Bahaya Dari Radiasi Komputer

Inilah Alasan Kenapa Layanan Internet Sangat Dibutuhkan oleh Pertambangan

Pengaruh Topografi Kepulauan di Indonesia terhadap Layanan Internet

Layanan Internet Pertambangan

Layanan Internet Pertambangan – Jalur pertemuan dari 3 lempeng kerak bumi yaitu Lempeng Asia (Bagian dari Samudra Atlantik dan Arktik), Lempeng Australia (Bagian dari Benua Australia dan Samudra sekelilingnya), dan Lempeng Pasifik (Berada di dasar laut Samudra Pasifik) berada di Indonesia terutama di Indonesia bagian Timur.

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terkenal dengan keindahan alamnya. Dari pulau Benggala yang berada di paling barat Indonesia, hingga Kampung Kondo yang ada di paling Timur Indonesia. Dengan topografi yang beragam, di Indonesia juga terkenal dengan pertambangannya. Selain tanahnya yang subur, mineral yang dikandung oleh tanah Ibu Pertiwi ini termasuk yang paling kaya. Mulai dari batuan berharga seperti emas, tembaga, marmer, ada juga batu bara, minyak bumi, belerang, aspal, yodium, mangan, nikel, timah, besi, biji alumunium, dan masih banyak yang lainnya. Dari pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Papua, semua sudah terjamah oleh penambangan ini. Entah dari dalam negeri maupun milik orang asing.

Layanan Internet untuk Kebutuhan Eksplorasi di Pertambangan

Dengan peralatan yang cukup besar bila berbanding dengan manusia, pertambangan pasti jauh dari pemukiman warga. Agar tidak mengganggu aktivitas warga dan agar pekerjaan mereka lebih efisien. Kalian pasti sudah menduganya kan? Jika jauh dari pemukiman warga berarti jauh juga dari sumber daya. Kalau itu sih sudah pasti. Jadi mereka juga akan menggunakan sumber daya milik mereka sendiri. Kebanyakan pelaku usaha pertambangan di Indonesia ini akan beli listrik sendiri ke Perusahaan Listrik Negara (PLN). Sehingga penerangan dan aktivitas lainnya dapat terlaksana dengan baik dan memenuhi target bagi para karyawan perusahaan pertambangan ini.

Demi memperoleh informasi tentang keadaan suatu daerah, perusahaan pertambangan harus melakukan eksplorasi ke setiap tempat yang memiliki potensi untuk penambangan secara legal. Karena dapat meminimalisir kerugian dalam bentuk apapun, ijin dari pemerintah, masyarakat setempat, atau peraturan peraturan lainnya harus di dapatkan terlebih dahulu sebelum memulai pertambangan.

Komunikasi dengan Memanfaatkan Layanan Internet di Daerah Terpencil

Kalian pasti juga sudah sering menemukan fenomena dimana ada warkop (warung kopi) pasti ada bocil (bocah cilik) kan? Dengan es dan smartphone, mereka berkumpul bersama memecah keheningan warkop tersebut. Tidak hanya sekedar update status di Facebook, update story di Instagram, mereka juga kadang bermain game bersama di warkop tersebut. Bahkan saat ini, saat dimana musim Corona, kegiatan mengajar pun via daring (dalam jaringan). Demi menghindari terpaparnya virus Corona, sekolah sekolah menganjurkan untuk tidak bertatap muka terlebih dahulu. Melalui smartphone atau laptop dan melalui bantuan aplikasi zoom, kegiatan belajar mengajar tetap berjalan. Yah walaupun hanya di dalam rumah saja, para murid bisa mendapatkan nilai untuk penentuan kenaikan atau kelulusan mereka. Banyak faktor yang mempengaruhi nilai mereka. Dari tugas sang guru, hingga koneksi jaringan internet yang memadai.

Pertambangan dengan layanan internet

Dengan adanya kemajuan teknologi, koneksi antar individu dapat meningkat drastis. Pemanfaatannya pun lebih luas. Komunikasi antar perusahaan di pertambangan sudah bisa dilakukan tanpa kendala yang berarti. Karena berada di lingkungan terpencil, fasilitas yang tersedia pun sangat terbatas. Tidak hanya itu, biaya yang di keluarkan pun akan sangat tinggi.

Lalu apa faktor yang dapat menentukan metode mana yang terbaik?

Yang pertama dan utama adalah faktor keselamatan. Tentu saja setiap orang mendambakan dapat pulang ke rumah dengan aman dan nyaman. Karena keluarga kesayangan sudah menunggu untuk bertemu. Berikutnya yang kedua adalah faktor lingkungan. Perusahaan pertambangan harus menyesuaikan karakteristik dari lingkungan dimana mereka ingin melakukan pertambangan. Dengan mempertimbangkan lingkungan, berarti perusahaan pertambangan sudah harus memikirkan tentang revitalisasi lingkungan setelah selesai melakukan kegiatan pertambangan. Ketiga adalah faktor ekonomi. Tentu saja dengan mempertimbangkan efisiensi biaya ketika kegiatan pertambangan berlangsung menjadi salah satu faktor penentu. Yang terakhir adalah faktor teknologi. Dengan teknologi yang memadai, kemudahan akan berada di tangan. Entah dari teknologi alat yang pakai untuk pertambangan atau teknologi pendukung lainnya seperti layanan internet dan layanan konektivitas.

BACA JUGA: Dari Perkembangan Teknologi untuk Layanan Internet Media Radio (Gelombang Frekuensi)

Layanan Internet dengan Aplikasi Dapat Mempermudah Perhitungan

Dengan kemajuan teknologi jaman ini, koneksi jaringan internet di Indonesia tidak hanya untuk kalangan masyarakat luas saja. Bahkan penggunaannya sangat penting di dunia pertambangan. Bayangkan saja, bagaimana cara mengirim informasi yang akurat ke atasan atau bos kalian jika internet saja tidak ada di site kalian? Terlebih daerah pertambangan adalah daerah yang jauh dari pemukiman. Dengan struktur tanah yang tidak rata dan berbagai medan di dalamnya, bagaimana cara mengatasi masalah komunikasi dan konektivitas disana?

Contohnya adalah bagaimana cara bagi perusahaan pertambangan menghitung pengeluaran biaya operasional agar bisa mengira-ngira pengeluaran untuk kegiatan berikutnya. Bagaimana caranya? Dengan aplikasi yang bisa menghitung jumlah bolak balik truk lewat dalam kegiatan memindahkan gunungan tanah akan memudahkan perusahaan dalam menghitung jumlah solar yang terpakai. Perhitungan tersebut juga dapat memperkirakan berapa banyak kapasitas atau volume muatan per truk untuk sekali lewat. Sehingga dapat meminimalisir kecurangan pengemudi atau oknum karyawan lain.

Meminimalisir Kecurangan Oknum Pegawai dengan Aplikasi Dalam Layanan Internet

Kebutuhan ekonomi dapat mendorong individu untuk melakukan kecurangan dalam pekerjaan. Tentu saja itu merugikan bagi perusahaan. Dengan mempertimbangkan hal ini terciptalah teknologi teknologi terbaru. Teknologi yang dapat meminimalisir kecurangan ini tercipta dari pemikiran orang orang kritis yang merasa dirugikan dan melihat peluang untuk hal ini. Aplikasi aplikasi pendukung pekerjaan yang dapat diakses dari kantor utama adalah pilihan yang tepat bagi setiap pelaku usaha. Khususnya di lingkungan pertambangan yang notabene jauh dari kantor utama. Sehingga dapat memudahkan atau meringankan pekerjaan para pelaku bisnis.

Kesimpulan

Layanan internet tidak hanya dapat menjangkau perumahan saja. Dengan perkembangannya, layanan internet dapat memberikan dampak positif bagi setiap manusia tergantung bagaimana pemakaiannya. Selain berselancar di dunia maya, layanan internet dapat berfungsi sebagai koneksi antar individu juga. Dewasa ini penggunaannya dapat sangat membantu perusahaan, terutama perusahaan pertambangan yang berada di Indonesia dengan kondisi geografisnya.

Selain Layanan Internet Dedicated dan Layanan Internet Broadband, kami PT. COMTELINDO juga memperkenalkan produk Portable Truck Measurement System. Dengan jaminan keandalannya, sensor ini tidak hanya membantu membuat laporan perhitungan, tapi juga dapat meminimalisir kesalahan atau kecurangan dalam pekerjaan. PT. COMTELINDO juga menyediakan berbagai software development untuk memudahkan pekerjaan manusia dalam dunia pertambangan ini.

Untuk layanan lebih lengkapnya dan untuk informasi harga, anda dapat  menghubungi kami dengan kontak yang ada di bawah ini:

Kontak Comtelindo

Head Quarter – Balikpapan.

Jalan Letnan kolonel Pol. HM. Asnawi Arbain no. 161 RT. 30

Kelurahan Sungai Nangka, Kec. Balikpapan Selatan

Prov. Kalimantan Timur

Kode Pos 76114

 

+62 811-5996-704 (WA)

Telepon: (0542) 870 6777 (Office)

Email: sales@comtelindo.com

Email: info@comtelindo.com

Instagram: PT. Comtelindo

Official Web: www.comtelindo.com

 

1 thought on “Inilah Alasan Kenapa Layanan Internet Sangat Dibutuhkan oleh Pertambangan”

  1. Pingback: Perusahaan Jasa Penyedia Layanan Koneksi Internet  - Comtelindo

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *