[:id]Pengertian Dan Fungsi Cisco[:]

[:id]

Halo Sob! Apa Kabar? semoga kalian semua baik-baik saja. Karena Kali ini admin akan membahas soal Cisco, mulai dari pengertian sampai fungsinya secara lengkap. Cisco sendiri merupakan Perusahaan Telekomunikasi yang lebih mementingkan kualitas produknya, tetapi dibalik kualitas yang sangat hebat itu produk cisco memiliki harga yang relatif mahal dibanding penyedia produk lainnya.

Pengertian Cisco 

Cisco adalah peralatan utama yang banyak digunakan pada Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN). Dengan cisco router, informasi dapat diteruskan ke alamat-alamat yang berjauhan dan berada di jaringan computer yang berlainan. Yang bertujuan untuk dapat meneruskan paket data dari suatu LAN ke LAN lainnya, Cisco router menggunakan tabel dan protocol routing yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data.

Paket data yang tiba di router diperiksa dan diteruskan ke alamat yang dituju. Agar paket data yang diterima dapat sampai ke tujuannya dengan cepat, router harus memproses data tersebut dengan sangat tepat. Untuk itu, Cisco Router menggunakan Central Processing Unit (CPU) seperti yang digunakan di dalam komputer untuk memproses lalu lintas data tersebut dengan cepat. Seperti komputer.

Sejarah Cisco

Pada tahun 1980 sepasang suami istri yang bernama Len dan Sandy Bosack bekerja pada perusahaan komputer yang berbeda. Mereka mengalami kesulitan agar komputer yang bekerja di departemen yang berbeda tersebut dapat berkomunikasi. Sehingga mereka membuat sebuah gateway yang mereka tempatkan di ruang tamu.

Pada tahun 1984, mereka membuat sebuah produk dengan nama cisco (dengan c kecil). Dan inilah cikal bakal dunia networking. Saat sebuah server gateway cisco di buat, penemuan ini telah merubah dunia networking hingga sekarang. Banyak yang mengira bahwa cisco adalah San Francisco System. Padahal ini adalah dua hal yang berbeda. Dan pada tahun 1992, perusahaan tersebut dirubah menjadi Cisco System, Inc.

Produk Pertama Cisco

Dalam dunia Cisco kita mungkin pernah mengenal istilah “The Old Alphabet Soup Products”. Yaitu istilah untuk produk-produk pertama Cisco. Produk pertama Cisco diantaranya adalah:

  1. Advanced Gateway Server (AGS).
  2. Mid-Range Gateway Server (MGS).
  3. Compact Gateway Server (CGS).
  4. Integrated Gateway Server (IGS).
  5. Advanced Gateway Server Plus (AGS+).

Sebagai perusahaan pertama dalam dunia jaringan, Cisco menjadi pemimpin dalam dunia networking. Termasuk dalam dunia internet, Cisco seperti tidak tertandingi. Cisco telah mengubah sejarah. Cisco telah berhasil membuat orang-orang menjadi mudah berkomunikasi, transfer data, serta mengirim data tanpa mempedulikan waktu, tempat, dan platform.

Teknologi Cisco

1. Cisco Internetwork Operating System (IOS)

Cisco telah mengembangkan teknologinya dari tahun ke tahun. Cisco telah memberikan solusi dari setiap permasalah dalam hal komunikasi dan jaringan. Semakin banyak produk hardware yang telah Cisco rilis. Selain itu, Cisco juga membuat sebuah software yang diberi nama Cisco Internetwork Operating System atau biasa disebut IOS. IOS menyediakan segala fitur yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan pengoperasian jaringan.

2. Cisco Digital Network Architecture (DNA)

Cisco menyediakan portofolio hardware atau perangkat keras dan software atau perangkat lunak yang bisa membawa pelanggan ke era baru dari jaringan. Hari ini, Cisco memperkenalkan teknologi dan layanan Cisco DNA suite Today Cisco yang khusus dirancang untuk bekerja dalam satu sistem dan memberdayakan pelanggan untuk bergerak dengan kecepatan digital:

3. Software-Defined Access (SD-Access).

SD-Access menggunakan penegakan kebijakan otomasi dan segmentasi jaringan di atas satu struktur jaringan untuk menyederhanakan akses jaringan secara dramatis untuk pengguna, perangkat dan hal lainnya. Dengan melakukan otomasi atas kegiatan operasional sehari-hari seperti konfigurasi, penyediaan dan penanganan masalah atau troubleshooting, SD-Access memangkas waktu yang dibutuhkan untuk beradaptasi dengan jaringan, memperbaiki isu resolusi dari hitungan minggu dan bulan menjadi hanya dalam hitungan jam, serta mengurangi dampak dari pelanggaran keamanan.

Sertifikat Cisco

1. CCNA (Cisco Certified Network Associate) 

merupakan sertifikasi tingkat pertama. Sertifikasi ini mengajarkan setiap IT people dari hal yang benar-benar BASIC hingga memiliki konsep dasar network sempurna. Dengan memiliki sertifikasi ini IT People akan mampu menghandle network dengan kapasitas sekitar 250-500 user. (Note:TIDAK ADA syarat apapun untuk mengikuti training CCNA RS)

2. CCNP (Cisco Certified Network Professional)

merupakan sertifikasi tingkat kedua yang berisi pendalaman materi serta kasus-kasus yang lebih kompleks. Melalui sertifikasi ini, IT people akan mampu menghandlenetwork dengan kapasitas di atas 500-2000 user dan bersifat multi-area. (Note: Syarat mengikuti training CCNP adalah sudah menguasai materi CCNA)

3. CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert)

merupakan sertifikasi tingkat tertinggi yang berisi pendalaman serta materi khusus hingga level SERVICE PROVIDER connectivity. Dengan memiliki sertifikasi CCIE, setiap IT people akan mampu menghandle network dengan kapasitas lebih dari 2000 user. (Note: Syarat mengikuti training CCIE adalah sudah menguasai materi CCNA dan CCNP)

4. Fungsi Cisco

Fungsinya adalah untuk merancang sebuah sistem atau topologi jaringan yang akan di terapkan pada dunia nyata/kerja, karena kalau kita merancang topologi jaringan komputer tanpa bantuan aplikasi seperti ini bisa  membutuhkan biaya yang mahal. Makanya cisco membuat aplikasi seprti ini agar orang dapat belajar tanpa membutuhkan biaya yang mahal.

Fungsi Dari Bagian Router Cisco

Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.  Router memiliki bagian-bagian yang hampir mirip dengan PC. Bagian-bagian dari router adalah:

  1. RAM, Fungsi utama RAM pada router adalah menyimpan konfigurasi yang sedang berjalan (running configuration) dan sistem operasi IOS yang aktif, menyimpan routing table, menangani cache ARP, menangani fast-swtiching cache, menyediakan memori sementara utk konfigurasi file, menangani paket buffer, mengelola antrian paket. Sifat RAM adalah semua data yang disimpan akan hilang ketika kehilangan sumber daya atau pada saat akan direstart.
  2. NVRAM (Non Volatile RAM), berguna untuk menyimpan konfigurasi start-up (start-up configuration). Isinya akan tetap ada walaupun router kehilangan power.
  3. FLASH MEMORY, Flash berguna untuk menyimpan IOS (Operating System Image). Memory ini bisa menyimpan berbagai versi software IOS. Merupakan jenis EEPROM (Electronically Erasable Programmable ROM), jadi walaupun router kehilangan power, isinya tetap ada.
  4. ROM, berguna untuk menyimpan sistem bootstrap yang berfungsi untuk mengatur proses dan menjalankan Power On Self Test (POST) dan IOS
  5. INTERFACE, merupakan komponen eksternal dari suatu router. Sebelum menkonfigurasi router, masing-masing fungsi komponen tersebut harus diketahui terlebih dahulu karena komponen yang akan dikoneksikan ke router menggunakan interface yang berbeda tergantung komponennya yang akan dihubungkan. Gambar di atas memperlihatkan interface standar yang dimiliki oleh sebuah router

Kesimpulan

Jadi Cisco merupakan perusahaan yang berkecimpung dibidang teknologi jaringan seperti yang dikutip dari Slogan Cisco yaitu “ welcome to the human network” Selamat datang kedalam dunia Jaringan .Dan Cisco merupakan salah satu produk untuk Teknologi Informasi nomor satu didunia, terutama untuk sytem,perangkat keras jaringan serta telekomunikasinya.

[:]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *