Mencegah Pengambilan Data Privasi

Bahaya Dari Radiasi Komputer

Bahaya Dari Radiasi Komputer

Hello Sobat CMT. Apa kabar? Semoga semua dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa yaa. Admin kembali nih Sobat CMT. Tapi Admin kali ini akan membahas tentang bahaya dari radiasi komputer. Mungkin terlihat sepele sih, tapi ternyata radiasi komputer / laptop / smartphone lama kelamaan bisa memperburuk keadaan kita lho.

Berada di depan komputer / laptop / smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia jaman kini. Dari bangun tidur, berada di kantor, ketika nongkrong, bahkan ketika ingin kembali tidur pun kita tidak bisa lepas dari itu semua. Lalu masalah yang timbul di sini adalah beberapa masalah kesehatan yang datang karena kita jarang untuk memperhatikan porsi penggunaan gadget kita.

Tentu sangat mengganggu dong. 50%-90% orang di muka Bumi ini mengalami hal yang hampir sama dikarenakan keseringan menggunakan gadget itu. Memangnya apa aja sih bahayanya?

Mari kita simak ulasannya.

Radiasi yang Menyebabkan Pusing di Kepala

Bahaya Dari Radiasi Komputer – Sobat CMT pernah mengalami ini? Merasa sudah makan, sudah tidur cukup tapi kok setiap ingin mengerjakan kerjaan di depan komputer pasti merasa pusing? Itu dikarenakan monitor yang kalian pakai adalah monitor dengan sistem Cathode Ray Tube atau CRT. Monitor ini bekerja dengan cara memancarkan electron electron dengan pola raster. CRT merupakan tabung pembungkus yang terbuat dari kaca dan mengandung susunan penembak electron dan bisa menembakkan berkas electron yang di arahkan kepada layar fluoresen.

Nah jika berkas berkas electron tersebut terkena cahaya, maka layar komputer akan mengeluarkan sinar dengan gelombang yang lebih panjang. Pancaran electron ini memiliki cahaya yang sangat terang dan sangat cepat menghilang. Maka dari itu, pancaran electron harus tetap menyapu layar dengan teratur agar bayangannya dapat terjaga. Jika kalian pernah melihat 60 hertz di keterangan monitor komputer, maksudnya adalah layar itu di refresh sebanyak 60 x / detik.

Mata Akan Lelah Karena Sering Melihat Layar Komputer

Bahaya Dari Radiasi Komputer – Dengan terus di forsirnya mata tanpa ada treatment yang memadai akan membuat mata kita menjadi lelah. Jika kita terus terusan menatap layar komputer, pasti mata akan berair dan mudah lelah. Biasanya yang akan dirasakan ketika mata sudah lelah adalah kepala sakit di bagian depan (lebih tepatnya di belakang mata), bisa juga melihat objek lain menjadi dua, terjadi gatal di bola mata, bahkan jika sudah parah, pandangan pun akan menjadi buram.

Apalagi jika kasusnya adalah anak kecil. Ketika pelajaran tatap muka sudah tidak dilakukan lagi karena bahaya dari Corona-19, anak sekolah banyak yang menggunakan layar komputer sebagai sarana untuk bertemu guru dan teman temannya. Nah ketika itu anak anak biasa melihat layar monitor dengan dekat. Maka dari itu, radiasi dari sinar ultraviolet, sinar x, gelombang elektromagnetik frekuensi rendah, dan gelombang mikro dapat menyebabkan mata merah dan bergetar pada anak sekolah.

BACA JUGA: Jenis VLAN TERLENGKAP!

Mempengaruhi Hormon Melatonin Dalam Tubuh

Bahaya Dari Radiasi Komputer – Hormon melatonin adalah hormon yang berperan utama dalam proses tidur manusia. Atau biasa disebut hormon tidur. Selain berkaitan dengan tidur, melatonin juga berpengaruh dalam efek antioksidan. Hormon melatonin melibatkan ritme sirkadian tubuh. Maksud dari sirkadian tubuh adalah ritme di mana tubuh menyadari rutinitas dari waktu untuk tidur, waktu untuk bangun, dan waktu untuk makan. Oleh karena itu setiap malam kadar hormon ini akan meningkat dan Sobat CMT akan mengantuk.

Lalu kenapa banyak orang yang sulit tidur sekarang? Karena produksi melatonin dapat menurun karena paparan radiasi cahaya. Karena cahaya menjadi salah satu sebab tubuh memberi sinyal untuk tetap terjaga. Maka dari itu, penggunaan komputer / laptop / smartphone yang berlebihan di malam hari dapat menghambat produksi melatonin. Dan akibatnya ritme sirkadian tubuh akan terganggu.

Dalam Waktu yang Lama, Katarak Akan Cepat Datang

Bahaya Dari Radiasi Komputer – Katarak adalah penyakit mata yang menyebabkan mata menjadi keruh dan berawan. Awalnya memang tidak mengganggu karena mungkin kita sudah terbiasa dengannya. Tapi lama kelamaan aktivitas manusia akan sangat terganggu dengan katarak yang mereka idap jika sudah bertahun tahun. Katarak dapat menyebabkan kebutaan permanen tetapi masih dapat diobati dengan operasi.

Penyebab katarak pada umumnya adalah bertambahnya usia manusia. Akibat dari proses penuaan ini, menyebabkan perubahan pada jaringan mata. Semakin bertambahnya usia kita, lensa mata kita akan semakin tebal dan kaku. Hal ini menyebabkan terjadinya gumpalan protein dan mengurangi cahaya yang diterima oleh retina mata kita. Oleh karena itu pandangan kita akan menjadi kabur. Selain penuaan, trauma karena hantaman benda di dalam bola mata juga dapat berpengaruh. Tapi yang paling penting adalah paparan sinar ultraviolet yang mengerikan untuk mata. Seperti sinar ultraviolet untuk aquarium, atau bahkan paparan sinar matahari yang tertuju langsung kepada mata kita akan menyebabkan pandangan mata kita kabur.

Tidak terlepas juga karena sinar yang diberikan oleh komputer / laptop / smartphone. Radiasi sinar yang berbahaya jika terus terusan mata kita terpapar olehnya, bukan tidak mungkin untuk kita menikmati katarak lebih awal. Stay safe Sobat CMT.

Dermatitis Karena Paparan Sinar Radiasi Komputer

Bahaya Dari Radiasi Komputer – Dermatitis pada area sekitar wajah adalah salah satu gangguan kesehatan di karenakan paparan sinar radiasi secara langsung. Hal ini bisa terjadi di karenakan manusia yang duduk di depan komputer selama dua sampai enam jam perhari dengan tingkat kelembaban yang rendah. Gejalanya adalah kemerahan pada kulit area sekitar wajah dan di ikuti oleh terkelupasnya kulit ari dan timbulnya benjolan pada kulit di area sekitar wajah.

Dermatitis ini bisa terjadi karena timbulnya medan magnet yang terjadi antara layar monitor dengan manusia pengoperasi komputer. Dengan adanya medan eloktromagnetik menyebabkan partikel partikel random yang melayang di udara dapat menempel pada kulit dan membuat iritasi. Hal ini yang membuat area sekitar wajah menjadi merah.

Terjadinya Syndrome Carpal Tunnel

Bahaya Dari Radiasi Komputer – Selain paparan sinar radiasi di atas, ternyata ada juga akibat dari terlalu lama berada di depan komputer. Salah satunya adalah Syndrome Carpel Tunnel. Syndrome ini terjadi karena sistem syaraf yang berada di bawah pergelangan tangan kita terhimpit dan terjadi penyempitan. Gejala yang biasanya timbul adalah kesemutan pada jari jari, sakit, seperti terbakar, atau mati rasa pada jari jari tangan. Selain keluhan tersebut, biasanya mereka yang mengalami ini juga mengeluhkan rasa sakit di pergelangan tangan hingga bahu, leher, punggung karena posisi duduk dan lain sebagainya. Jadi seperti kelemahan pada otot tangan. Karena gejala ini dapat hilang dan timbul, sehingga mengganggu penderitanya dalam aktivitas sehari hari. Jadi mohon di perhatikan ya Sobat CMT.

Kesimpulan

Beberapa pembahasan di atas adalah rangkuman dari Admin untuk bahaya dari radiasi komputer. Walaupun kita sekarang lebih sering menghabiskan waktu di depan layar, tapi jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan yaa Sobat CMT. Mungkin di artikel artikel selanjutnya Admin akan membahas bagaimana cara kita melindungi diri dari bahaya radiasi komputer ini.

Jangan lupa untuk tetap ikuti artikel di web COMTELINDO karena kami akan selalu menghadirkan tulisan tulisan perkembangan teknologi.

Follow juga akun Instagram kita yaa.

Happy Reading 😀

1 thought on “Bahaya Dari Radiasi Komputer”

  1. Pingback: 7 Daftar Alternatif Mesin Pencari Selain Google! - Comtelindo

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *