Fungsi Wifi dan Cara Kerjanya

Kenapa sih layanan GPS bisa gratis?

Kenapa Layanan GPS Gratis?

Kenapa Layanan GPS Gratis Hallo Sobat CMT. Bertemu lagi dengan Admin di sini. Sebelum masuk ke pembahasan, Admin akan membagikan sedikit cerita. Admin itu sebenarnya adalah tipe orang yang buta arah. Sehingga Admin sangat bergantung dengan tanya orang orang di sekitar agar bisa sampai ke tujuan Admin. Menyedihkan ya 😀

Tapi dengan seiring perkembangan jaman, teknologi semakin maju. Dengan majunya teknologi, maka sekarang untuk menuju ke tempat yang kita tuju tidak akan kesusahan lagi dan dapat menghemat waktu. Contohnya adalah GPS (Global Positioning System). Seluruh Sobat CMT pasti sudah pernah menggunakannya bukan?

Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang Global Positioning System.

Pengertian GPS (Global Positioning System)

Sebenarnya GPS adalah sistem navigasi yang bekerja dengan menggunakan satelit. Dengan desain agar dapat menyediakan posisi secara instan, kecepatan dan informasi waktu di hampir semua tempat di muka Bumi, setiap saat dan dalam kondisi cuaca apapun, dan dalam 24 jam.

Lalu Global Positioning System juga memiliki fungsi untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi , sehingga dapat di gunakan untuk menentukan kecepatan, arah, letak, dan waktu.

Berikutnya adalah jenis-jenis Global Positioning System:
1.Global Positioning System untuk Militer

Kenapa Layanan GPS Gratis GPS dapat di manfaatkan untuk mendukung sistem pertahanan militer. Lebih jauh dari itu bisa memantau pergerakan musuh saat terjadi peperangan, juga bisa menjadi penuntun arah jatuhnya bom sehingga bisa lebih tertarget.

2.Global Positioning System untuk Navigasi

Kenapa Layanan GPS Gratis Dalam kebutuhan berkendara sistem GPS pun sangat membantu, dengan adanya GPS Tracker terpasang pada kendaraan maka akan membuat perjalanan semakin nyaman karena arah dan tujuan jalan bisa di ketahui setelah GPS mengirim posisi kendaraan kita yang di terjemahkan ke dalam bentuk peta digital.

3.Global Positioning System untuk Sistem Informasi Geografis

Kenapa Layanan GPS Gratis untuk sistem informasi geografis perlu di gunakannya GPS agar dapat di permudah, seperti untuk pembuatan peta, mengukur jarak perbatasan, atau bisa di jadikan sebagai referensi pengukuran suatu wilayah.

4.Global Positioning System untuk Sistem Pelacakan Kendaraan

Kenapa Layanan GPS Gratis Di gunakan untuk kebutuhan sistem pelacakan yaitu alat penampil dan penerima sinyal yang berbeda lokasi. Contohnya kita bisa mengetahui lokasi kendaraan yang hilang dengan melihat titik koordinat yang di hasilkan dari alat yang terpasang dalam kendaraan tersebut, untuk melihatnya bisa melalui media smartphone atau alat-alat khusus lainnya.

5.Global Positioning System untuk Pemantau Gempa

Kenapa Layanan GPS Gratis Saat ini teknologi Global Positioning System yang terus di tingkatkan menghasilkan tingkat ketelitian dan keakuratan yang sangat tinggi sehingga GPS dapat di manfaatkan untuk memantau pergerakan tanah di Bumi. Dengan hal itu maka para ahli Geologi dapat memperkirakan kemungkinan terjadinya gempa di suatu wilayah.

Awal Mula Penggunaan

Kenapa Layanan GPS Gratis Kita bisa memanfaatkan Global Positioning System karena ada chip receiver atau penerima di dalam smartphone atau perangkat elektronik lainnya. Chip ini kemudian menerima informasi posisi kita secara tiga dimensi yang berfungsi menangkap sinyal dari satelit. Ada 24 satelit yang melayang di angkasa untuk mencakup setiap jengkal posisi di muka Bumi.

Pengoperasian satelit dan teknologi pendukung tentu saja membutuhkan biaya. Mungkin banyak yang tidak tahu, kalau seluruh biaya tersebut ditanggung oleh Pemerintah AS melalui pos Departemen Pertahanan mereka. Nilainya tidak sedikit. Jika mengacu informasi resmi, Pemerintah AS mengeluarkan dana US$1,42 miliar untuk peremajaan dan operasional GPS di tahun 2019 ini. Jika dihitung, artinya Pemerintah AS mengeluarkan dana Rp.54,5 miliar per hari untuk memastikan teknologi GPS berfungsi.

Awalnya untuk Militer

Kenapa Layanan GPS Gratis Anda mungkin bertanya, mengapa Pemerintah AS “rela” mengeluarkan biaya sebesar itu untuk layanan gratis yang bisa digunakan semua orang? Alasan utama, teknologi GPS memang milik mereka. Sejak tahun 1973, Pemerintah AS mengembangkan teknologi Global Positioning System untuk menjawab kebutuhan navigasi mereka. Namun di awal implementasinya, teknologi Global Positioning System hanya digunakan di lingkungan internal militer AS.

Keputusan yang di Ambil

Kenapa Layanan GPS Gratis Kebijakan itu berubah pada tahun 1983 setelah terjadi tragedi penembakan pesawat sipil Korea Selatan oleh Uni Soviet. Penyebab insiden adalah keterbatasan teknologi navigasi pesawat Korea Selatan tersebut, sehingga tidak menyadari jika mereka telah memasuki wilayah udara Uni Soviet.

Tragedi semacam ini tidak akan terjadi jika pesawat tersebut memiliki sistem navigasi seperti Global Positioning System. Karena itulah pada 16 September 1983, Presiden AS kala itu, Ronald Reagan, secara resmi membuka akses teknologi Global Positioning System untuk publik. Awalnya teknologi Global Positioning System untuk publik ini dibatasi akurasinya (radius 100 meter), berbeda dengan militer AS yang bisa mencapai presisi 5 meter. Tujuannya agar militer AS tetap memiliki kelebihan dalam memanfaatkan teknologi ini.

Namun sejak tahun 2000, pembatasan akurasi tersebut dihapus, sehingga kita bisa mendapatkan teknologi Global Positioning System yang presisi sama seperti yang diperoleh militer AS.

Dan pada tahun 2000 Bill Clinton kemudian merubah keputusan tersebut menjadi tidak di batasi, dan bisa di akses oleh seluruh dunia.

 

The decision to discontinue Selective Availability is the latest measure in an ongoing effort to make GPS more responsive to civil and commercial users worldwide. –This increase in accuracy will allow new GPS applications to emerge and continue to enhance the lives of people around the world.”

 

President Bill Clinton

May 1, 2000

 

Global Positioning System bisa di nikmati orang di seluruh dunia secara gratis selama perangkatnya memang support GPS

Kenapa bisa gratis? Itu karena karena pemerintah Amerika memang menggratiskan layanan Global Positioning System ini, namun sebenarnya biaya operasionalnya di tanggung oleh rakyat Amerika sendiri lewat Pajak. Tiap harinya sebesar 2 Juta dolar di bayar oleh Pajak AS untuk biaya maintenance / pemeliharaan system GPS, dan biaya peluncuran satelit bisa mencapai 12 Miliyar Dolar AS.

BACA JUGA: Pengertian HDD dan SSD yang Harus Kamu Ketahui

Kerja Sama Antar Negara

Kenapa Layanan GPS Gratis GPS terdiri atas kerja sama berbagai satelit, yang negara negara mengirim satelit saling bekerja sama dalam memberikan layanan jasa lokasi secara digital. Mereka bekerja sama dalam menetapkan protokol sinyal yang dikirimkan antar satelit dan kemudian dikirim ke perangkat komunikasi anda.

Pemikiran kalian yang GPS itu hanya Google dan amerika itu salah besar. Benar bahwa Software GPS dan Database GPS berada di Amerika yang berada di bawah perusahaan Google, Karena warga negara Indonesia memakai perangkat Android itu milik Google ya otomatis memakai software Google.

Itulah salah satu bentuk dominasi Amerika di karenakan kebijakan politisi amerika pada masa lampau, yang memberikan landasan keadilan dan kemajuan bersama dengan syarat posisi dominan Amerika serikat.

Dengan referensi ini, kalian dapat melihat kerjasama negara mana saja yang berpartisipasi dalam andil GPS.

Kerja sama antar negara

Pesaing GPS

Kenapa Layanan GPS Gratis Sebagai pemilik teknologi, AS pun memiliki kewenangan untuk memanfaatkan GPS sesuai kepentingan mereka. Termasuk, membatasi akses GPS bagi pihak yang berlawanan dengan kepentingan mereka. Contohnya saat terjadi perang antara India dan Pakistan di tahun 1999. Kala itu, AS yang memihak Pakistan, membatasi akses GPS untuk pasukan India.

Terlalu besarnya dominasi AS di teknologi GPS inilah yang mendorong pemerintah negara lainnya untuk mengembangkan teknologi pesaing GPS. Contohnya Rusia yang mengembangkan GLONASS (Global Navigation Satellite System), Uni Eropa (Galileo Positioning System), Jepang (Quasi-Zenith Satellite System) dan China (Beidou Navigation Satellite System).

Akan tetapi, teknologi pesaing ini memang belum bisa menandingi GPS. Mengembangkan sistem navigasi tidaklah mudah dan murah, yang menjelaskan mengapa proyek Glonass milik Rusia menjadi mandek. China dengan sistem Beidou-nya memiliki kemampuan finansial dan teknis untuk menyaingi GPS, namun menghadapi dilema adopsi.

Seperti pernah kami tulis di sini, migrasi sistem navigasi mengharuskan industri dan pengguna mengganti perangkat pendukung yang di gunakan selama ini. Hal ini tentu saja membutuhkan investasi yang tidak sedikit, sehingga proses migrasinya akan membutuhkan waktu lama.

Pendek kata, GPS tetap akan menjadi teknologi navigasi yang akan terus kita gunakan dalam beberapa tahun mendatang. Dan untuk itu, kita harus “berterima kasih” kepada rakyat AS yang rela uang pajaknya di pakai untuk membiayai biaya operasional GPS.

Kesimpulan

Ah tidak terasa sudah di penghujung artikel ya Sobat. Tetap ikuti terus artikel di Web utama Comtelindo karena kami akan selalu memberikan informasi informasi menarik tentang teknologi terkini. Jangan lupa follow akun Instragram kita juga yaa.

Happy Reading 😀

 

Sumber

1: https://www.kiosbarcode.com/blog/pengertian-gps-beserta-fungsinya-dan-jenis-jenisnya/

2: https://infokomputer.grid.id/read/121763964/biaya-operasional-gps-mencapai-rp54-miliarhari-siapa-yang-membayar

3.: https://id.quora.com/Mengapa-layanan-GPS-gratis

1 thought on “Kenapa sih layanan GPS bisa gratis?”

  1. Pingback: Ketahui Provider Internet Terbaik 2021 Untuk Bisnis - Comtelindo

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *