[:id]Beberapa Perbedaan Mac dari Windows[:]

[:id]

Mayoritas pengguna komputer biasanya memulai dengan Windows. Hal ini tidaklah aneh, mengingat Windows digunakan secara luas di berbagai tempat mulai dari sekolah, kampus, perkantoran, dsb. Dan bagi kamu yang sekarang memutuskan untuk menggunakan Mac, kamu perlu tahu bahwa ada beberapa perbedaan mendasar diantara keduanya.

Lalu seberapa berbeda Mac dari Windows? Berikut ini adalah beberapa ulasan MacPoin mengenai perbedaan dari Mac vs Windows secara singkat.

Klik Kanan

Bagi kamu yang baru menggunakan Mac, mungkin akan sedikit bingung bagaimana cara melakukan klik kanan. Berbeda dengan mayoritas laptop / PC berbasis Windows yang mouse dan trackpad nya dilengkapi klik kanan, Mac tidak demikian.

Di Mac semua pengendalian menggunakan variasi gesture. Untuk melakukan klik kanan misalnya, kamu tinggal klik dengan dua jari. Jadi klik satu jari adalah klik kiri dan klik dua jari adalah klik kanan.

Alternatif lainnya kamu tekan Control + klik satu jari, yang juga merupakan klik kanan di Mac.

Namun jika kamu punya mouse yang dilengkapi dengan klik kanan, maka klik kanan menggunakan mouse tersebut juga bisa dilakukan seperti di Windows.

Keyboard Shortcut

Di Windows kamu akan menemukan CTRL (Control), sedangkan di Mac juga ada tombol Control. Tetapi jangan sampai salah, pengganti CTRL Windows di Mac adalah Command. Jadi jika di Windows shortcut untuk copy adalah CTRL + C, di Mac menggunakan Command + C. Hal yang sama juga berlaku untuk berbagai shortcut populer lain seperti CTRL + X untuk cut di Windows, di Mac adalah Command + X. Dan CTRL + V untuk paste di Windows, di Mac adalah Command + V.

Bahkan untuk shortcut di Windows seperti Alt + Tab juga ada di Mac namun dengan kombinasi Command + Tab. Intinya di Mac Command merupakan tombol yang paling krusial dalam sebuah shortcut.

Sistem

Sebagai sebuah sistem operasi, tentu sebenarnya komponen dasar antara Windows dan Mac itu sama, meskipun memang secara tampilan dan fitur keduanya mungkin berbeda.

  1. Jika di Windows ada File Explorer, di Mac ada Finder
  2. Jika di Windows ada Control Panel, di Mac ada System Preferences
  3. Jika di Windows ada Programs, di Mac ada Applications
  4. Jika di Windows ada Taskbar, di Mac ada Dock
  5. Jika di Windows ada Start Menu, di Mac ada Launchpad
  6. Jika di Windows ada System Tray, di Mac ada Menulets
  7. Jika di Windows ada Recycle Bin, di Mac ada Trash
  8. Jika di Windows ada Task Manager, di Mac ada Activity Monitor
  9. Jika di Windows ada Action Center, di Mac ada Notification Center
  10. Jika di Windows ada Media Center, di Mac ada iTunes
  11. Jika di Windows ada Internet Explorer / Edge, di Mac ada Safari
  12. Jika di Windows ada Windows Search, di Mac ada Spotlight
  13. Jika di Windows ada OneDrive, di Mac ada iCloud
  14. Jika di Windows ada Windows Store, di Mac ada App Store

Tetapi intinya bagi kamu yang baru bermigrasi dari Windows ke Mac, memahami Mac OS X tidaklah sulit. Berbagai hal yang biasa kamu temukan dan sering kamu gunakan di Windows sebenarnya ada juga di Mac (dan begitu pula sebaliknya), meskipun dengan nama dan user experience yang berbeda.

Close = Hide

Jika di Windows ketika jendela window kamu tutup, maka aplikasi tersebut akan benar-benar ter-close sepenuhnya. Tetapi hal yang sama tidak terjadi di Mac. Saat window kamu close, maka dalam banyak kasus aplikasi tersebut hanya akan di hide window nya saja, tetapi aplikasinya sendiri masih tetap berjalan.

Ini ditandai dengan adanya titik dibawah icon aplikasi tersebut di dock OS X. Ketika kamu buka, maka aplikasi ini akan terbuka dengan cepat.

Untuk menutup aplikasi sepenuhnya, maka kamu bisa melalukannya melalui opsi Quit di menu ataupun menggunakan shortcut Command + Q.

[:]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *