Bahaya Dari Radiasi Komputer

15+ Jenis Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi Yang Ada di Indonesia! (PART 2)

 Jenis Bahasa Pemrograman РHaloo guys. Kita bertemu lagi setelah kemarin sudah membatasi informasi kalian terkait dengan Bahasa pemrograman dalam artikel 15+ Jenis Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi Yang Ada di Indonesia! (PART 1). Admin mohon maaf yaa.

Selanjutnya Admin akan memenuhi hasrat keingin tahuan kalian!

Simaklah artikel lanjutan dari artikel kemarin ini:

  1. Visual Basic

Berikutnya Visual Basic, yaitu merupakan Bahasa tentang pemrograman yang di kembangkan oleh Microsoft. Visual Basic menawarkan ide visual dalam pembuatan software, dan di kembangkan untuk membuat software berbasis sistem operasi Windows.

Banyak Software Developer menggunakan Visual Basic dalam pengembangan softwarenya, sehingga hal tersebut menjadikan Visual Basic sebagai salah satu Bahasa populer. Di Indonesia sendiri terdapat grup Visual Basic Indonesia di mana telah memiliki dua puluh dua ribu member lebih.

  1. Rust

Mungkin Anda belum pernah mendengar nama Bahasa tentang pemrograman ini karena masih tergolong baru. Tapi tahukah Anda? Bahwa ternyata, menurut OverFlow Developer Survey, Rust merupakan Bahasa paling di cari dan di sukai oleh para developer.

Rust diciptakan oleh Mozilla Foundation dengan tujuan untuk menghindari buffer overflows, pointer menjuntai, atau segala jenis kesalahan memori lainnya.

  1. Go

Kalau Rust di ciptakan Mozilla Foundation, jenis Bahasa pemrograman yang satu ini di ciptakan oleh Google. Go memiliki Bahasa yang cukup sederhana seperti Python, namun tergolong efesien seperti C++. Go menggabungkan beberapa aspek terbaik pemrograman fungsional, dan berorientasi objek.

Adapun proyek yang telah menggunakan Goi antara lain, Ethereum Cryptozoic, dan kubernetes.

  1. Kotlin

Setelah Rust, ada Bahasa tentang pemrograman keluaran JetBrains yaitu Kotlin sebagai Bahasa juga banyak disukai. Kotlin sepenuhnya dapat dioperasikan dengan Java dan tanpa batasan.

Kotlin berjalan dengan tingkat kinerja yang sama dengan Java, dan dapat bekerja sangat baik dengan semua library dan frameworks Java.

  1. Typescript

TypeScript merupakan jenis Bahasa pemrograman berbahasis Bahasa JavaScipt yang di kembangkan dengan menambahkan fitur-fitur baru dan fungsi tambahan sehingga lebih mudah di gunakan.

Karena memiliki sintaksis yang sama dengan JavaScript membuat Bahasa tentang pemrograman ini mudah dipelajari dan begitu cepat diadopsi oleh industri. Salah satu keunggulan lainnya dari TypeScript adalah fungsionalittasnya yang memungkinkan para software engineer membangun solusi berskala lebih besar.

  1. Perl

Perl merupakan jenis Bahasa pemrograman populer untuk administrator sistem dan jaringan.

  1. R

R menuai popularitasnya seiring dengan peningkatan kebutuhan terhadap analisa big data. Pada sebuah survei yang diselenggarakan oleh Stack Overflow, Bahasa R merupakan Bahasa yang ‚Äėpaling sedikit dibenci‚Äô oleh programmer.

  1. Matlab

Selanjutnya ada Matlab. Yaitu adalah jenis Bahasa pemrograman yang di gunakan sebagai alat analisis statistik di berbagai industri untuk analisis data. Matlab di gunakan secara luas dalam visi komputer dan industri pengolahan gambar juga.

Bagi yang menggunakan Matlab diharuskan membayar lisensi karena ini tidak gratis. Tetapi Bahasa ini Ideal untuk mengembangkan aplikasi penelitian ilmiah.

Kelebihan dari Matlab adalah mudah di kembangkan untuk simulasi ilmiah karena di lengkapi dengan inbuilt library lengkap, dapat memperluas fungsionalitas dengan menambahkan toolboxes, dan memungkinkan konversi kode untuk di gunakan dalam Bahasa tentang pemrograman lain, seperti C ++, Java, dan Python.

  1. Objective-C

Objective-C merupakan Bahasa yang berorientasi pada objek yang awalnya di gunakan oleh Apple untuk mengembangkan perangkatnya. Itulah mengapa iOS di kembangkan dengan Bahasa Objective-C.

Objective ‚Äď C merupakan Bahasa tentang pemrograman yang di kembangkan pada era 1983, oleh Brad Cox¬†dan¬†Tom Love. Karena berorientasi pada objek, Objective-C terkadang di pakai untuk membuat website. Meskipun tidak banyak yang menggunakannya dan hanya berkisar antara 2.47%¬†pada popularitas pencarian.

Bahasa ini merupakan Bahasa utama yang di gunakan oleh Apple untuk mengembangkan sistem operasi OS X dan iOS serta untuk mengembangkan Application Programming Interfaces (API) perusahaan tersebut. Meskipun demikian, jenis Bahasa pemrograman ini hanya dapat di gunakan untuk membuat sesuatu yang terbatas. Bahkan, banyak platform tidak dapat di kembangkan dengan menggunakan Objective-C seperti Android.

BACA JUGA: Penjelasan Service Level Agreement (SLA) Dalam Layanan Internet

  1. VBA

Microsoft Visual Basic for Applications (VBA) adalah sebuah turunan Visual Basic yang di kembangkan oleh Microsoft dan dirilis pada tahun 1993.

VBA merupakan kombinasi yang terintegrasi antara lingkungan pemrograman (Visual Basic Editor) dengan Bahasa pemrograman (Visual Basic) yang memudahkan user untuk mendesain dan membangun program Visual Basic dalam aplikasi utama Microsoft Office, yang di tujukan untuk aplikasi-aplikasi tertentu.

Tidak terlalu banyak pengguna yang mencari VBA dalam pencarian di Google, sehingga persentasenya hanya berkisar antara 1.37% saja.

Dalam Bahasa Visual Basic biasanya akan membutuhkan Bahasa pemrograman lain, seperti .NET (dot NET) yang juga termasuk ke dalam keluarga Visual Basic, yang semua dokumentasi penggunaannya ada di halaman Visual Basic Developer.

Kelebihan yang di miliki Ruby seperti sintaksis sederhana, memiliki exception handling yang baik, Bahasa pemrograman berorientasi objek, mengusung konsep single inheritance, open source, siapa saja dapat menggunakannya dengan cuma-cuma dan dapat ikut berpartisipasi mengembangkannya dan memiliki garbage collector yang secara otomatis akan menghapus informasi tak terpakai dari memori.

  1. Scala

Terakhir, sejak di desain pada tahun 2001, Scala semakin berkembang menjadi Bahasa pemrograman yang populer di gunakan. Saat ini Scala sudah banyak di jadikan platform website seperti Akka dan Play Framework.

Scala semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi seperti terbentuknya Apache Spark. Apache Spark dibuat dengan Scala dijadikan sebagai aplikasi untuk komputasi data berbasis klaster. Perusahaan besar seperti Twitter, LinkedIn, dan Netflix menjadi beberapa perusahaan besar yang sudah menggunakan Scala.

Bahasa ini cukup populer namun hanya memiliki persentase pencarian sebanyak 1%, sangat kecil di bandingkan dengan Bahasa komputer lain.

  1. HTML

CSS dan HTML juga merupakan jenis Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang wajib di ketahui oleh pengembang website. Ada tiga Bahasa komputer yang wajib di ketahui oleh pengembang website yaitu Javascript, CSS, dan  HTML.

Mulanya HTML berasal dari pemrograman bernama GML ( Generalized Markup Language) yang di kembangkan oleh IBM pada sekitar tahun 1980 dan berkembang menjadi SDML. Sedangkan HTML sendiri merupakan bagian dari SDML yang bisa di gunakan untuk browsing di internet.

Dan di sini HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language. HTML yang satu ini bisa Anda gunakan untuk membangun website dengan mudah dan cepat. Menggunakan HTML Anda dapat melakukan banyak hal saat membangun website, misalnya saja menyisipkan link, mengatur style dan struktur teks hingga membuat obyek di suatu halaman website.

HTML terdiri dari tag, element, dan attribute kemudian di susun oleh elemen lainnya.

Kesimpulan

Itulah ke 19 jenis Bahasa pemrograman yang dapat Admin rangkum pada kesempatan kali ini. Semoga dapat membantu teman teman semua.

 

Admin ucapkan terimakasih juga kepada para sumber:

Sumber

1: https://glints.com/id/lowongan/jenis-Bahasa-pemrograman/#.YHxRamczbIU

2: https://www.ekrut.com/media/9-Bahasa-pemrograman-yang-paling-banyak-dicari

3: https://medium.com/@makersinstitute/Bahasa-pemrograman-yang-populer-dan-dibutuhkan-49d592b690c8

4: https://www.exabytes.co.id/blog/13-Bahasa-pemrograman-yang-wajib-Anda-kuasai-di-2020/

5: https://www.niagahoster.co.id/blog/Bahasa-pemrograman/#Bahasa_Pemrograman_Lainnya

 

Ikuti terus perkembangan Teknologi bersama Akun Instagram kita.

 

1 thought on “15+ Jenis Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi Yang Ada di Indonesia! (PART 2)”

  1. Pingback: 15+ Jenis Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (PART 1) - Comtelindo

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *