Kelebihan dan Kekurangan Mikrotik Router OS

Mengenal Tentang Kelebihan dan Kekurangan Mikrotik Router OS

Sebelumnya pasti kita sudah mengetahui atau pernah mendengar tentang Mikrotik Router OS. Sebenarnya ini adalah suatu sistem dan perangkat lunak dari suatu komputer. Yang mempunyai fungsi untuk mengoptimalkan sistem kerja komputer dalam menerima sambungan jaringan internet. Dari awal memang mempunyai fungsi kerja biasa, sehingga menjadi sebuah router network yang sangat handal. Sehingga bisa mencangkup berbagai fitur untuk mengatur sebuah IP Network dan juga jaringan wireless.

Lalu, setelah tahu tentang maksud dari Mikrotik Router OS, kita juga harus mengetahui apa kelemahan dan juga kelebihan dari perangkat ini. Sehingga  saat menggunakan fitur ini kita bisa memanfaatkannya secara maksimal.

Mulai dari kelebihannya secara umum, bahwa mikrotik router os ini memiliki beberapa fitur yang berguna sebagai pelengkap untuk membangun sebuah jaringan internet. Firewall dan Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS Server, DHCP Server, adalah fitur pelengkap yang dalam fungsinya bisa berguna dalam dua tipe yaitu secara perangkat keras atau perangkat lunak.

BACA JUGA: Penyedia Jasa Internet Satelit Balikpapan

Berikut ini Adalah Kelebihan dan Kekurangan dari Mikrotik Router OS

 

  1. Kelebihan

Anda harus mengetahui bahwa Mikrotik ini mempunyai sebuah operating system yang dengan nama Router OS. Sistem tersebut berdiri dengan menggunakan linux yang sifatnya open source, sehingga terbilang harganya yang murah dan terjangkau. Kemudian dengan menggunakan mikrotik ini, bisa mendeteksi berbagai macam ethernet dari vendor yang ada, sehingga penggunaan dari mikrotik ini tergolong user friendly, dan tidak menyebabkan kesulitan yang berarti.

  1. Kelemahan

Untuk kekurangan dari Mikrotik ini adalah belum mampu menangani sebuah jaringan internet dalam skala besar. Karena sertifikasi yang di keluarkan merupakan sertifikasi yang kurang begitu terkenal. Tidak seperti halnya dengan Cisco yang sertifikasinya sudah standart Internasional, sehingga hal ini yang menjadikan mikrotik mempunyai kekurangan.

 

Kemudian selain dari fungsi dasarnya, mikrotik juga mempunyai kelebihan dan kekurangan jika langsung di pakai pada sebuah personal komputer.

BACA JUGA: Memahami Keunggulan Managed Switch Dari Unmanaged Switch

Kelebihan Memakai PC dengan Router Mikrotik

  1. -> Dibandingkan dengan router dari vendor lain, Mikrotik ini sangat cocok dan sifatnya kuat jika dijadikan sebuah router dalam komponen yang cukup besar, apalagi jika dilihat secara fisiknya sebuah router mikrotik.
  2. -> Apabila kita mengalami sebuah kendala, contohnya semua komponen dari Router rusak, tetapi harddisk nya masih bisa digunakan, maka bisa dikategorikan aman, karena data tidak akan hilang.
  3. -> Lebih friendly apabila kita ingin memodifikasi dalam spek yang lebih tinggi untuk proxy server.
  4. -> Kemudian untuk proses format, mikrotik ini cenderung paling mudah dibanding router lain. Karena, tinggal burn disk mikrotik lalu bisa melakukan format seperti biasanya.

Kekurangan Memakai PC dengan Router Mikrotik

  1. -> Sulit untuk melakukan re-setting apabila kita lupa dengan passwordnya.
  2. -> Membutuhkan banyak tempat untuk memasang.
  3. -> Membutuhkan banyak listrik.
  4. -> Sering sekali terjadi bad sector harddisk.
  5. -> Sedikit terlalu ringkih apabila dibawa kemana-mana apalagi ke tempat jauh.

Dari beberapa kekurangan dan kelebihan Mikrotik bisa Anda jadikan sebuah informasi untuk memasang sebuah jaringan internet. Kemudian Anda bisa mempertimbangkan kembali mana yang akan Anda pakai untuk membuat sebuah network. Demikian ulasan yang bisa saya sampaikan kepada kawan netizens semua, semoga bermanfaat bagi Anda. Salam Sukses.

Jangan lupa untuk follow akun instagram kita di sini.

Mikrotik Router OS, Penyedia Layanan Internet Satelit, Internet Service Provider, Internet Service Provider Balikpapan, ISP Terbaik, Layanan Internet ISP Terbaik, Layanan Internet Balikpapan, Jasa Internet Balikpapan, Provider Internet Balikpapan, Penyedia Internet Balikpapan, Jasa Pasang Internet Balikpapan, Jasa Internet Service Provider, Jasa Penyedia Internet, Provider Internet Terbaik, Penyedia Layanan Internet, Dedicated Internet, Jasa Layanan Koneksi, Jasa Pemasangan Jaringan Internet, Internet Fiber, Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Mahakam Ulu, Paser, Penajam Paser Utara, Balikpapan, Bontang, Samarinda, Comtelindo

Sumber: http://faizal.student.mercubuana-yogya.ac.id/mengenal-tentang-kelebihan-dan-kekurangan-mikrotik-router-os/

 

1 komentar untuk “Kelebihan dan Kekurangan Mikrotik Router OS”

  1. Ping-kembali: 3 Perbedaan Warna CMYK dan RGB - Comtelindo

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *