Internet Service Provider Balikpapan

Generasi Wifi 6 dan Perbedaan Dengan Generasi Sebelumnya

Generasi Wifi

Generasi Wifi 6 dan Perbedaan – Hallo Sobat CMT. Selamat datang kembali. Admin kali ini akan membahas tentang generasi dari Wifi. Wifi memang menjadi salah satu faktor penting yang dapat di perhitungkan ketika kita sedang berselancar di dunia maya. Jika menggunakan Wifi, tentu saja pekerjaan kita akan sangat terbantu. Terlebih lagi sekarang adalah jaman di mana kita di paksa untuk mengurangi bertatap muka lebih lama dengan sesama karena virus yang melanda Indonesia.

Generasi Wifi dari 1 hingga 6 dapat di konversikan seperti di bawah ini:

802.11b = Gen 1

802.11a = Gen 2

802.11g = Gen 3

802.11n = Gen 4

802.11ac = Gen 5

802.11ax = Gen 6

Dalam hal pita frekuensi, Gen 5 hanya mencakup 5 GHz, sedangkan Gen 6 mencakup 2,4 / 5 GHz, yang sepenuhnya mencakup perangkat kecepatan rendah dan kecepatan tinggi.

Mengenai mode modulasi, Gen 6 mendukung 1024-QAM, yang lebih tinggi dari Wifi 256-QAM. Kapasitas data yang lebih tinggi berarti kecepatan transmisi data juga lebih tinggi.

Selain itu, Gen 6 menambahkan teknologi OFDMA baru, yaitu mendukung beberapa terminal mentransmisikan secara paralel pada saat yang sama. Dan secara efektif meningkatkan efisiensi dan mengurangi latensi (waktu yang dibutuhkan data dari asal sampai tujuan dengan diukur dalam satuan mili detik), ini merupakan rahasia dari peningkatan signifikan dalam throughput data.

Keunggulan Dalam Segi Kecepatan

Generasi Wifi 6 dan Perbedaan – Perubahan paling inovativ dari Gen 6 adalah peningkatan kecepatan jaringan. Kecepatan transmisi tertinggi bisa mencapai 9,6 Gbps. Ini 4x lipat dari Gen 5. Itu setara dengan kecepatan unduhan 1.2 GB / second! Ini juga 40% lebih cepat dari kecepatan Wifi generasi sebelumnya. Kecepatan puncak 5G adalah 10 Gbps, berarti kecepatan Gen 6 sebanding dengan 5G.

Wifi 6 adalah teknologi jaringan nirkabel generasi keenam yang merupakan teknologi jaringan area lokal nirkabel. Jaringan ini dibuat oleh Wi-Fi Alliance berdasarkan standar IEEE 802.11.

Wi-Fi Alliance didirikan pada tahun 1999 dan awalnya disebut Wireless Ethernet CompatibilITy Alliance (WECA). Pada Oktober 2002, secara resmi mengubah namanya menjadi Wi-Fi Alliance yang disebut sebagai Wifi. Dan generasi baru Wifi 6 adalah milik generasi keenam teknologi LAN nirkabel.

Pada akhir 2018, WiFi Alliance mengumumkan perubahan dalam metode penamaan standar Wifi dan tidak lagi menggunakan terminologi teknik elektronik 802.11. Sebaliknya, merekan malah akan menyederhanakan standar 802.11ax terbaru yang diberi nama Wifi 6.

Tentu saja, angka ini hanya maksimum secara teoritis, tergantung pada jumlah aliran data spasial dan jumlah pekerjaan saluran sinyal nirkabel. Mungkin sulit untuk dicapai dalam lingkungan kehidupan sehari-hari yang kompleks, tetapi kenaikan tarif tidak diragukan lagi sangat jelas.

Latensi Lebih Rendah

Generasi Wifi 6 dan Perbedaan – Seperti kita ketahui, latensi adalah waktu yang dibutuhkan data dari asal sampai tujuan dengan diukur dalam satuan mili detik. Gen 6 tidak hanya meningkatkan kecepatan unggah dan unduh, tetapi juga secara signifikan mengurangi kemacetan di dalam jaringan. Memungkinkan lebih banyak perangkat untuk terhubung ke jaringan nirkabel dan memiliki pengalaman koneksi berkecepatan tinggi yang konsisten. Terutama di sebabkan oleh dukungan Teknologi MIMO dan  OFDMA baru.

Gen 6 mendukung MU-MIMO uplink dan downlink, ini berarti bahwa perangkat seluler dan router nirkabel dapat mengalami MU-MIMO saat mengunggah dan mengunduh data. Hal ini semakin meningkatkan pemanfaatan bandwidth jaringan nirkabel.

Selain itu, aliran data spasial maksimum yang di dukung oleh Wifi 6 telah di tingkatkan dari 4 menjadi 8, yang dapat mendukung maksimum 8 × 8 MU-MIMO, yang merupakan salah satu alasan penting untuk peningkatan signifikan dalam kecepatan Wifi 6.

Lebih penting lagi, Wifi 6  menggunakan teknologi OFDMA (Orthogonal Frequency Division Multiple Access), yang merupakan versi berevolusi dari teknologi OFDM yang di gunakan oleh Wifi 5. Menggabungkan teknologi OFDM dan FDMA, ia menggunakan OFDM untuk mempopulerkan saluran. Kemudian, teknologi transmisi untuk mentransmisikan data di muat pada beberapa subcarrier. Inilah perbedaan antara keduanya.

BACA JUGA: 9+ Aplikasi Untuk Memperkuat Sinyal Wifi

Kapasitas Yang Lebih Besar

Generasi Wifi 6 dan Perbedaan – Wifi 6 juga memperkenalkan mekanisme pewarnaan BSS, menandai setiap perangkat yang terhubung ke jaringan dan menambahkan tag yang sesuai ke datanya. Ketika data di kirimkan, ia juga memiliki alamat yang sesuai, yang langsung di transmisikan di tempat yang sudah tujukan.

Teknologi multi-pengguna MU-MIMO memungkinkan komputer untuk berbagi saluran pada beberapa jaringan secara bersamaan, memungkinkan beberapa ponsel / komputer mengakses Internet pada saat yang bersamaan.

Di kombinasikan dengan teknologi OFDMA, setiap saluran dalam jaringan Wifi 6 dapat melakukan transmisi data efisiensi tinggi, meningkatkan pengalaman jaringan dalam skenario multi-pengguna yang dapat lebih memenuhi area hotspot Wifi, penggunaan multi-pengguna dan meningkatkan kapasitas lebih besar.

Keamanan Yang Terjamin

Generasi Wifi 6 dan Perbedaan – Perangkat Wifi 6 harus lulus sertifikasi WiFi Alliance, dia harus menggunakan protokol keamanan WPA 3 untuk keamanan yang lebih besar.

Pada awal 2018, WiFi Alliance merilis generasi baru protokol enkripsi WPA 3, yang merupakan versi upgrade dari protokol WPA 2 yang banyak di gunakan, yang semakin meningkatkan keamanan dan dapat lebih baik mencegah serangan brute force.

Lebih Menghemat Banyak Daya

Generasi Wifi 6 dan Perbedaan – Gen 6 memperkenalkan teknologi Target Wake Time (TWT), yang memungkinkan perangkat dan router nirkabel untuk secara aktif merencanakan waktu komunikasi. Mengurangi penggunaan antena jaringan nirkabel dan waktu pencarian sinyal yang berarti dapat mengurangi konsumsi daya hingga batas tertentu dan meningkatkan waktu masa pakai perangkat.

Namun, jaringan nirkabel Wifi 6 perangkat nirkabel seperti ponsel, laptop, dan tablet memerlukan akses Internet terus menerus, sehingga mereka tidak akan mendapat manfaat dari teknologi hemat daya TWT. Tetapi untuk rumah pintar yang menjadi populer terutama perangkat nirkabel yang menggunakan baterai lithium, teknologi ini dapat sangat meningkatkan masa pakai baterai dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Cara Menggunakannya

Jika ingin merasakan jaringan nirkabel di bawah standar Wifi 6, Sobat harus memenuhi persyaratan berikut:

Memiliki Router yang Sudah Mendukung

Generasi Wifi 6 dan Perbedaan – Sebagai generasi baru standar nirkabel, ada beberapa router nirkabel baru yang mendukung Wifi 6 di pasaran dan harganya tidak rendah. Saat ini, di butuhkan setidaknya sekitar Rp 600.000, yang jauh lebih mahal dari pada router biasa.

Namun, dengan semakin banyak Wifi 6 router standar datang di pasar di masa depan, harga pasti akan berangsur-angsur menjadi terjangkau oleh umum.

Perangkat Internet Nirkabel Seperti Ponsel dan Notebook Harus Mendukung

Generasi Wifi 6 dan Perbedaan – Saat ini, tidak banyak perangkat Internet yang mendukung Wifi 6. Ponsel ini terutama di dukung oleh mesin flagship iPhone  11/11 Pro / 11 Pro  Max  dan  Samsung S10, sementara notebook dan tablet belum terdaftar di pasar, dan kemungkinan akan segera hadir di pasaran.

Kesimpulan

Generasi Wifi 6 dan Perbedaan – Perlu di catat bahwa Wifi 6 juga membutuhkan broadband jaringan dan broadband Gigabit dapat memainkan kekuatan sebenarnya. Saat ini, di sebagian besar lingkungan perkantoran, jumlah perangkat nirkabel terbatas dan kecepatan jaringan serat optik seringkali ratusan Mbps.

Tapi tenang saja, terlebih untuk Sobat yang ada di Balikpapan, Kalimantan Timur. Karena sekarang COMTELIDO hadir dengan memenuhi apa yang Sobat inginkan. Penasaran dengan produk yang di tawarkan oleh COMTELINDO? Silahkan kunjungi website resminya di www.comtelindo.com atau Sobat CMT bisa klik gambar di bawah ini

Generasi Wifi 6 dan Perbedaan

Happy Reading 😀

 

 

Sumber

https://labkom99.com/2020/03/mengenal-apa-itu-wifi-6-dan-perbedaan-dengan-wifi-5.html

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *