Fungsi Wifi dan Cara Kerjanya

11 Bapak Teknologi Dunia (PART 1)

11 Bapak Teknologi Dunia

Bapak Teknologi Dunia – Selamat pagi Sobat CMT. Apakah kalian sedang bosan hari ini? Tenang saja Sobat, kali ini Admin akan memberikan informasi tentang 11 orang laki laki tangguh penemu teknologi. Mungkin ini hanya beberapa dari ribuan penemu hebat ya Sobat. Tapi setidaknya kita tau garis besarnya.

Mari simak ulasannya.

1.Al Khawarizmi – Bapak Aljabar

Bapak Teknologi Dunia – Pertama, ada Al Khawarizmi. Al Khawarizmi adalah salah satu penemu dasar dari teknologi. Yaitu penemu Aljabar. Aljabar sendiri sangat berpengaruh di dunia teknologi sekarang ini. Dengan karyanya yang di abadikan lewat buku Al-Jabr, beliau menemukan konsep yang sering kita dengar dengan sebutan Aljabar. Buku itu berisi tentang persamaan linear dan kuadrat. Selain tentang persamaan linear dan kuadrat, beliau juga menjelaskan dan mempopulerkan kembali penggunaan angka 0 (nol). Tidak hanya itu, sistem notasi desimal dan tanda pengkalian dua pun dapat beliau populerkan dan jelaskan kepada dunia.

Selain mempopulerkan angka 0 (nol), sistem notasi desimal, dan pengkalian dua, beliau juga memperkenalkan tanda negatif pada suatu bilangan. Dengan banyaknya karya yang beliau buat, membuat perkembangan jaman bisa semakin maju dengan banyak inovasi dari penerusnya.

Sedangkan untuk konsep dasar alogaritma, pembahasan aturan-aturan, aritmatika menggunakan bilangan Hindu-Arab dan solusi sistematis juga adalah bagian dari sekian banyaknya karya yang beliau ciptakan.

Di Bumi, ilmu dari Al Khawarizmi sangat berguna. Sebagai contoh saja seperti pembuatan peta dunia. Ilmuan jaman sekarang saja menggunakan dasar dari beliau untuk membuat peta dunia yang sekarang. Mereka melihat dari karya beliau dari buku Sūrat Al-Arḍ agar bisa menciptakan model peta dunia bagi kepentingan geografi. Tidak hanya peta, penunjukan waktu dari bayangan sinar matahari pun adalah karya dari Al Khawarizmi. Hai itu adalah pencetus terciptanya jam di jaman sekarang. Sangat menakjubkan bukan.

Selain itu, membuat tabel perhitungan astronomi untuk mengukur jarak dan kedalaman bumi juga salah satu karya nya. Tabel ini juga menjadi dasar untuk penelitian di bidang astronomi. Sehingga dari Bumi hingga luar angkasa, semua berawal dari beliau. Respect.

2.Vint Cerf & Robert Kahn – Bapak Internet

Bapak Teknologi Dunia – Apakah kalian sudah melihat artikel Admin yang sebelum sebelumnya? Admin sering menceritakan tentang internet. Tapi belum sempat menceritakan tentang siapa penemu internet. Vint Cerf & Robert Kahn adalah yang menciptakan internet. Maka dari itu, mereka berdua layak disandang dengan gelar Bapak Internet. Yang berarti Penemu Internet Pertama.

Awal mula mereka bertemu adalah ketika tahun 1970. Berawal dari  Vint Cerf sang developer protocol ARPANET Network Control Program (NCP) bergabung dengan koleganya yakni Robert Kahn dari Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA). Mereka berdiskusi dan mencoba memberikan terobosan baru bagi dunia. Akhirnya terciptalah TCP / IP – Transmission Control Protocol / Internet Protocol. TCP / IP – Transmission Control Protocol / Internet Protocol adalah protokol komunikasi yang sangat fundamental di dunia internet. Berawal dari sini mereka lalu mendapatkan banyak penghargaan karena telah berjasa dalam terciptanya pengenalan internet di dunia luas.

BACA JUGA: Ciri Ciri Baterai Laptop Harus Ganti

3.Tim Berners Lee – Pencipta World Wide Web / WWW

Bapak Teknologi Dunia – Siapa sih yang tidak tau dengan WWW atau World Wide Web? Pastinya semua sudah tau yaa. Lalu apakah kalian tau siapa penemu pertama kalinya? Ya, tebakan kalian benar. Tim Berners Lee lah yang menemukan WWW atau World Wide Web. Ia menyusun sebuah sistem untuk mengorganisasi, menghubungkan dan menjelajah dunia maya dalam komputer. Ia menciptakan program ini ketika masih bekerja di CERN di Jenewa.

Dengan mudahnya mencari informasi di jaman sekarang dengan internet, semua informasi dapat kita peroleh dari seluruh dunia. Hal itu dikarenakan karya dari Tim Berners Lee. Dengan karyanya kita dapat berselancar di dunia maya saat ini.

Bahkan tidak hanya penemu WWW atau World Wide Web saja, dia juga yang membuat browser dan server web pertama di dunia. Dengan segala karyanya yang sangat berpengaruh di kehidupan sekarang ini, dia tetap rendah hati dan tidak sombong. Ini yang yang dapat kita contoh ya Sobat CMT. Ia sekarang menjabat sebagai direktur World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang bermarkas di Boston, tempat di mana dia mendedikasikan diri sebagai akademisi

Bahkan, ia tidak mempatenkan World Wide Web sehingga kita bisa menggunakannya secara bebas hingga sekarang. Respect.

4.Alan Turing – Bapak Komputer Modern

Bapak Teknologi Dunia – Manusia jenius asal Inggris ini bernama Alan Turing. Ia merupakan orang pertama yang memiliki gagasan tentang penggunaan komputer untuk berbagai keperluan manusia. Awal penggunaan komputer tidak di desain untuk keperluan manusia banyak. Dahulu komputer hanya untuk keperluan suatu negara atau instansi yang berkepentingan karena ukurannya yang sangat besar dan rumit pemakaiannya.

Dahulu ketika perang dunia ke 2, Alan Turing ikut membantu pihak sekutu untuk memenangkan perang dengan Nazi Jerman. Nazi adalah kelompok yang cukup berpengaruh di Eropa pada perang dunia ke 2. Alan Turing mampu membantu memenangkan perang karena ia dapat menemukan mesin yang dapat membongkar kode rahasia yang dimiliki oleh Nazi kala itu. Itu adalah pencapaian yang cukup heroik

Setelah perang dunia ke 2 telah usai, Alan Turing berfikir untuk bisa mengembangkan mesin yang mampu mengolah informasi lebih baik lagi. Dengan pencapaian pencapaiannya tersebut, akhirnya Alan Turing mampu mengembangkan mesin yang nantinya akan menjadi dasar dari kecerdasan buatan alias Artificial Intellegence (AI).

5.Charles Babbage – Bapak Komputer

Bapak Teknologi Dunia – Berikutnya ada Charles Babbage di bidang yang notabene masih sama dengan poin 4 yakni Bapak Komputer. Ia adalah salah satu orang yang berperan cukup penting di dunia teknologi ini. Dengan karyanya yang utama adalah komputer.

Sama dengan Alan Turing, Charles Babbage juga merupakan pria kelahiran Inggris. Ia adalah penemu gagasan utama sebuah mesin yang dapat di program oleh manusia. Yang akhirnya bisa di sebut dengan nama komputer di jaman sekarang.

Gagasan ini menjadi landasan utama dari terciptanya komputer. tetapi ia tidak sendiri, ada salah satu tokoh wanita yang membantunya kala itu. Yaitu Ada Lovelace. Dia adalah salah satu tokoh teknologi dunia wanita yang cukup berpengaruh.

Pemicu sebenarnya kenapa Charles Babbage ingin membuat mesin itu adalah karena matematikawan asal Inggris ini menganggap bahwa manusia masih banyak melakukan kesalahan dalam perhitungan. Lalu gagasannya tetap hidup dengan banyak penerusnya yang membantu menciptakan impiannya seperti sekarang ini.

Kesimpulan

Bapak Teknologi Dunia – Tidak terasa Admin harus mengakhiri pertemuan kita kali ini. Tapi tenang saja, Admin akan meneruskan artikel ini di kemudian hari pada judul 11 Bapak Teknologi Dunia (PART 2).

Tetap ikuti terus artikel di web utama Comtelindo untuk mendapatkan informasi terkait teknologi terkini. Jangan lupa untuk follow akun Instagram kita juga yaa.

Happy Reading 😀

1 thought on “11 Bapak Teknologi Dunia (PART 1)”

  1. Pingback: 11 Bapak Teknologi Dunia (PART 2) - Comtelindo

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *