Bahaya Dari Radiasi Komputer

15+ Jenis Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi Yang Ada di Indonesia! (PART 1)

Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi – Hallooo guys, kali ini Admin akan membagikan informasi tentang Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang familiar di Indonesia.

Langsung saja tanpa lama lama, cekidot!

1. Java

Melansir laman Computer, Java adalah salah satu Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dapat di jalankan melalui berbagai jenis platform, mulai dari komputer hingga smartphone.

Jenis Bahasa pemrograman ini di rintis oleh James Gosling ketika ia masih bekerja dengan Sun Microsystems. Inspirasi nama Java sendiri diraih Gosling saat ia sedang menyesap kopi murni yang digiling langsung dari pulau Jawa, Indonesia.

Kini, Java telah menjadi Bahasa pemrograman paling populer dan telah digunakan pada lebih dari 15 miliar perangkat di seluruh dunia.

Tidak hanya itu, seluruh aplikasi berbasis Android juga menggunakan Bahasa pemrograman Java beserta 90% dari perusahaan-perusahaan Fortune 500 untuk pengembangan sistem backend serta aplikasi desktop.

2. C

C

Bahasa pemrograman tingkat tinggi selanjutnya adalah C. C ini dikembangkan dari sekitar tahun 70-an dan cukup populer di Indonesia. Karena, hampir sebagian besar perguruan tinggi jurusan IT, ataupun lembaga kursus pemrograman, menggunakan Bahasa ini untuk dipelajari pertama kali sebelum mempelajari Bahasa yang lain.

C menjadi dasar untuk mempelajari Bahasa yang lain, karena memang Bahasa C ini merupakan¬†“bapak”¬†dari Bahasa pemrograman lain seperti C#, Java, C++, dan lain sebagainya.

C#

Menurut hasil survey dari CodingInfinite menyebutkan bila C# masuk ke dalam jenis-jenis Bahasa pemrograman terpopuler 2020 yang perlu Anda tahu. Pasalnya Bahasa pemrograman ini paling banyak digunakan di dalam framework.

Selain itu, Bahasa pemrograman ini juga bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan seperti mengembangkan aplikasi seluler, dekstop dan machine learning.

Dengan menguasai Bahasa pemrograman ini akan membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan di berbagai proyek yang Anda tangani.

Pada akhir dekade 1990-an, Microsoft membuat program Microsoft Visual J++ sebagai sebuah langkah percobaan untuk menggunakan Java di dalam sistem operasi Windows untuk meningkatkan antarmuka dari Microsoft Component Object Model (COM).

Selanjutnya, terdapat C# dengan popularitas pencarian sebesar 7.28%. C# atau di baca C Sharp menggabungkan prinsip C dan C++ dan di kembangkan oleh Miscrosoft. Jadi Bahasa ini lebih banyak di gunakan pada platform Windows untuk berjalan pada platform .NET. Karena tidak jauh dari C maupun C++, Bahasa pemograman ini juga banyak digunakan untuk pengembangan game video.

Banyaknya operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai ketika menggunakan Bahasa ini, sedangkan bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer.

C# mempunyai beberapa kelebihan yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan seperti flexible, powerful, easy to use.

  • Fleksibel karena Bahasa komputer C# dapat di eksekusi di mesin komputer sendiri atau di transmisikan melalui web dan di eksekusi di komputer lainnya.
  • Powerful yang berarti C# memiliki sekumpulan perintah yang sama dengan C++ yang kaya akan fitur yang lengkap tetapi dengan gaya Bahasa yang lebih di perhalus sehingga memudahkan penggunanya.
  • Easy to use karena C# memodifikasi perintah yang sepenuhnya sama dengan C++ dan memberitahu di mana letak kesalahan kita bila ada kesalahan dalam aplikasi , hal ini dapat mengurangi waktu kita dalam mencari error.

 

C++

Jenis Bahasa pemrograman tingkat tinggi berikutnya yang perlu Anda pahami adalah C++.

C++ merupakan sebuah pembaharuan dari Bahasa pemrograman C yang dikenal sebagai salah satu Bahasa pemrograman tertua di dunia.

Jika di bandingkan dengan C, perbedaan yang paling mencolok dari C++ terletak pada caranya menyelesaikan sebuah masalah.

Menurut Hackr, pada Bahasa pemrograman C, masalah diselesaikan dengan melakukan tahap prosedural, di mana kode akan dibagi pada sub-sub masalah yang lebih kecil.

Sementara itu, penyelesaian masalah pada C++ lebih terpusat kepada obyek, sehingga tiap isu yang di temukan akan di pilah ke dalam beberapa class.

Karena kemampuan mutakhirnya tersebut, Bahasa pemrograman yang di kembangkan oleh Bjarne Stroustrup ini banyak di gunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Adobe dan Mozilla Firefox.

3. Phyton

Dengan beragam peran pentingnya dalam perkembangan data science, Python adalah salah satu jenis Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang wajib Anda pelajari.

Simpel tetapi elegan, Bahasa pemrograman Phyton sudah banyak diterapkan perusahaan, terutama untuk keperluan pengembangan AI atau Artificial Intelligence.

Selain itu, melansir Code Academy, pustaka dokumentasi milik Python banyak membahas visualisasi data dalam jumlah besar menggunakan Matplotlib, Pandas, dan lainnya.

Oleh karena itu, para praktisi dunia teknologi tak ragu untuk memprogram aplikasi desktop menggunakan Bahasa pemrograman satu ini.

Bahkan, karena kemampuan serta kompatibilitasnya yang mumpuni, perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Yahoo!, Instagram, Pinterest, YouTube, hingga Reddit ikut menggunakan Bahasa pemrograman Python pada software mereka.

4. Ruby

Dalam dunia web development, Ruby merupakan salah satu jenis Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang kerap di manfaatkan developer.

Namun, sekarang ini, Ruby di anggap sebagai Bahasa pemrograman yang cocok untuk di pelajari para pemula.

Mengapa demikian? Pasalnya, Bahasa pemrograman tersebut memiliki salah satu komunitas pengguna dengan reputasi yang paling ramah dan membantu.

Selain itu, sintaks di dalamnya juga sederhana dan cukup mudah untuk dipelajari bahkan oleh mereka yang benar-benar baru berkecimpung di dunia programming, sesuai ujaran Full Stack Academy.

5. PHP

Bagi Anda yang sedang mencari Bahasa pemrograman tingkat tinggi untuk website development, PHP bisa menjadi salah satu opsi yang baik.

Bahasa pemrograman yang di kembangkan oleh Rasmus Lerdrorf ini seringkali di gunakan perusahaan sebagai Bahasa komando dalam CMS (Content Management System) mereka.

Salah satu pengguna PHP dengan operasi CMS paling terkenal adalah WordPress. Selain itu, beberapa situs web besar seperti Facebook, Wikipedia, dan Digg juga turut menggunakan PHP.

Dengan Server Side Scripting khusus untuk website serta integrasi database yang gampang di pahami, menurut Simpli Learn, tidak heran jika 80% dari 10 juta website di dunia menggunakan PHP

6. Swift

Apakah di lingkungan kerjamu banyak yang menggunakan sistem operasi iOS serta perangkat Apple? Jika ya, maka Anda perlu mengetahui seluk-beluk Bahasa pemrograman tingkat tinggi, Swift.

Jenis Bahasa pemrograman ini di luncurkan oleh Apple pada WWDC 2014. Komponen fondasi dari Swift terletak pada compiler LLVM dan Xcode.

Berkaitan dengan Apple sebagai perusahaan induk dari Swift, Bahasa pemrograman ini akan menjadi pilihan yang pas jika target audiens perusahaan tempat Anda bekerja adalah pengguna Apple.

Selain produk-produk Apple, salah satu aplikasi terkenal yang menggunakan Swift adalah aplikasi fotografi VSCO Cam.

7. JavaScript

Tahukah Anda? Bahwa jenis Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang di gunakan mesin penelusur seperti Internet Explore dan Opera adalah JavaScript?

Ya, Bahasa pemrograman satu ini memiliki sejumlah tools minimalis yang efektif untuk keperluan sehari-hari, terutama guna memeriksa hasil coding.

Sejarah JavaScript di mulai sekitar tahun 1994, ketika internet dan website sedang mengalami perkembangan yang pesat. Website pada saat itu umumnya di buat menggunakan Bahasa pemograman PERL yang pemrosesannya hanya bisa di lakukan di sisi web server.

Javascript menempati urutan ketiga dengan persentase pencarian 8.2%. Fungsi Javascript termasuk istimewa menurut Admin, karena mampu mengembangkan website yang menarik dan interaktif. Maka banyak saat ini banyak website yang menggunakan Javascript pada kode program di dalamnya. Tidak mengherankan, karena Javascript pada awalnya memang di kembangkan dengan tujuan untuk membuat sebuah website.

Sedangkan Netscape menjadi perusahaan teknologi yang beruntung dapat mengembangkan Javascript dan berguna untuk banyak pengembang sampai dengan saat ini.

Tidak hanya di gunakan untuk membuat website, penggunaan JavaScript juga mengarah ke pengembangan aplikasi mobile, game, dan desktop. JavaScript adalah Bahasa pemrograman yang populer dan tidak asing di kalangan pengembang website.

Kelebihan Javascript seperti tidak membutuhkan resource memory besar (ringan dan kecil), tidak membutuhkan resource memory besar (ringan dan kecil), dinamis, dan mudah untuk dikembangkan.

Sedangkan untuk kekurangannya adalah script yang di gunakan pada Javascript tidak terenkripsi, bukan untuk pengembangan aplikasi stand alone, dan memiliki keterbatasan objek.

Saat ini, untuk hosting yang support JavaScript hanyalah cloud hosting dan VPS. Untuk shared hosting, sebagian besar penyedia web hosting masih belum support.

Kelanjutannya akan Admin teruskan dalam artikel selanjutnya degan judul: 15+ Jenis Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi Yang Ada di Indonesia! (PART 2)

 

Admin ucapkan terimakasih juga kepada para sumber.

Sumber:

1: https://glints.com/id/lowongan/jenis-bahasa-pemrograman/#.YHxRamczbIU

2: https://www.ekrut.com/media/9-bahasa-pemrograman-yang-paling-banyak-dicari

3: https://medium.com/@makersinstitute/bahasa-pemrograman-yang-populer-dan-dibutuhkan-49d592b690c8

4: https://www.exabytes.co.id/blog/13-bahasa-pemrograman-yang-wajib-kamu-kuasai-di-2020/

5: https://www.niagahoster.co.id/blog/bahasa-pemrograman/#Bahasa_Pemrograman_Lainnya

 

 

Ikuti terus perkembangan Teknologi bersama Akun Instagram kita.

2 thoughts on “15+ Jenis Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi Yang Ada di Indonesia! (PART 1)”

  1. Pingback: 15+ Jenis Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (PART 2) - Comtelindo

  2. Pingback: Bahasa Pemrograman Java: Pengertian, Fungsi, Kelebihan... - Comtelindo

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *