[:id]Jenis Jenis Pekerjaan IT di Dunia[:]

[:id]

Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

TI melakukan berbagai fungsi (TI Disiplin/Kompetensi) dari meng-instal Aplikasi untuk merancang jaringan komputer dan basis data informasi. Beberapa tugas yang TI lakukan mungkin termasuk manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, basis data dan desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan. Teknologi informasi mulai menyebar lebih jauh mulai dari konvensional komputer pribadi, teknologi jaringan, dan lebih ke dalam integrasi teknologi lain seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan banyak lagi, yang meningkatkan permintaan untuk pekerjaan .

 Ada banyak perkerjaan yang berlatarbelakang IT yang bisa diambil dan mereka mensyaratkan kita untuk memiliki skill tertentu.

  1. Web developer

Web developer merupakan salah satu perkerjaan yang populer di dunia IT tapi apa yang sebenarnya di kerjakan oleh Web Developer? Web developer terbagi dari 3 divisi yaitu Frontend Developer, Backend Developer, dan terakhir adalah Fullstack Developer.

  •  Mobile Apps Developer

Dari namanya kita bisa menebak bahwa Mobile Apps Developer merupakan orang yang mengembangkan aplikasi di smartphone kita. Pengembangan aplikasi mobile pada umumnya terbagi dari yaitu Android dan iOS secara native dan untuk cross-platfrom terdiri dari ReactNative, Ionic, Xamarin dan NativeScript.

  • Game Developer dan Game Designer

Game developer merupakan salah satu perkerjaan yang menarik jika ingin berkarya dengan game. Selain game developer ada pula yang di kenal sebagai game desainer yang merancang aturan dari sebuah permainan. Aturan tersebut bisa merupakan karakter di dalam game dan perannya, deskripsi lingkungan game tersebut, objektif atau tujuan dari game tersebut, mekanik alur flow permainan dari game hingga merancang tiap level dari sebuah game.

  • DBA (Database Administrator)

Jika kalian menyukai pekerjaan yang berusuan dengan database maka DBA mungkin akan cocok karena perkerjaan ini mempunyai tanggung jawab yaitu mendefinisikan pola struktur database, mendefinisikan struktur penyimpanan dan metode akses, serta memberi hak akses pada user untuk mengakses data.

  • Security Engineer

Jika perusahaan semakin besar maka diperlukan pula orang khusus yang mengurusi masalah security baik network, system, maupun aplikasi. Menjadi tugas seorang security engineer memastikan bahwa semua berjalan baik dan melakukan beberapa hal seperti menkonfigurasi firewall, melakukan pentest, memperbarui security dan menjaga sehingga tidak terjadi serangan dari para hacker yang bisa membuat kerugian bagi perusahaan.

  • System Analyst

System Analyst biasa juga di sebut analis yang memiliki tanggung jawab mendefinisikan kebutuhan user, menyusun solusi yang efektif, dan mengawal masa transisi awal penggunaan sistem. Sistem analis bisa pula menjadi perantara atau penghubung antara perusahaan penjual perangkat lunak dengan organisasi tempat ia bekerja, dan bertanggung jawab atas analisis biaya pengembangan, usulan desain dan pengembangan, serta menentukan rentang waktu yang diperlukan.

  • UI/UX Designer

Tanggung jawab seorang UX designer adalah memastikan bahwa setiap langkah demi langkah berjalan dengan logis dan jelas. Untuk menjadi seorang UI/UX designer kita harus terbiasa memilih perpaduan warna yang nyaman bagi user dan harus detail untuk melihat hasil yang di pasarkan ke produksi baik dari sisi font, warna, gambar.

  •  Quality Assurance (QA)

Quality Assurance (QA) merupakan seseorang yang memonitoring, mengujicoba dan memeriksa semua proses yang terdapat pada produksi suatu produk dan menjamin kualitas produk tersebut . Apa saja yang digunakan para QA untuk melakukan pengujian dan memonitoring suatu produk.

  • Hardware Engineer

Merupakan perkerjaan di industri mikroprosesor dan integrated circuit yang melibatkan proses fabrikasi mikroelektronika dan desain arsitektur mikroprosesor. Selain Hardware Engineer ada juga namanya Hardware programmer merupakan programming secara low level terhadap hardware, misalnya mikrokontroler, embeded sistem, PLC atau device lainnya. 

  1. Pentester

Penetration testing atau sering disingkat menjadi pentest merupakan istilah untuk pengujian terhadap kehandalan suatu sistem dan mendokumentasikan tingkat keamanan aplikasi, sistem komputer, atau jaringan.

  1. Instruktur IT

Bagi pembaca yang mempunyai passion dalam mengajar bisa menjadi Instruktur IT seperti guru, dosen, dan instruktur kursus (pemrograman, desain, atau jaringan). Untuk menjadi instruktur kita harus memiliki skill yang sesuai dengan apa yang kita ajarkan agar tidak kesulitan dalam mengajar.

  1. System Administrator

Bagi pembaca yang mempunyai passion dalam mengajar bisa menjadi Instruktur IT seperti guru, dosen, dan instruktur kursus (pemrograman, desain, atau jaringan). Untuk menjadi instruktur kita harus memiliki skill yang sesuai dengan apa yang kita ajarkan agar tidak kesulitan dalam mengajar.

  1. Network Engineer

Network Engineer mempunyai tanggungjawab mendesain dan membangun infrastruktur jaringan baik LAN maupun WAN, memberikan solusi terbaik dalam hal infrastruktur jaringan baik dalam hal peralatan yang digunakan, efisiensi, reliabilitysecurity dan aspek-aspek lain yang terkait.

  1. System Support / Technical Support

System Support/Technical Support memiliki pekerjaan sehari-harinya men-support/maintain/memelihara sistem komputer berupa hardware atau software yang sudah berjalan. Seorang System Support mempunyai tanggung jawab memelihara dan memastikan sistem yang ada berjalan dengan baik, troubleshooting dan perbaikan system serta memberikan pelatihan ke para pengguna system.

Source  :

https://www.codepolitan.com/berbagai-jenis-pekerjaan-di-dunia-it-5b42f5e5cdf67
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi
[:]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *