[:id]JENIS-JENIS SOFTWARE AKUNTANSI[:]

[:id]

    Seiring evolusi komputer yang sangat pesat, aplikasi atau software yang ada didalamnya pun ikut dikembangkan. Dari hal itu muncul berbagai software yang juga membantu pekerjaan manusia seperti yang sering kita gunakan saat ini misalnya microsoft office.

    Software ini lebih memudahkan pekerjaan kita secara lebih spesifik. Microsoft office misalnya yang memudahkan pekerjaan dalam urusan mengetik laporan (word) olah data (excel) presentasi (power point) dan lain sebaginya. Bagi seorang akuntan menguasai microsoft office adalah bekal standar dalam membuat laporan keuangan ataupun laporan yang lain.

    Namun terkadang menguasai microsoft office saja masih belum cukup, akuntan harus bisa menggunakan berbagai aplikasi komputer khusus akuntansi. Tidak lain dan tidak bukan untuk lebih memudahkan pekerjaan nya.

    Ada banyak software akuntansi yang ada di Indonesia. Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan oleh orang-orang yang mengerti akuntansi tapi juga bagi orang awam yang baru mengenal akuntasi. Dalam artikel ini akan dijelaskan bebeberapa aplikasi komputer untuk akuntansi yang beredar di indonesia, tapi sebelum itu mari kita simak spesifikasi umum dari software akuntansi tersebut.

Jenis-jenis Software Akuntansi

Software akuntansi yang beragam bentuknya terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan cara pembuatannya. Yaitu software paket, software customize dan software paket yang dapat dikustomisasi

1. Software paket

    Software akuntansi jenis ini sudah terpaket artinya software yang didapatkan tidak bisa di otak-atik dengan kata lain apa yang ada pada software merupakan setingan pabrik yang sudah paten.

    Software jenis ini memiliki kelebihan karena harganya yang murah dan terjangkau. Selain itu karena apa yang ada dalam sotfware tidak dimodifikasi software jenis ini dibuat sangat mudah untuk digunakan.

    Karena harga nya yang relatif murah itu basis pengguna nya pun sangat banyak. Alasan lain adalah software ini relatif lebih stabil dibanding dengan software yang lainnnya. Tapi ada juga beberapa kekurangan software jenis ini.

    Diantaranya adalah pengguna harus menyesuaikan kebutuhan dan kegiatan ekonomi nya sesuai dengan keadaan software. Sehingga terkadang kebutuhan pengguna tidak sesuai dengan apa yang disediakan software.

2. Software Customize

    Dari namanya sudah terlihat software ini dapat dimodifikasi dari keadaan awal nya untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna nya.

    Modifikasi ini dapat dilkukan setelah ataupun saat membeli aplikasi di software housenya. Biasanya software jenis ini dikembangkan sendiri oleh perusahaan namun tidak jarang oleh perorangan.

    Keuntungan dari software customize adalah software ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda tanpa ada bagian yang mubadzir tidak pernah digunakan, sehingga penggunaan nya dapat lebih fleksibel.

    Namun Software ini lebih mahal dibandingkan software paket. Karena software ini dikembangkan sendiri risiko yang ada pun besar. Selain itu dukungan purna jual nya tidak bisa diandalkan ditambah lagi stabilitas software sangat rendah karena basis pengguna yang rendah juga.

3. Software paket custom

    Software ini merupakan software paket dengan modul standar yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan jika ada aktifitas lain diluar modul standar yang disediakan. Ada beberapa keuntungan yang didapat dari software jenis ini.

    Harga nya relatif lebih terjangkau dibanding software yang dimodifikasi dari awal. Karena berasal dari software paket maka stabilitasnya lebih terjaga selain itu implementasi dari software dapat digunakan secara cepat karena sesuai dengan kebutuhan yang digunakan.

    Tapi software ini memerlukan waktu customisasi yang lama jika tidak mendefinisikan apa saja hal yang dibutuhkan dari software. Ditambah lagi dukungan purna jual yang lebih sulit karena perbedaan modifikasi dari masing-masing user yang menggunakan.

    Perangkat lunak-perangkat lunak akuntansi tersebut sebagian besar tidak gratis. Harganya berkisar puluhan ribu sampai ratusan juta rupiah. Namun tidak sedikit juga software yang bisa diunduh (download) secara gratis dengan fitur yang tidak kalah dengan program akuntansi berbayar.

Source : https://rocketmanajemen.com/software-akuntansi/

[:]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *