Fungsi Wifi dan Cara Kerjanya

Inilah 6 Tips Agar Laptop Tidak Cepat Panas Saat Digunakan

Tips Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Laptop Tidak Cepat Panas – Hai Sobat CMT. Apakah laptop kalian salah satu dari ini? Saat daring atau saat streaming laptop kalian cepat panas?

Yah tentu saja sangat mengganggu bukan? Panasnya laptop dapat mengganggu kinerja. Entah itu kinerja kita sebagai manusia, atau pun kinerja hardware itu sendiri. Dengan panasnya laptop, kita sebagai tuannya pasti merasa tidak nyaman. Maka dari itu banyak sekali yang mengakalinya dengan berbagai trik.

Dengan bisa mengatasi masalah tersebut, kinerja kita pun akan lebih baik. Demi mencapai kinerja yang lebih baik, Admin akan membagikan beberapa tips agar laptop tidak cepat panas saat di gunakan.

Jadi mari simak ulasan Admin berikut ini yaahh.

Bersihkan Kipas Pendingin

Tips pertama agar laptop tidak cepat panas saat di gunakan adalah membersihkan kipas pendingin. Salah satu penyebab paling umum adalah karena kipas pendingin tidak bekerja. Jadi yang pertama bisa kita lakukan adalah cek kondisi kipas pendingin terlebih dahulu. Tapi perlu di ingat yaa, jika Sobat CMT adalah tipe orang yang terima bongkar tidak terima pasang, Admin sarankan untuk pergi ke tukang service laptop untuk mengoprek jeroan hardware Sobat CMT. Karena jika tidak, yang ada nanti malah amburadul 😀

Nah setelah itu cek bagian kipas pendingin, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika sudah tidak berfungsi, lebih baik di ganti yang baru saja.

Tetapi jika kipas masih berfungsi dengan baik, coba kalian cek dulu apakah kipasnya kotor sekali atau tidak. Jika kotor, segera bersihkan kipas pendinginnya.

Normalnya pembersihan kipas pendingin adalah di bersihkan satu bulan sekali. Tetapi tetap melihat dari medan yang di gunakan oleh laptop itu. bisa saja penggunaannya adalah di outdoor, jadi mungkin harus lebih rutin lagi membersihkannya ya Sobat CMT.

Kondisi Medan Laptop Juga Harus Diperhatikan

Masih bersangkutan yang pertama, tips agar laptop tidak cepat panas saat digunakan yang kedua adalah harus memperhatikan medan dari penggunaan laptop tersebut. Misal berada di outdoor, kit harus sering sering membersihkan jeroan laptop lebih sering dari biasanya. Atau mungkin kita sering memakai nya di atas bantal? Di atas kasur? Dengan alas yang empuk dapat menghambat sirkulasi udara di laptop tersebut. Jadi kinerja dari kipas pendingin akan sangat berat dan dapat meningkatkan suhu itu sendiri.

Kondisi terkena sinar matahari langsung juga berpengaruh lho Sobat. Pakaian yang basah saja bisa kering, bagaimana jika laptop kita terkena sinar matahari secara langsung? Kemungkinan untuk overheat sangatlah mungkin. Atau jika alas kalian adalah sesuatu yang dapat menghantarkan panas dengan baik seperti besi atau logam lainnya? Itu akan sama saja mempercepat kondisi overheat dari laptop kalian.

Kondisi normal sirkulasi udara di sini adalah dari samping. Maka dari itu, kita harus memperhatikan kondisi sekitar laptop yang akan kita gunakan ya Sobat CMT.

Gunakan Alat Bantu Pendingin

Untuk tips ketiga agar laptop tidak cepat panas saat digunakan adalah gunakan alat bantu pendingin. Dengan menggunakan kipas pendingin tambahan atau cooling pad di bawah laptop akan sangat membantu dalam menurunkan suhu. Dengan begitu kinerja kipas pendingin di dalam laptop akan terbantu dan tidak mengalami kerusakan dengan cepat. Sudah banyak yang jual di toko offline atau online kok.

Bisa juga kalian menambahkan thermal paste. Untuk diketahui, thermal paste adalah teknologi pasta yang dapat menghantarkan panas dari pusat panas laptop yaitu processor menuju ke heatsink yang kemudian kipas pendingin akan mendinginkannya. Jadi akan lebih cepat dalam mengatasi overheat.

Untuk mendapatkan thermal paste, kalian bisa membelinya di tempat service laptop. Agar kalian bisa langsung minta tolong sama mas mas tukang servicenya sekalian dipasang yah.

BACA JUGA: Layanan Internet dan Konektivitas Dalam Dunia Pertambangan Indonesia

Jangan Terlalu di Paksa

Berikutnya agar laptop tidak cepat panas adalah tentang jangan terlalu memaksakan kemampuan laptop Sobat CMT. Karena dengan penggunaan yang intens selama seharian penuh dapat mengakibatkan laptop menjadi panas. Alangkah baiknya jika Sobat CMT sedang melakukan streaming atau pun bermain game, lebih baik di istirahatkan terlebih dahulu dalam beberapa jam penggunaan. Setelah itu Sobat CMT dapat mengisi ulang baterai dengan aman pada saat laptop sudah mati.

Mungkin ada beberapa dari kalian yang berfikir jika laptop mampu mengerjakan tugas yang kalian perintahankan. Hal itu membuat umurnya menjadi berkurang. Dari sisi baterai akan drop, dari sisi prossesor akan panas jika terforsir, dan masih banyak hal lainnya yang akan merembet karena permasalahan itu. Dari sisi kesehatan manusia pun tidak baik. Maka dari itu saran dari Admin adalah jika ada banyak tugas, kalian harus membagi waktu dengan baik yah. Semangat 😀

Hindari Program yang Berlebihan

Lalu jangan lupa juga untuk menghindari membuka banyak program. Program yang dimaksud di sini adalah software yang kalian gunakan. Dengan banyaknya software yang kalian gunakan dalam satu waktu, membuat kinerja prossesor dari laptop tersebut menjadi berat. Karena berat, prossesor pun akan cepat panas.

Maka dari itu gunakanlah software yang dibutuhkan saja. Jika dirasa sudah cukup menggunakan suatu program atau software, lebih baik di tutup. Dan lanjutkan program yang masih penting. Seperti bila Sobat CMT sedang membuat artikel atau makalah, lebih baik mesin pencarian kalian di tutup dulu. Biasanya kan kita kalau bikin artikel pasti pakai musik kan, nah musiknya mungkin bisa di ganti lewat HP dari pada pakai Youtube yang kemungkinan besar dapat membebani kinerja dari laptop tersebut.

Nah pemahaman tentang kemampuan laptop kalian juga penting di sini. Jika laptop kalian menggunakan prossesor yang belum cukup mumpuni, jangan menggunakan software yang besar juga kapasitasnya. Karena di samping dapat membuat program menjadi lambat, kinerja prossesor juga akan menjadi berat. Sehingga kemungkinan agar laptop tidak cepat panas akan semakin kecil.

Periksa Software Dalam Laptop Kalian

Salah satu penyebab laptop cepat panas saat di gunakan yang terakhir adalah software yang kalian gunakan. Mungkin ada beberapa software yang masih kuat untuk di tanggung prossesor kalian, tapi ada juga beberapa prossesor yang tidak kuat untuk menanggung software kalian. Kalian harus cermat dalam memilih software mana yang akan kalian gunakan agar tidak terlalu membebani kinerja prossesor kalian.

Bisa saja ketika kalian sudah biasa menggunakan laptop kalian yang sekarang, lalu menginstall software baru, laptop kalian menjadi panas. Penyebabnya adalah prossesor kalian kuwalahan dalam mengurus software yang ada. Alangkah baiknya jika uninstall software yang tidak berguna agar kinerja prossesor menjadi ringan dan laptop tidak cepat panas. Jika dirasa masih kurang, kalian boleh install ulang Windows kalian agar kembali ke pengaturan pabrik.

Selain software yang terlalu berat bagi prossesor, virus yang ada di laptop kalian juga salah satu penyebab kenapa laptop menjadi lebih cepat panas. Dengan seringnya kita berselancar lewat internet, hal itu menyebabkan kita lebih sering terkena virus. Selain itu karena kita juga sering sharing lewat flash disk yang belum tentu kesehatannya juga dapat mempengaruhi virus yang masuk ke laptop kalian.

Dengan memberikan antivirus yang mumpuni, kalian dapat terhindar dari masalah ini. Tetapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan kemampuan laptop kalian.

Dengan bersihnya virus yang ada di laptop kalian, kinerja prossesor akan menjadi lebih ringan. Sehingga penyebaran panas laptop dapat terhindar.

Sekian dari Admin, semoga artikel 6 Tips Agar Laptop Tidak Cepat Panas Saat Digunakan yang Admin share ini dapat menambah ilmu dan wawasan Sobat CMT yaa. Jangan lupa untuk follow Instagram kami yaa.

Happy Reading 😀

1 thought on “Inilah 6 Tips Agar Laptop Tidak Cepat Panas Saat Digunakan”

  1. Pingback: Ciri Ciri Baterai Laptop Harus Ganti - Baterai Laptop Rusak - Comtelindo

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *