadirkan artikel tentang teknologi terbaru. Jangan lupa untuk follow Instagram kami juga yaa.

Happy Reading 😀

 

Sumber:

1: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/05/pengertian-dan-fungsi-processor-pada-komputer.html

2: https://www.nesabamedia.com/pengertian-processor/

3: https://www.asani.co.id/blog/pengertian-prosesor-dan-cara-kerja

4: https://www.dosenpendidikan.co.id/fungsi-processor/

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *