Mencegah Pengambilan Data Privasi

7 Daftar Alternatif Mesin Pencari Selain Google!

Perkembangan Jaman

Mesin Pencari – Di jaman teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini, seluruh manusia di Bumi ini tidak bisa lepas dari internet. Kegiatan jaman sekarang bakal lebih condong ke digitalisasi. Entah dari kegiatan belajar mengajar, pekerjaan, transportasi, bahkan hingga ke jual beli.

Dengan menggunakan mesin pencari yang ada di internet, semua orang jadi bisa mempermudah kegiatannya. Dan salah satu mesin pencari yang paling popular di dunia ini adalah Google. Sekarang, semua hal receh yang ada di benak kita, bisa kita tanyakan ke Mbah Google. Sangat menyenangkan bukan?

Dengan majunya jaman ke era digitalisasi, waktu kita jadi lebih efisien. Mungkin jika jaman dahulu kita harus ke perpustakaan untuk mencari informasi tentang apa yang ingin kita cari. Sekarang, kita hanya harus buka smartphone, dan tinggal ketik saja apa yang ingin kita cari. Masalah terselesaikan 😀

Tapi apakah kalian tau, sebenarnya tidak hanya Mbah Google saja yang bisa disebut mesin pencari. Ternyata ada beberapa mesin pencari yang bisa menyaingi Mbah Google. Mari kita simak ulasannya.

1.DuckDuckGo

DuckDuckGo merupakan mesin pencari yang sama seperti Mbah Google. Tapi taukah kalian jika DuckDuckGo bukanlah pemain anyar di sini. Mesin pencari ini sudah ada sejak tahun 2008. Dan hingga sekarang mungkin sudah mengantongi banyak user anonym (tanpa nama).

Walaupun sama dengan Mbah Google yaitu bisa berselancar mulai dari website, gambar, video, berita bahkan apapun itu bisa di cari di sini. Tapi perlu di catat, DuckDuckGo adalah mesin pencari yang menjunjung tinggi privasi kita. Jadi dia tidak akan melacak aktivitas pencarian kita. Dia tidak akan menggunakan cookies dan mengumpulkan data pribadi penggunanya.

Eits, jangan salah. Dengan hal di atas bukan berarti hasil pencariannya tidak akurat. Sebagai ganti dari data pribadi tersebut, dia mengumpulkan hasil dari 100 sumber pencarian dari kata kunci terkait dari sumber yang berbeda. Jadi jangan ragu menggunakan DuckDuckGo ya Sobat CMT.

2.Bing

Yang kedua ada Bing. Sama seperti sebelumnya, mesin pencari ini memiliki fungsi yang sama. Mulai dari mencari website, gambar, video, berita bahkan apapun itu bisa di cari di sini. Tetapi hasil pencarian gambar di Bing ini dinilai lebih bagus daripada mesin pencari lainnya.

Selain itu, Bing juga memiliki program dengan berbagai hadiah bagi setiap orang yang dapat mengumpulkan point di setiap mereka melakukan pencarian. Karena dengan point ini, para pengguna dapat menukarkan hadiahnya di toko Official Windows dan Microsoft. Menyenangkan bukan?

3.Yandex

Selanjutnya ada mesin pencari buatan Rusia, yaitu Yandex. Ada lebih dari 45 persen pengguna Yandex di Rusia. Selain di Rusia, pengguna Yandex juga tersebar luas di Dunia, dari Eropa hingga Asia. Seperti biasa, mesin pencari ini memiliki fungsi sama seperti mesin pencari Google. Terlebih lagi Yandex juga memiliki fitur seperti app seluler, peta, terjemahan, bahkan hingga penyimpanan cloud.

Dari fitur AppMetrica yang setara dengan Google Analytics, Yandex masih bisa menyaingi Google. Yandex pun masih mengumpulkan data pribadi dari para penggunanya. Sebenarnya tidak hanya data pribadi, kata kunci dan riwayat pencarian pun masih di kumpulkan untuk relevansi hasil pencarian yang maksimal. Tetapi tidak usah khawatir, semua itu dikumpulkan atas persetujuan dari para pengguna tersebut. Jadi apakah kalian tertarik dengan fitur dan layanan Yandex? Beritau Admin di kolom komentar yaa.

BACA JUGA: Bahaya Dari Radiasi Komputer

4.Baidu

Kemudian ada mesin pencari selain Google berikutnya, Baidu. Kalian mungkin tidak asing mendengar nama Baidu. Ya, mesin pencari dari Negeri Tirai Bambu ini sudah cukup mendunia. Penggunaannya di negeri asalnya pun sudah mencapai 70 persen dari total populasinya. Terlebih lagi Baidu menguasai setengah dari market share di negeri asalnya. Wow, keren sekali.

Walaupun masih menggunakan Bahasa Mandarin, tapi tampilan dari Baidu ini dinilai mirip degan Google. Dapat dilihat dari desain dan iklan yang ada di dalamnya. Fitur fiturnya pun mirip dengan Google. Tapi, Baidu lebih di kenal sebagai mesin pencari konten MP3 yang handal. Dengan hal itu pula Baidu juga di lengkapi dengan pencarian filter suara, sehingga memudahkan kita untuk dapat berselancar di internet.

Tidak hanya suara, bahkan opsi pencarian melalui gambar pun bisa dilakukan. Dengan mengupload potongan gambar, kita dapat mencari sesuatu yang kita butuhkan. Berarti konten yang berhubungan dengan gambar dapat di cari semudah kita mencari di Google. Namun Baidu sangat protektif kepada para penggunanya, karena China adalah negara komunis, maka Baidu akan sangat sensitif terhadap konten pro demokrasi di China.

5.Yahoo

Siapa yang tidak kenal dengan Yahoo? Atau mungkin Sobat CMT adalah mantan pengguna Yahoo? 😀

Yahoo merupakan mesin pencari selain Google yang booming di tahun 2000-an. Akan tetapi, mesin pencari yang sudah di jual 2x ini tergerus dengan mesin pencari Google. Saking populernya, bahkan aplikasi browser Firefox menjadikan Yahoo sebagai mesin pencari utamanya.

Fitur yang dimiliki Yahoo seperti yang kita tau adalah email, berita, belanja online, permainan dan masih banyak yang lainnya. Contohnya seperti Yahoo Answer, kita dapat bertanya dengan tema yang spesifik agar bisa di jawab oleh para pengguna internet lainnya. Ada juga Yahoo Finance yang selalu memberikan update seputar informasi ekonomi dan bisnis di seluruh Dunia. Bahkan Yahoo juga disebut dapat memberikan hasil gambar yang lebih baik dengan info dalam jumlah yang cukup besar.

6.Search Encrypt

Selain DuckDuckGo yang memberikan jaminan privasi kepada para penggunanya, mesin pencari selain Google ini juga memberikan fitur itu. Namanya adalah Search Encrypt. Dengan menggunakan enkripsi lokal, dia dapat memastikan informasi dari pengguna tidak dapat di lacak. Kombinasi dari SSL dengan AES-256 Encryption yang dia gunakan dapat melindungi kita para pengguna dari pencurian data para peretas dan bot. Hal ini menyebabkan penelusuran bersifat pribadi dan tidak tercatat di riwayat. Karena setiap kata kunci akan kadaluwarsa sehingga rahasia akan tetap terjamin walau ada orang lain yang bisa masuk ke perangkat pengguna.

Search Encrypt juga menawarkan fitur lainnya yaitu pencarian video dan pencarian maps yang aman. Meski tidak selengkap Google, tapi ini sudah cukup untuk melengkapi hasrat keingin tahuan para penggunanya. Perlu di ingat bahwa sistem keamanan di sini juga cukup lengkap. Jadi kenapa harus ragu lagi untuk mencobanya?

7.Twitter

Siapa yang mengira bahwa sosial media ini akan masuk kedalam nominasi ini? 😀

Twitter merupakan sumber informasi yang lebih efektif daripada mesin pencari lainnya. Kenapa bisa begitu? Karena dengan Twitter ini, kita dapat mengetahui info tentang topik yang sedang hangat dibicarakan oleh para pengguna dunia.

Kita tinggal daftar dahulu jika belum memiliki akun, lalu login, dan tinggal memasukkan kata kunci ke dalam kolom pencarian atau pun hastag tertentu. Lalu informasi terkait kata kunci atau hastag akan segera muncul. Pemilihan pencarian pun terasa lebih mudah karena sudah ada klasifikasi dari Twitter tentang tweet terpopuler, tweet terbaru, akun tweet terkait, gambar, video, berita dan broadcast. Cukup mudah bukan?

Jika dirasa masih kurang dalam hal pencarian, di Twitter juga menyediakan filter pencarian untuk hasil yang lebih spesifik seperti filter akun yang dicari, waktu, lokasi, bahasa, rentang waktu, dan lain lain.

Google boleh saja menjadi yang terlengkap. Tetapi secara kecepatan update, Twitter lah juaranya!

Oh iya, jika membicarakan tentang Twitter, by the way Comtelindo juga memiliki akun Twitter dengan nama PTComtelindo lho Sobat CMT. Silahkan di follow yah 😀

 

1 komentar untuk “7 Daftar Alternatif Mesin Pencari Selain Google!”

  1. Ping-kembali: Layanan Internet Dengan Service Level Agreement 99,++% - Comtelindo

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *