Bahaya Dari Radiasi Komputer

Mengerti Karakteristik dan Manfaat Layanan Internet Cloud

Pengertian Singkat Layanan Internet Cloud

Layanan Internet Cloud – Setelah beberapa purnama, kita kembali lagi ke artikel selanjutnya. Masih sama seperti sebelumya, kita akan membahas tentang teknologi yang tidak akan ada habisnya dan selalu berkembang di setiap saat. Jika kita membicarakan tentang Cloud, kita pasti akan berbicara tentang teknologi. Dimana teknologi adalah suatu evolusi untuk membuat pekerjaan manusia menjadi mudah dan nyaman. Tidak hanya itu, pelanggan juga dapat mengakses sumber daya internet tersebut tanpa campur tangan dari penyedia layanan tersebut. Beberapa layanan secara umum adalah SaaS, PaaS, dan IaaS.

 

Baca Juga: Manfaat dan Keunggulan Layanan Internet Dengan Sistem Radio Trunking

 

Yah kebetulan sekali tadi adalah ulasan singkat tentang Cloud. Berikutnya akan kami sampaikan tentang karakteristiknya.

5 Karakteristik Layanan Internet Cloud

Ada beberapa karakteristik pada layanan ini. Karakteristik ini menunjukan apakah termasuk dalam layanan internet Cloud atau bukan. Berikut adalah karakteristik yang akan menentukan bahwa ini adalah layanan tersebut:

On- Demand – Self- Services

Karakteristik ini dilihat dari pelanggan bisa memesan serta mengelola layanan tanpa interaksi dari penyedia layanan, misalnya dengan memakai suatu portal website serta manajemen antar muka. Pengadaan serta peralatan dan sumber daya akan secara otomatis disiapkan oleh perusahaan penyedia layanan internet ini. Sistem yang diusulkan merupakan sistem dari penyedia server yang bisa diakses oleh pelanggan dengan memakai teknologi internet menggunakan model arsitektur TCP/ IP.

Jadi jika kita menggunakan G-Drive atau bahkan jika kita mengirim email, kita bisa mengubah apapun yang kita mau. Mulai dari penyimpanan data, pemindahan data, atau bahkan transfer data.

Broad – Network – Access

Karakteristik berikutnya adalah mobilitas. Ya benar saja, pada jaman sekarang untuk tingkatan mobile harus tinggi. Jika tidak, suatu layanan pasti akan ditinggalkan. Dengan akses yang bisa digunakan dan terjangkau oleh siapa saja dan di mana saja, karakter mobilitas ini harus selalu ada dalam layanan ini. Misalnya seperti kita menggunakan pesan Whatsapp, tidak hanya di Handphone saja, bahkan di laptop pun bisa. Mobilitas seperti ini lah maksudnya.

Resource – Pooling – and – Multi – Tenancy

Cloud dari penyedia layanan ini harus memenuhi standar kemampuan untuk menampung semua pelanggan dari ratusan bahkan ribuan server. Setiap pelanggan harus bisa tetap mengakses layanan tersebut secara bersama sama, dan tidak ada hambatan. Kedinamisan suatu layanan Cloud harus diperhatikan agar tidak mengecewakan pelanggan. Semua harus diperhatikan, tidak terlepas juga dari sisi software dan hardware.

Measured – Service

Di dalam layanan internet Cloud harus ada layanan untuk analisis pengukuran. Layanan analisis pengukuran ini berguna untuk memonitor segala sumber daya jaringan internet tersebut. Dengan system pembayaran pay as you go, monitoring bandwidth, monitoring penyimpanan, monitoring pemrosesan, monitoring pengguna yang aktif dapat terlaksana. Hal ini membuat keterikatan antar pelanggan dan penyedia layanan internet menjadi lebih erat karena adanya transparansi informasi yang berkesinambungan.

Rapid – Elasticity

Layanan internet Cloud yang terakhir adalah elasticity atau elastis. Secara harfiah layanan ini harus fleksibel terhadap permintaan pasar. Mungkin pasar ingin scale up, atau mngkin scale down, penyedia harus bisa mengikutinya. Dengan bisa mengikuti permintaan pasar yang tidak menentu, karakteristik ini harus ada di dalam layanan tersebut. Karena memang kebutuhan pasar selalu berubah dan selalu mengikuti kebutuhannya sendiri sendiri sesuai kemampuan.

Itu lah 5 karakteristik yang harus ada di dalam layanan internet Cloud. Karena jika tidak ada kelima unsur penting tersebut, layanan ini pasti akan runtuh dengan perkembangan jaman.

Manfaat Layanan Internet Cloud

Melihat dari produk yang begitu banyak yang mencari karena kegunaannya sangat berpengaruh di perusahaan perusahaan bahkan sampai ke usaha kelas menengah, kami akan memberitahukan manfaat dari layanan ini:

Pertama Fleksibilitas

Dengan adanya fleksibilitas yang selalu melekat di layanan ini, banyak pengguna atau bisa kita sebut dengan pegawai yang bekerja di perkantoran memberikan feedback positif. Dengan manfaat ini, mereka jadi tidak usah menghabiskan waktu atau menghabiskan jarak hanya untuk menyelesaikan tugas kantor mereka.

Investasi

Dari segi perusahaan pelanggan, cash flow sangat penting. Para divisi keuangan sangat memperhatikannya. Karena dengan adanya layanan internet ini dapat memberikan layanan untuk tidak harus mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan pemeliharaan atau bahkan pembuatan infrastruktur, membuat layanan ini memiliki peminat di kalangan para perusahaan. Mungkin hanya membayar biaya administrasi sebagai pengganti dari perawatan per bulannya.

Pengembalian Data Karena Bencana

Dengan canggihnya system Cloud ini memungkinkan untuk setiap perusahaan atau pelaku usaha pelanggan dapat kembali melihat data mereka di dalam Cloud, jika saja infrastruktur mereka hancur terkena bencana. Lebih seperti layanan auto save. Bukankah ini sangat menguntungkan bagi setiap pelaku usaha. Ya walaupun tidak ada yang berharap untuk terjadinya bencana ya guys. Tetapi alangkah baiknya jika kita sudah mempersiapkan kemungkinan terburuk.

Efisiensi

Dengan mudahnya pengoperasian dari Cloud ini membuat tingkat efisiensi dan tingkat efektif dari sebuah komunikasi dapat meningkat drastis. Selain dapat mengerjakan file secara bersamaan, komunikasi antar pulau pun dapat terlaksana dengan baik dan tanpa halangan. Semakin cepat mereka para pegawai menyelesaikan tugasnya, maka akan semakin cepat pula untuk pulang bertemu dengan keluarga tercinta. Informasi ini sangat penting untuk beberapa orang atau beberapa perusahaan khusus.

Skalabilitas

Skalabilitas atau bisa saja disebut dengan kemampuan setiap system untuk menangani penambahan beban yang diberikan atau diorder oleh setiap pelanggan. Ini sangat cocok pada perusahaan dengan tingkat fluktuasi yang tinggi. Perusahaan pelanggan dapat meningkatkan jumlah kebutuhannya dan juga dapat menurunkan kebutuhannya untuk keperluan mendadaknya. Dengan meningkatnya kebutuhan otomatis akan meningkatkan kapasitasnya juga dan sebaliknya.

Kontrol Dokumen

Dengan pelanggan yang selalu menggunakan dokumen yang sama, otomatis penggunaannya pun tinggi. Hal ini menuntut untuk melindungi suatu dokumen agar aman dan tidak dapat tersentuh oleh hacker. Penggunaannya seperti di E-mail, jaman dahulu pegawai harus mengirim file lampiran kepada kliennya terus menerus. Karena jika selalu seperti ini akan merusak format yang lain. Tapi tenang saja, untuk sekarang kemampuan Cloud sudah berkembang kok.

Daya Saing Meningkat

Tentu saja dengan meningkatnya jumlah perusahaan pelanggan, layanan internet pun juga harus mengikutinya. Maka dari itu sudah banyak penyedia layanan internet yang memberikan banyak keuntungan bagi para perusahaan pelanggan.

Kesimpulan

Dengan karakteristik dan manfaat yang sudah tertera di atas tadi membuat layanan internet Cloud menjadi pilihan terbaik bagi bisnis di perusahaan anda. PT. COMTELINDO menjadi Penyedia Layanan Internet TERBAIK di Kalimantan Timur dengan jumlah klien yang tidak sedikit. Dan dengan jaminan produk terbaik yang pelanggan akan dapatkan. Untuk informasi harga dan produk apa saja yangΒ  kami punya, silahkan hubungi kontak di bawah ini.

Kontak Comtelindo

+62811-5996-729 (WA)

Telpon: (0542) 870 6777

Email: sales@comtelindo.com

Website: www.comtelindo.com

Facebook: PT. Comtelindo

Twitter: PTComtelindo

Ikuti terus akun Instagram kami untuk mendapatkan informasi tentang teknologi yang terbaru.

 

1 thought on “Mengerti Karakteristik dan Manfaat Layanan Internet Cloud”

  1. Pingback: Mudahnya Menyimpan Data dengan Layanan Internet Cloud - Comtelindo

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *