Fungsi Wifi dan Cara Kerjanya

11 Bapak Teknologi Dunia (PART 2)

11 Bapak Teknologi Dunia (PART 2)

Hai Sobat CMT, bertemu lagi dengan Admin di sini. Sesuai janji Admin kemarin pada artikel sebelumnya dengan judul 11 Bapak Teknologi Dunia (PART 1), Admin akan menuliskan sisa dari artikel kemarin.

Simak ulasannya.

6.Bill Moggridge & Adam Osborne – Bapak Laptop

Bapak Teknologi Dunia – Kali ini hal yang membingungkan datang kemari. Karena menurut beberapa sumber ada yang mengatakan bahwa penemu laptop pertama adalah Bill Moggridge. Tetapi ada juga beberapa sumber yang mengatakan bahwa penemu laptop adalah Adam Osborne. Admin akan memberikan beberapa informasi menurut sumber terpercaya.

Bukan tanpa alasan, Bill Moggridge bisa di katakan sebagai penemu laptop tidak lain adalah karena dia merupakan orang yang mendesain laptop pertama bernama GRiD Compass.

Sedangkan untuk Adam Osborne adalah penemu Laptop Osborne 1 yang di anggap sebagai komputer portable dan komersil pertama.

Terlepas dari berbagai perdebatan, menurut Admin kita harus berterimakasih kepada mereka karena dengan adanya mereka, kita bisa menggunakan teknologi yang bernama laptop sekarang ini.

Meski terjadi perbedaan pendapat tentang keduanya, baik Moggride atau Osborne tetap menjadi orang yang berjasa dalam dunia teknologi berkat temuan atau terobosan yang sudah mereka buat.

7.Bill Gates – Pendiri Microsoft Windows (Sistem Operasi)

Bapak Teknologi Dunia – Siapa yang tidak tau tentang Bill Gates? Mantan orang terkaya di dunia ini adalah penemu dari Sistem Operasi yang bernama Microsoft Windows. Sistem operasi ini telah digunakan hampir oleh setiap orang di seluruh dunia.

Meskipun bukan orang pertama yang membuat sistem operasi, Windows-nya telah membantu banyak pengguna komputer pribadi. Bill Gates di anggap menjiplak Graphic User Interface (GUI) yang di kembangkan oleh Apple, di mana Apple sendiri juga di anggap menjiplak Xerox PARC. Walaupun begitu, jika bukan karena Bill Gates dan perusahaan Microsoft miliknya, mungkin kita tidak akan bisa mengoperasikan komputer dengan mudah seperti sekarang.

8.Ray Tomlinson – Bapak E-Mail

Bapak Teknologi Dunia – E-mail adalah surat elektronik yang dapat membantu kita dalam segala hal. Sebelum ada email, manusia menggunakan bantuan burung merpati untuk mengirim surat kepada orang yang mereka tuju. Tetapi setelah majunya jaman, manusia menggunakan pos untuk bisa saling berkirim kabar kepada sanak saudaranya. Dengan bantuan teknologi sekarang, mengirim surat bisa dari mana saja kepada siapa saja dan di mana saja.

Dan apakah kalian tau siapa penemu dari E-mail tersebut? Dia adalah Ray Tomlinson. Saat itu, Ray berkuliah di Massachusetts Institute of Technology. Lalu bekerja di perusahaan Bolt Beranek and Newman, yang sekarang bernama Raytheon BBN Technologies. Di sana, Ray menemukan cara mengirim pesan antara orang satu dengan lainnya di komputer dan server berbeda. Program itu bekerja di jaringan komputer ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), cikal bakal internet.

Penemuan tahun 1971 itu diakui secara luas sebagai awal mula email. Selain itu, ia juga dikenal sebagai penemu lambang @.

9.Martin Cooper – Bapak Handphone

Bapak Teknologi Dunia – Handphone atau telepon genggam adalah hal yang sangat “wah” pada jaman Admin masih kecil. Karena waktu itu pengguna telepon genggam sangat sedikit. Dulu orang orang harus ke wartel (warung telepon) jika tidak memiliki telepon rumah. Harus mengantri di minggu pagi demi bisa mendapatkan kabar dari para sanak saudara nan jauh di sana.

Martin Cooper adalah salah satu inovator evolusi telepon genggam. Yang saat ini dikenal dengan smartphone. Dengan adanya telepon, dia menggagas ide dan menciptakan suatu alat yang dapat di bawa kemana mana. Ia adalah pelopor dalam industri komunikasi nirkabel, terutama di bidang spektrum radio. Pengetahuannya di bidang ini sangat membantunya mengembangkan handphone.

Berawal dari tahun 1970, Martin menjabat sebagai manajer umum Motorola’s Communications Systems Division. Bersama timnya, dia mengembangkan ponsel pertama yang kelak dinamakan sebagai Motorola Dyna-Tac. Martin juga mendapat kehormatan untuk melakukan panggilan pertama di ponsel portable tersebut pada 3 April 1973. Kini, lelaki berkebangsaan Amerika Serikat itu menjadi CEO sebuah perusahaan bernama ArrayComm Inc. Berkat penemuannya ini, ia dianggap sebagai bapak teknologi.

10.Ralph H. Baer – Bapak Video Game

Bapak Teknologi Dunia – Hayoo siapa yang sering main game di sini? Haha Admin juga sering main game kok. Mulai dari game console, game online, hingga ke game mobile. Semua kenangan itu tidak akan mudah hilang saat ini. Tapi jika kita bicara tentang game sepertinya tidak afdol jika tidak membahas Ralph H. Baer. Siapa kah dia? Dan kenapa harus di bahas di dalam game?

Baer pindah dari Jerman ke Amerika Serikat sebelum perang dunia kedua. Di sana, ia bekerja di bidang industri elektronik dengan beberapa jabatan, termasuk insinyur. Namanya adalah Brown Box yang teknologinya di lisensi pada perusahaan bernama Magnavox. Pada tahun 1966, ia mendapatkan ide untuk bermain game dengan memanfaatkan layar televisi dan mendapatkan dukungan dari atasannya saat itu.

Ia berhasil menyelesaikan prototype yang di beri nama Magnavox Odyssey. Bisa dibilang, inilah kakek buyut dari semua konsol-konsol game terbaik, mulai PlayStation hingga Nintendo. Selain itu, ia memiliki lebih dari 150 paten yang kebanyakan seputar permainan dan industri video game. Maka tak salah julukan Bapak Video Game tersemat padanya. Pada tahun 2006, dia mendapat penghargaan bergengsi National Medal of Technology yang di serahkan presiden Amerika Serikat kala itu, George W. Bush.

Penghargaan diberikan berkat jasa-jasanya mempelopori teknologi konsol video game. Dia meninggal dunia tahun 2014.

11.BJ. Habibie – Bapak Teknologi Indonesia

Bapak Teknologi Dunia – Yang terakhir kita harus bangga dengan Indonesia, Negara kita tercinta. Karena dari negara ini lahirlah seorang jenius dengan nama Bacharudin Jusuf Habibie. Biasa kita mengenalnya dengan BJ Habibie. Setiap langkah hidupnya pernah di abadikan lewat film layar lebar yang pernah tayang di Indonesia ini.

Beliau juga merupakan Presiden Republik Indonesia yang ke-3. Dan merupakan bapak teknologi yang dimiliki oleh Negara ini. Setiap karyanya sangat berpengaruh dalam bidang industri teknologi di dunia. Terutama di industri bidang penerbangan.

Siapa yang tidak tau nama Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie di Jerman? Bahkan di Jerman pun beliau sangat di hormati dan di segani. Saking cintanya dengan Republik Indonesia, beliau menolak untuk di naturalisasi oleh Jerman.

Beliau sudah sangat lekat hubungannya dengan pesawat. Masalah penerbangan, BJ Habibie lah sang juaranya. Bahkan Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie pernah mengajak masyarakat Indonesia untuk saling bahu membahu menggalang dana agar Indonesia memiliki pesawat sendiri yaitu pesawat dengan kode R80.

Presiden ke-3 Republik Indonesia, Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, telah wafat pada Rabu, 11 September 2019 pada jam 18.05 WIB di usia 83 tahun.

Semoga segera ada penerus dari jenius dari Indonesia ini yang dapat mengharumkan nama Negara di kancah Dunia.

Kesimpulan

Bapak Teknologi Dunia – Selesai sudah pertemuan Admin dengan Sobat CMT kali ini. Tetap ikuti artikel di web utama Comtelindo untuk mendapatkan informasi tentang teknologi terbaru yah. Jangan lupa juga untuk follow Instagram kami.

Happy Reading 😀

 

2 thoughts on “11 Bapak Teknologi Dunia (PART 2)”

  1. Pingback: 11 Bapak Teknologi Dunia (PART 1) - Comtelindo

  2. Pingback: 11 Bapak Teknologi Dunia (PART 1) - Comtelindo

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *