Memahami Keunggulan Managed Switch Dari Unmanaged Switch

Managed Switch Unmanaged Switch

Internet Service Provider, Internet Service Provider Balikpapan, ISP Terbaik, Layanan Internet ISP Terbaik, Layanan Internet Balikpapan, Jasa Internet Balikpapan, Provider Internet Balikpapan, Penyedia Internet Balikpapan, Jasa Pasang Internet Balikpapan, Jasa Internet Service Provider, Jasa Penyedia Internet, Provider Internet Terbaik, Penyedia Layanan Internet, Dedicated Internet, Jasa Layanan Koneksi, Jasa Pemasangan Jaringan Internet, Internet Fiber, Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Mahakam Ulu, Paser, Penajam Paser Utara, Balikpapan, Bontang, Samarinda, Comtelindo, apa yang bisa diatur oleh switch manageable, unmanageable switch adalah, jelaskan tentang managed switch, kelebihan manageable switch adalah kecuali, cara kerja managed switch, switch manageable tp link, spesifikasi switch manageable, rangkuman perbedaan managed dan unmanaged

Managed Switch Unmanaged Switch РTidak semua switch bisa menjalankan fitur-fitur canggih yang sangat mendukung kehandalan dalam meneruskan data dari satu komputer ke komputer lain. Secara umum semua jenis switch mempunyai 2 fungsi utama yaitu fungsi Address Learning dan meneruskan / menyaring data frame.

Saat ini peran dan fungsi switch terus berkembang dengan adanya beberapa fitur yang makin menjadikan switch begitu handal dalam mendistribusikan data antar komputer yang terhubung dengan Switch tersebut.

Dua hal pokok yang membedakan switch yang lengkap dengan fitur-fitur handal dan switch yang hanya menjalankan fungsi dasar saja adalah jenis switch unmanaged dan switch managed. Switch unmanaged merupakan switch yang hanya mampu menjalankan fungsi-fungsi dasar saja, sedangkan switch managed adalah switch yang berisikan fitur-fitur handal dalam mendukung kinerja switch dalam jaringan komputer.

BACA JUGA: Keberadaan Jaringan Internet Media Kabel dan Nirkabel di Balikpapan dan Samarinda

Berikut Ini Adalah Perbedaan Antara Switch Jenis Unmanaged dan Switch Manageable:

1.    Switch Unmanaged Biasanya Lebih Murah Dari Switch Manageable.

Hal ini wajar karena kemampuan switch unmanaged hanya terbatas pada fungsi dasar yaitu fungsi Address Learning dan fungsi penerus/penyaring data. Switch manageable umumnya lebih mahal namun kehandalannya sebanding dengan harga jenis switch ini.

2.    Pengaturan Switch.

Pertama, switch unmanageable hanya bisa meneruskan data, switch jenis ini  tidak bisa di setting, semua pengaturan pada switch sifatnya tetap dan tidak bisa di setting. Kedua, switch manageable bisa di setting sedemikian rupa agar mampu meningkatkan performa switch dalam meneruskan data.  Dan yang ketiga, switch manageable juga lengkap dengan fitur-fitur yang digunakan untuk mengatur lalu lintas data.

3.    Virtual LAN.

Switch jenis manageable dilengkapi sebuah fitur yang sangat popular dan juga sangat bermanfaat yaitu Virtual LAN atau VLAN. VLAN merupakan fitur dari switch yang membuat atau mengijinkan beberapa segment LAN untuk menggunakan sebuah hardware switch secara bersama-sama.

Prinsipnya adalah VLAN mengelompokan port-port dari sebuah hardware switch secara logika di mana port-port tersebut di kelompokan berdasarkan segment LAN. Jadi biasanya satu switch hanya bisa dipakai oleh satu LAN namun dengan VLAN sebuah switch bisa dipakai oleh lebih dari satu LAN dan lalu lintas datanya pun tidak saling bercampur meskipun menggunakan hardware yang sama. Hal ini tidak terdapat pada switch unmanage.

4.    Redundancy.

Dalam networking Redundancy adalah kemampuan untuk menyediakan jalur cadangan selain jalur utama dan ketika jalur utama terputus, proses data transfer melewati jaringan backup.

Fungsi Redundancy pada switch manage bisa di setting secara otomatis, ketika terjadi masalah link utama maka link backup langsung mengambil alih fungsi link utama. Pada switch unmanage Redundancy tidak bisa diterapkan secara otomatis seperti pada Manage switch.

5.    Prioritas Lalu Lintas Data.

Switch unmanaged tidak bisa mengatur prioritas lalu lintas pengiriman data mana saja yang lebih penting, semua jenis data prioritasnya sama, tidak ada yang lebih istimewa.
Pada switch jenis manage, prioritas terhadap jenis data mana yang terkirim lebih dahulu bisa terlaksana. Misalnya data yang berisikan percakapan atau suara bisa menjadi prioritas dari pada data jenis lainnya.

6.    Fungsi Monitoring.

Pada switch jenis unmanage tidak ada fungsi monitoring terhadap kondisi switch. Switch unmanage terpasang di dalam jaringan tanpa bisa mengetahui switch tersebut On atau Off melalui network. Dengan memastikan bahwa data yang terkirim ke tujuan melalui switch tersebut  telah sampai, baru bisa mengetahui hal tersebut.
Switch jenis manage, fungsi monitoring bisa terlaksana dengan mengkonfigur IP address dan mengecek melalui IP address, bisa juga melalui protokol SNMP atau pun program monitoring jaringan lainnya.

Memang harga switch manage lebih mahal akan tetapi fungsi dan kelebihannya jauh lebih banyak dari switch unmanaged.

Managed Switch Unmanaged Switch

Sumber: http://norisanto.com/memahami-keunggulan-managed-switch-dari-unmanaged-switch/

Managed Switch Unmanaged Switch

Managed Switch Unmanaged Switch

Instagram: https://www.instagram.com/comtelindo/

1 komentar untuk “Memahami Keunggulan Managed Switch Dari Unmanaged Switch”

  1. Ping-kembali: Kelebihan dan Kekurangan Mikrotik Router OS Terlengkap! - Comtelindo

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *