Mencegah Pengambilan Data Privasi

Ciri Ciri Baterai Laptop Harus Ganti

Tanda Baterai Laptop Telah Rusak

Baterai Laptop Harus Ganti – Apakah Sobat CMT juga mengalaminya? Terkadang baterai laptop yang sudah rusak sangat mengganggu. Misal sedang asik asiknya bermain game atau mengerjakan tugas, tiba tiba mati lampu, langsung auto mati deh itu laptop. Kecewa, sedih, dan berbagai perasaan mulai hinggap di hati.

Berikut akan Admin sampaikan beberapa ciri, penyebab, dan solusi bagi kalian yang mengalaminya agar tidak terulang kembali kejadian yang menyebalkan ini.

1.Bentuk Fisik Berubah

Baterai Laptop Harus Ganti – Pernah kah kalian memperhatikan bentuk dari baterai laptop kalian? Dari awal beli mungkin masih bagus dan rata, tapi seiring berjalannya waktu menjadi menggelembung. Ya, ini adalah akibat dari salah pemakaian.

Sama seperti baterai di smartphone, dia juga memiliki aturannya sendiri. Apalagi bagi kalian yang sering charge saat sudah 100% dan tidak segera di cabut. Karena pemakaian ketika laptop hidup dan mati itu berbeda. Jika laptop dalam keadaan hidup dan sambal di charge, sebenarnya di sana ada daya yang keluar tapi ada daya yang masuk juga, jadi tidak efisien.

Tidak hanya itu, penggunaan charge terus menerus dari pagi hingga pagi lagi juga menyebabkan menggelembungnya baterai laptop Sobat CMT. Mungkin ada beberapa orang yang lupa, tetapi itu menjadi masalah. Walaupun awalnya bisa berfungsi dengan baik, jika dilakukan hal seperti ini terus menerus dan berulang, maka ujungnya juga pasti rusak.

2.Kemampuan Dalam Menyimpan Daya Menjadi Berubah

Baterai Laptop Harus Ganti – Selain fisik berubah, kemampuan baterai pun akan berkurang bahkan akan hilang. Terkadang masalah ini hadir ketika baterai kita sudah habis lalu kita charge sebentar tiba tiba sudah full kembali hanya dalam waktu singkat.

Hal ini juga berbanding lurus ketika charge di cabut. Baterai pun akan cepat habis dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini bisa disimpulkan bahwa baterai dari laptop sudah mulai bocor. Karena setiap daya yang terisi hilang dan tidak tersimpan di dalam baterai. Pemakaian laptop akan sangat terasi ketika baterai sudah bocor. Sangat mengganggu kegiatan dan sangat bergantung pada stop kontak.

3.Pengisian Tidak Bisa Sempurna

Baterai Laptop Harus Ganti – Ada kasus berbeda lagi jika kita bahas tentang bocornya daya. Ciri ciri dari pengisian yang tidak sempurna adalah pengisian tidak akan bisa naik lagi dan stuck di angka di bawah 100%. Angka tersebut tidak akan naik lagi walaupun Sobat CMT charge selama berjam-jam.

Kasus di mana perlu mencabut baterai lalu memasangnya kembali dan baru bisa kembali normal juga. Tapi tidak akan bertahan lama dan akan kembali ke kasus awal.

Hal ini biasa di temukan jika kita memakai brand KW atau imitasi.

4.Tidak Mampu Menampung Daya

Baterai Laptop Harus Ganti – Jika suatu baterai sudah tidak bisa menampung daya lagi, maka fungsinya sebagai penyimpan daya dan sebagai pengaman hubungan singkat akan hilang. Apakah kalian pernah mengalaminya? Atau pernah melihatnya? Biasanya orang orang akan mencabut baterai mereka karena sudah tidak ada fungsinya. Sebenarnya itu adalah hal yang berbahaya di lihat dari fungsinya sebagai salah satu pengaman hubung singkat.

Ada juga yang walaupun sudah di charge dan sudah menunjukan angka 100%, lalu ketika di cabut kabel charge-nya, laptop langsung mati. Jika Anda sudah sampai di tahap ini, lebih baik ganti baterai dengan yang baru. Saran dari Admin sih cari yang original dan yang sesuai dengan spesifikasi yaa.

5.Muncul Tanda Peringatan di Indikator Baterai

Baterai Laptop Harus Ganti – Selain hal di atas, tidak ketinggalan pula tanda indikator untuk peringatan bahwa baterai laptop sudah rusak total. Biasanya dengan mengarahkan cursor ke indikator yang ada di kanan bawah layar Anda, akan ada tanda β€œ0% available ( plugged in, not charging ) Consider replacing your battery”.

Artinya penggantian baterai tidak bisa dihindarkan lagi ya Sobat CMT.

 

BACA JUGA: Inilah 6 Tips Agar Laptop Tidak Cepat Panas Saat Digunakan

 

Penyebab Baterai Laptop Rusak dan Solusinya

1.Tidak di Charge Setelah Membeli Laptop Baru

Baterai Laptop Harus Ganti – Yang pertama, penyebab kebocoran pada baterai laptop yang paling umum adalah tidak di charge setelah membeli laptop baru. Karena pabrik jarang sekali memberikan laptop dengan isi baterai yang full. Sama seperti ketika menggunakan smartphone terbaru, Anda juga harus men-charge dulu smartphone-nya agar awet. Jika untuk laptop, lebih baik di charge terlebih dahulu maksimal 4 jam dalam keadaan mati.

Jadi lebih baik untuk tidak terburu buru ya Sobat CMT. Agar kalian bisa menikmati umur baterai lebih awet dan tahan lama tentunya.

2.Di Charge Sambil Digunakan

Baterai Laptop Harus Ganti – Tidak perlu menunjuk orang lain, Admin sendiri pun sering kali melakukan ini πŸ˜€

Ternyata hal ini adalah salah satu penyebab dari bocornya baterai laptop. Dengan melakukan hal tersebut, maka pengisian dan pembuangan daya akan terjadi secara bersama sama. Sehingga akan susah untuk mencapai kata full charge. Bohong saja jika sudah penuh lalu ada indikator baterai full. Karena walaupun full, daya akan tetap berkurang karena pemakaian. Apalagi dengan menggunakan layar yang begitu terang. Otomatis konsumsi baterai akan lebih cepat habis.

Karena Admin sudah tau, makanya Admin sudah menghilangkan kebiasaan buruk ini ya Sobat. Sekarang Admin akan mematikan laptop untuk di charge terlebih dahulu, barulah Admin pakai laptop tersebut untuk kerja lagi jika sudah full.

3.Tidak Mencabut Charger Ketika Sudah Full

Baterai Laptop Harus Ganti – Dengan tidak mencabut kabel charger padahal sudah full, akan mempengaruhi kesehatan baterai. Dengan memberikan daya secara terus menerus dan melebihi kapasitasnya, kemungkinan kebocoran akan lebih tinggi. Hal ini tidak bisa dilakukan secara terus menerus. Karena selain boros listrik, hal ini juga dapat mempengaruhi jeroan dari baterai tersebut.

Kita saja jika di paksa tidak mau kok. Masa baterai mau di paksa terus sih πŸ˜€ nanti dia ngambek, kita yang repot πŸ˜€

Admin pernah memiliki teman yang melakukan hal itu. Setelah 2 hari 2 malam full charge terus, laptopnya pun jadi mati. Dan tidak mau hidup kembali. Setelah di periksa ternyata berawal dari baterai yang rusak lalu merembet ke dalam jeroan laptop. Aduh bahaya juga yah. Jangan sampai laptop kesayangan kita rusak karena kita lupa mencabut charge ya Sobat CMT.

4.Membiarkan Laptop Dalam Keadaan Mati Total

Baterai Laptop Harus Ganti – Membiarkan laptop dalam keadaan mati total sangat berbahaya bagi laptop dan baterainya. Mungkin jika kita sering bermain game atau menonton film dan kita lupa waktu, lalu baterainya habis, itu akan menjadi masalah. Karena dengan sering melakukan hal itu komponennya akan rusak secara perlahan dan akhirnya menjadi rusak permanen.

Alangkah baiknya jika kita menggunakan fitur windows yang sudah bisa memberikan kita warning jika baterai sudah berada di kisaran 20%. Hal ini akan mempermudah kita dalam melihat kapasitasnya di saat kita sedang asik dengan game atau dengan film.

5.Baterai Sering Dilepas

Ternyata kebiasaan sering melepas baterai laptop adalah kebiasaan yang sangat merugikan. Karena jika kita langsung mengaliri laptop dengan listrik, hal ini akan merusak kapasitas motherboard dalam menerima tegangan. Lalu ketika sudah rusak, baterai yang di pasang pun menjadi tidak berguna lagi dan akan ikutan rusak karena hal tadi. Oleh karena itu harap jangan di lepas ya, karena dia juga sebagai pengaman laptop juga kok.

Kesimpulan

Selesai sudah pertemuan Admin dengan Sobat CMT kali ini. Untuk bisa mendapatkan informasi tentang teknologi terbaru, tetap ikuti website Comtelindo ya Sobat CMT. Jangan lupa juga untuk follow Instagram kami.

Happy Reading πŸ˜€

1 komentar untuk “Ciri Ciri Baterai Laptop Harus Ganti”

  1. Ping-kembali: 11 Bapak Teknologi Dunia (PART 1) - Comtelindo

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *