Bahaya Dari Radiasi Komputer

Mudahnya Menyimpan Data Via Layanan Internet dengan Media Cloud (Awan)

Layanan Internet Profesional: Software Development

Layanan Internet Cloud

Layanan Internet Cloud – Halo bertemu lagi dengan admin di sini. Seperti biasa, sekarang kita akan membahas hal hal yang berkaitan dengan teknologi lagi. Menurut admin, teknologi adalah hasil ciptaan manusia menggunakan daya berfikirnya demi memperoleh kemudahan atau efisiensi dari tenaga, waktu dan kapasitas suatu kegiatan. Sehingga menghasilkan sesuatu yang “lebih” dari sebelumnya.

Pengembangan perangkat lunak atau biasa kita sebut dengan Software Development adalah layanan internet professional dengan meningkatkan kekuatan suatu perangkat lunak. Maksudnya adalah evolusi dari sebuah perangkat lunak. Evolusi dari teknologi dapat terjadi karena perkembangan dan kemajuan jaman. Dengan manusia sebagai poros dari teknologi ini semua menjadi hal yang sangat menguntungkan bagi suatu kelompok atau individu.

Sesuai dengan pernyataan di atas, dapat kita simpulkan dengan adanya teknologi berarti memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan. Contohnya seperti menyimpan data. Menyimpan data pada jaman dahulu selalu dengan cara menulisnya di buku. Selain memakan waktu lebih banyak, pembuatan buku ternyata juga dapat merusak lingkungan dengan banyaknya penebangan pohon. Tidak hanya itu, kerugian dalam menyimpan data lewat kertas masih terlalu riskan untuk hilang atau rusak. Mulai dari kena air, terbakar, atau bahkan lupa menaruh data juga merupakan masalah yang sering terjadi. Jaman sekarang yang notabenenya sudah jaman yang maju, mulai meninggalkan kebiasaan itu. Sekarang lebih mudah menyimpan data di “Awan”. Kok Awan sih? Emang bisa?

Cloud

Awan di sini maksudnya adalah “CLOUD”. Berhubung admin adalah NKRI sejati, jadi admin menulis “Awan” di atas yah. Data kantor, data pribadi, atau bahkan data pertandingan sepakbola pun dapat terinput ke dalam awan. Tanpa harus menggunakan ballpoint, tanpa harus menghabiskan kertas, data data tersebut dapat tersimpan dengan rapi dan aman. Tentunya dengan menyewa layanan dengan produk ini, dapat mempermudah suatu kegiatan dari setiap perusahaan atau individu. Dengan adanya layanan ini, kita dapat menyimpan segala data yang kita miliki tanpa merasa khawatir. Apalagi pengaksesan data ini bisa setiap waktu. Mungkin ini adalah pilihan terbaik bagi perusahaan dengan mobilisasi yang tinggi.

Jenis Layanan Internet Cloud

Sesuai dengan harfiah dari sebuah layanan, kebutuhan konsumen adalah tujuannya. Ada yang mementingkan harga, ada yang mementingkan kualitas, dan masih banyak lagi permintaan dari pelanggan atau si konsumen ini. Tanpa mengesampingkan itu semua, setiap perusahaan penyedia layanan internet di NKRI ini pasti memiliki layanan internet Cloud demi menunjang keefesienan dari setiap perusahaan pelanggan atau konsumen lainnya.

Di bawah ini merupakan beberapa jenis dari layanan internet Cloud yang ada di dunia umum.

Jenis Pertama Layanan Internet On Cloud SaaS

Sebenarnya di mana sih aslinya data ini tersimpan? Masa ada di awan beneran? Pada teknologi ini, data yang tersimpan sebenarnya berada dalam server. Server digital ini harus diakses atau dijalankan dengan menggunakan internet.

Software as a Service adalah layanan yang menggunakan perangkat lunak sebagai ujung tombak. Hasil perbaikan dari konsep APS (Aplication Service Provider) ini telah menjadi salah satu produk unggulan dan primadona di jaman sekarang. Dengan mengusung perangkat lunak sebagai ujung tombak, para pelanggan atau konsumen dapat memaksimalkan sumber daya dari perangkat lunak ini sebagai hasil dari layanan tersebut. Tentu saja dengan cara berlangganan dengan para perusahaan yang menyediakan layanan internet berbasis Cloud.

Cukup dengan berlangganan, pelanggan atau konsumen dapat memiliki lisensi suatu software (perangkat lunak) yang mereka pilih. Dengan adanya lisensi, mereka akan mendapatkan kelebihan dari banyaknya layanan yang di berikan dari software tersebut. Sangat menguntungkan bukan?

Jenis Kedua Layanan Internet On Cloud PaaS

Seperti yang kita tau, dengan adanya teknologi ini membuat pekerjaan yang berhubungan dengan fisik sudah menghilang. Segala sesuatu yang biasa kita lakukan dengan menyimpannya di flash disk, sudah mulai tergantikan oleh internet yang menjadi raksasa layanan saat ini dengan kemungkinan akan lebih besar lagi untuk masa depan.

Platform as a Service adalah layanan yang mengunggulkan kenyamanan dan kemudahan si pelanggan. Kenapa seperti itu? karena pelanggan hanya harus berlangganan agar dapat menggunakan platform yang sudah diedit atau sudah dioptimasi oleh pihak penyedia layanan internet ini. Tanpa harus repot repot melakukan perawatan pada system, sudah menjadi nilai plus di sini. Bahkan pelanggan hanya tinggal menggunakan saja, sudah disuapin, tinggal kunyah aja bang hehehe

Tetapi pelanggan juga jadi tidak bisa mengendalikan sumber daya dari software tersebut. Seperti tidak bisa mengendalikan memory, atau media media peyimpanan yang lain adalah bagian dari kerugian produk ini. Karena sudah menjadi tanggung jawab dari sang penyedia layanan internet Cloud tersebut untuk mengurus sumber daya yang disebutkan sebelumnya.

Tergantung dari kebutuhan ya guys intinya.

Baca Juga: Mengerti Karakteristik dan Manfaat Layanan Internet Cloud

Jenis Ketiga Layanan Internet On Cloud IaaS

Setelah membahas tentang dua layanan di atas, terakhir kita akan memberitahukan lagi layanan internet Cloud dengan jenis yang berikutnya. Dengan mempertimbangkan hasil dari survei, para penyedia layanan internet ini memiliki satu lagi jenis layanan di bidang Cloud ini, apa itu?

Infrastructure as a Service. Sesuai dengan nama infrastrukturnya, layanan ini memberikan layanan yang berfokus dalam memberikan pelanggan sebuah bangunan. Tunggu dulu, ini bukan bangunan yang seperti rumah tinggal kita yaa. Bangunan ini maksudnya adalah sebuah komputer online. Layanan ini memberikan jalur server, system jaringan, ruang penyimpanan, hingga data center khusus kepada pelanggan. Ibarat computer, pelanggan hanya menyewa computer kosongan agar bisa disesuaikan dengan kebutuhannya sendiri. Jika terjadi kendala di sana, pelanggan dapat dengan sigap untuk mengurusnya.

Dan ini adalah layanan yang bersifat jangka panjang. Tidak mungkin sebuah perusahaan akan menggunakan layanan ini hanya untuk satu atau dua bulan saja.

Kesimpulan

Akhirnya, sekarang kita sudah sampai di kesimpulan. Dengan perkembangan jaman saat ini. Segala sesuatu yang dahulu kakek nenek kita impikan sudah menjadi hal biasa di kehidupan sehari hari kita. Salah satu perkembangan teknologi yang kita bahas kali ini adalah layanan internet dengan teknologi Cloud. Dimana layanan ini memiliki tiga jenis. Jenis pertama adalah SaaS – Software as a Service, yang kedua adalah PaaS – Platform as a Service, dan yang ketiga adalah IaaS – Infrastructure as a Service. Dengan kekurangan dan kelebihan di setiap jenis, layanan ini menyasar pelanggan / konsumen perusahaan atau pemerintah. Dengan setiap layanan yang didedikasikan secara penuh kepada setiap pelanggan atau konsumen, kami PT. COMTELINDO akan terus berkembang bersama anda. Produk yang PT. COMTELINDO tawarkan adalah terpercaya, terbaik, dan tercepat di bidangnya. Terlihat dari banyaknya klien kami di Kalimantan Timur khususnya Balikpapan.

Anda bisa menghubungi PT. COMTELINDO dengan kontak di bawah ini:

Kontak Comtelindo

+62 811-5996-729 (WA)

Email: sales@comtelindo.com

Telpon: (0542) 870 6777 (Kantor)

Website: www.comtelindo.com

Facebook: PT. Comtelindo

Twitter: PTComtelindo

Ikuti terus akun Instagram kami untuk mendapatkan informasi tentang teknologi yang terbaru.

 

1 thought on “Mudahnya Menyimpan Data Via Layanan Internet dengan Media Cloud (Awan)”

  1. Pingback: Service Level Agreement (SLA) dalam Layanan Internet - Comtelindo

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *