[:id]Kenapa Vue JS lebih kuat daripada React dan Angular?[:]

[:id]

Vue merupakan bahasa yang sedang naik daun saat ini. Bagaimana tidak? Vue merupakan salah satu framework dari Javascript memiliki fitur-fitur dan kemampuan yang kuat. Bisa dibilang, Vue ini lebih canggih dibandingkan dengan framework-framework lainnya. Bagaimana bisa? Kalian bisa cek di postingan saya kali ini. Tetapi, jika kalian belum mengetahui framework tu apa, saya sarankan untuk membaca pengertian framework terlebih dahulu.

Setelah kalian mengetahui apa itu framework, kalian sudah siap baca postingan ini. Tetapi, sebelum kita mulai, kita akan menanyakan beberapa pertanyaan mengenai ketiga framework dari JavaScript ini :

  • Apakah ketiga framework itu cukup kuat untuk membangun aplikasi maupun web yang fleksibel?
  • Apakah mudah untuk menemukan developer yang masing-masing menggunakan framework tersebut?
  • Apakah para developer dapat mengetahui bagaimana cara kerja dan apa dibalik semua framework itu?

Mari kita lihat jawaban dari pertanyaan itu :

  1. Kekuatan dari masing-masing framework

Jika ditanya dari kemampuan framework-framework yang berada di atas, tentu mereka memiliki keunggulannya masing-masing. Tetapi, tetap…dari segi kemampuan, Vue JS berada yang paling depan. Mengapa?

Manfaat dari Vue yang paling besar adalah tidak adanya silsilah di dalam Vue. Vue merupakan framework JS yang bisa dibilang masih ‘fresh’ . Karena Vue adalah framework baru dari JavaScript, Vue ini dibuat dengan mencegah kesalahan-kesalahan yang mengulang kesuksesan yang dibuat oleh Angular maupun React. Ditambah lagi, Vue ini sangatlah mudah untuk dipelajari dan Vue ini ringan.

Pertama, jika dibandingan dengan Angular, Vue memiliki lebih banyak keuntungan. Vue JS ini adalah solusi yang lebih fleksibel. Itu membuat para developer lebih mudah untuk membuat struktur-struktur utuk aplikasi yang akan dibuat, daripada dipaksa untuk melakukan semuanya dengan ‘cara Angular (Biasa disebut Angular Way)’. Ini hanyalah sebuah interface layer sehingga para developer dapat menggunakannya sebagai fitur ringan di dalam halaman daripada terus-menerus menumpuk menggunakan SPA.

Lalu, yang kedua kita akan membandingkan Vue ini dengan React. Mereka berdua memiliki beberapa fitur yang serupa, diantaranya adalah

  • Menggunakan dan memanfaatkan DOM virtual
  • Memberikan tampilan yang reaktif
  • Tetap fokus di dalam ‘core library’ atau library inti, dengan masalah seperti perutean dan ‘global state management’ yang ditangani oleh ‘companion libraries’.

Kedua framework itu benar-benar canggih dan sederhana. Tetapi, jika dibandingkan, Vue memiliki fitur-fitur yang lebih canggih dengan teknologi-teknologi yang baru tanpa harus mempelajarinya terlebih dahulu. Lalu, hal lainnya yang lebih diunggulkan adalah ketika untuk membinding data, Iteration, dan yang lainnya code yang diperlukan Vue lebih simple yang sedikit dibandingkan dengan React.

2. Hasil dari google trends

Dilihat dari google trends, bisa dilihat kalau Vue JS ini lebih terkenal dibandingkan framework yang lainnya. Jika kita melihat google trends pada tahun sebelumnya, kita dapat melihat sepertinya Angular lebih terkenal dibandingkan yang lainnya. Tetapi, karena orang-orang sudah mengetahui bagaimana keunggulan dari Vue JS ini, orang-orang mulai beralih menuju Vue JS.

Bahkan, jika melihat lowongan-lowongan kerja dari tumblr, Vue JS merupakan salah satu lowongan kerja yang banyak dicari. Salah satu project yang dibuat menggunakan Vue JS adalah PageKit.

3. Cara kerja masing-masing

Seperti yang dapat dilihat dari gambar di atas, saya membandingkan cara kerja terhadap Vue JS dan juga Angular. Seperti yang dikatakan disana, terdapat cara kerja Module, Directive, dan juga Filter. Untuk Module sendiri, Vue sepertinya lebih terfokus dengan logic, sedangkan Angular container. Bisa dibilang, code dari Angular lebih sedikit dibandingkan dengan Vue JS, tetapi Vue JS bisa lebih bebas dalam hal ini.

Kedua, untuk Directive, Vue tidak terlalu kuat dibandingkan Angular untuk hal ini. Vue terlihat lebih fokus. Sedangkan, di dalam Angular kita sebagai developer dapat melakukan banyak hal.

Terakhir, Directive. Dalam pengerjaan Directive ini tidak terdapat banyak perbedaan diantara Vue dan juga Angular, hanya saja Vue memiliki fitur tambahan yaitu read/write options.

Sumber: https://medium.com/@mohripan16/kenapa-vue-js-lebih-kuat-dibanding-react-dan-angular-1a1bdfc24981

[:]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *