[:id]Pengen Website Kamu Muncul di Halaman Pertama Google? Ini Kuncinya![:]

[:id]

Kenalan dengan SEO! SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang bertujuan untuk meningkatkan trafik website dan menempatkan website pada halaman pertama pada search engine. DIkutip dari Wikipedia, SEO merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui search engine menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan algoritme tertentu. Jika website berada di halaman pertama dalam search engine (baca: Google), dan menempati posisi teratas maka peluang datangnya pengunjung sangat besar. Jika pengunjung website banyak, maka semakin banyak pula keuntungan yang bisa didapat. Website kamu semakin terkenal, blog kamu semakin banyak yang baca serta jualan kamu semakin laris.

Cara Mudah Agar Website Muncul di Halaman Pertama Google

Optimalisasi Kecepatan Akses Website

Pernah nggak kamu ngerasa males buka website yang loadingnya lama banget? Nah mungkin inilah yang jadi salah satu alasan mengapa website kamu nggak muncul di halaman pertama Google. Kecepatan akses ini dapat dipengaruhi oleh beberapa aspek lho misalnya ukuran gambar yang terlalu besar, gambar memiliki dimensi yang besar, script yang berlebihan, tidak memperhatikan cache dan sebagainya.

Optimalisasi Gambar

Ukuran gambar yang besar sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses website. Pastikan kamu telah melakukan optimalisasi gambar hingga 70-80 persen dari ukuran aslinya. Kamu bisa gunakan aplikasi Photoshop atau aplikasi kompresi gambar seperti Imageoptim atau JPEGMini. Pastikan kamu menggunakan gambar dengan format JPEG/ JPG atau PNG ya. Dan pastikan juga kamu menggunakan dimensi gambar yang tepat.

Optimalisasi Cache Browser

Cache browser juga penting lho dalam membuat website memiliki kecepatan akses yang tinggi. Cache browser akan menyimpan sesuatu hal yang pernah diakses. Bagi pengguna WordPress, selalu gunakan plugin W3 Total Cache atau W3 Super Cache. Untuk lebih jelasnya, bisa baca Cara Install Plugin W3 Total Cache

Optimalisasi Script Website

Nah ini nih kadang juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses website. Pernah nggak kamu menemui website dengan tampilan yang super bagus namun loadingnya lama banget? Tampilannya bagus sih dilengkapi dengan berbagai macam jenis javascript, video, warnanya menarik tetapi lama banget pas diakses. Nah pastikan kamu menggunakan Javascript dan CSS seperlunya saja ya! Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik bukan? Untuk para programmer, kamu bisa memperkecil ukuran script dengan teknologi minify atau minifying. Selain itu, lakukan satu panggilan ke server untuk mengambil semua script yang ada.

Optimalisasi Mobile

Selain optimalisasi kecepatan akses website, kamu juga harus melakukan optimalisasi mobile lho! Mengapa? Sekarang ini bisa dilihat semua kalangan sudah menggunakan smartphone untuk menemani aktivitas mereka. Maka dari itu, Google sudah menerapkan Mobile First Indexing atau bisa disebut MobileSEO. Metrik tersebut digunakan Google untuk menentukan peringkat website di berdasarkan kualitas versi mobile dari website tersebut. Kualitas mobile bisa dilihat dari tampilan versi mobile, performa website ketika dibuka dalam browser mobile serta konten yang ada.

Tampilan Website Versi Mobile

Pernah nggak kamu merasa aneh dengan tampilan website ketika dibuka di mobile? Yaps, pastikan website kamu sudah menggunakan desain yang responsive ya agar sedap dipandang mata. Selain itu pastikan desain kamu pas dan cocok dengan proses bisnis yang ada. Selalu ingat, bahwa website diciptakan untuk mempermudah customer bukan mempersulit customer!

Performa Website

Pastikan kamu memasukkan gambar dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Karena waktu loading merupakan salah satu faktor penting dalam mobile. Mengingat koneksi mobile lebih lambat jika dibandingkan dengan desktop.

To the Point!

Pastikan konten yang kamu buat selalu ringkas, padat, jelas dan to the point langsung ke intinya ya! Jangan sampai pengunjung malas buat baca karena konten yang bertele-tele! Itu juga jadi salah satu inti cara mudah agar website muncul di halaman pertama Google.

Perhatikan Konten!

Nah, ini dia konten! Selalu ingat bahwa kamu berbicara pada manusisa bukan pada mesin! Jadi, pastikan konten kamu menarik untuk dibaca orang. Jangan sampai karena terlalu mengedepankan SEO maka konten kamu jadi susah dimengerti. Agar website muncul di halaman pertama Google, kamu bisa lakukan research keyword dari konten yang ingin ditulis. Berikan link-link yang sesuai dengan isi konten untuk mendukung apa yang kamu tulis. Kamu bisa menggunakan beberapa plugin seperti YoastSEO untuk membantumu dalam menuliskan meta description. Kamu bisa juga menggunakan AMP (Accelerated Mobile Pages) agar pengunjung dapat membaca sekilas dan cepat tanpa harus mengunjungi website terlebih dahulu.

Kesimpulan

Cara mudah agar website muncul di halaman pertama Google yaitu dengan melakukan optimalisasi kecepatan akses website, optimalisasi mobile serta memperhatikan konten. Dengan kombinasi ketiga hal tersebut dapat dipastikan website kamu bisa “nangkring” di halaman pertama Google!

sumber: https://www.domainesia.com/tips/cara-mudah-agar-website-muncul-di-halaman-pertama-google/

[:]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *