Bahaya Dari Radiasi Komputer

Bahasa Pemrograman Java: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan dan Contoh

Pengertian Bahasa Pemrograman Java

Bahasa Pemrograman Java ‚Äď Selamat datang guys. Pada kesempatan kali ini, Admin akan membahas tentang Bahasa. Dari jaman dahulu, demi bisa berkomunikasi antar individu, setiap makhluk hidup menggunakan tanda atau bisa juga gerakan. Dari manusia, hewan, bahkan tumbuhan pun pasti memiliki bahasanya sendiri. Selain berguna untuk membangun strategi dalam berburu makanan, Bahasa juga dapat berguna untuk kegiatan sosial dalam lingkungan masyarakat. Bahkan dengan dalam hal berkembang biak pun, Bahasa memiliki peran sangat penting. Seiring berjalannya waktu, Bahasa dengan menggunakan tanda ini semakin berkembang menjadi suatu suara. Dan setiap kelompok pasti memiliki bahasanya sendiri sendiri.

Singkatnya, Bahasa adalah alat komunikasi setiap makhluk hidup yang ada di setiap belahan Planet ini. Kita sebagai manusia pun juga sama. Contohnya sebagai warga negara Republik Indonesia ini, kita menggunakan Bahasa nasional Bahasa Indonesia. Dengan adanya Bahasa Nasional ini, setiap manusia yang ada di Negara ini akan memahami setiap maksud dari manusia lainnya ketika sedang berkomunikasi dua arah. Bayangkan betapa hebatnya komunikasi dalam berlangsungnya perkembangan jaman.

Dan tentu saja, tidak hanya makhluk hidup yang memiliki Bahasanya sendiri. Bahkan software pun memiliki bahasanya sendiri. Bahasa tersebut dinamakan Bahasa Pemrograman Java.

Bahasa ini merupakan bahasa pemrograman berlevel tinggi. Dengan orientasi yang mengacu pada suatu objek. Bahasa ini banyak menggunakan sintaksis yang ada pada C dan C++ akan tetapi dengan sintaksis yang lebih sederhana. Tidak hanya itu, dukungan rutin aras bawahnya pun juga dapat di press menjadi seminimal mungkin. Java adalah bahasa pemrograman yang sangat umum digunakan dewasa ini, dan di desain secara khusus untuk pengimplementasian seminimal mungkin. Java dapat berjalan di beberapa platform sistem operasi berbeda.

Tulis sekali, jalankan di mana pun“.

Slogan di atas sudah sangat terkenal di kalangan para pemrogram. Saat ini Java merupakan bahasa pemrograman paling populer, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi atau pun aplikasi itu sendiri.

Fungsi Bahasa Pemrograman Java

1. Pertama, Penyempurna dari C++

Bagi anda programmer dan terbiasa dengan bahasa pemrograman C++, anda tidak usah khawatir dengan bahasa pemrograman Java. Karena pada gayanya sudah disesuaikan dengan C++. Bahkan, Anda dapat memperluas kode-kode yang Anda inginkan dari pada melalui C++.

2. Kedua, Adanya Fitur GUI

GUI atau singkatan dari Grafical User Interface adalah salah satu fitur yang ada di dalam Java.

3. Ketiga, Daftar Perpustakaan Lengkap

Bahasa pemrograman Java mempunyai daftar perpustakaan yang cukup lengkap. Dengan adanya ini programmer dapat membuat suatu aplikasi sesuai dengan apa yang diinginkan.

4. Selanjutnya, Terdapat Garbage Collector

Fungsi dari garbage collector ini mampu mengumpulkan ‚Äúsampah‚ÄĚ secara otomatis. Dengan adanya garbage collector ini programmer tidak perlu dibebani dengan adanya memori yang rusak.

5. Lalu Juga Mendukung Native Method

Bahasa ini mendukung native method atau sebuah fungsi di bahasa lain, khususnya C dan C++. Dengan adanya dukungan secara native method ini memungkinkan programer menulis berbagai fungsi yang bisa di lakukan dengan cepat jika di bandingkan fungsi yang lain.

6. Dan Menggunakan Sistem Exception-Handling

Exception-handling ini menyediakan cara untuk memisahkan antara bagian pengamanan kesalahan dan bagian kode normal. Dengan begitu kode tersebut di tuntun ke struktur kode program yang jauh lebih bersih. Jika kesalahan di temukan, maka Java akan membuat exception. Exception ini dapat di tangkap serta di kelola oleh program tanpa memberikan dampak lebih buruk.

7. Berikutnya Dapat di Pakai Pada Sistem Operasi Mana Pun

Seperti yang sudah di jelaskan pada poin 1  jika Java dapat berjalan pada komputer yang menggunakan sistem operasi apapun. Hal ini dapat di lakukan karena Bahasa Java termasuk Platform Independence. Ketika di buat sebuah file, maka file tersebut bisa di jalankan pada perangkat mana pun.

8. Lalu, Pengamanan Cukup Ketat

Pengamanan pada di sini ada tiga lapis. Pengamanan ini tentu saja dilakukan untuk melindungi sistem dari penyalahgunaan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

9. Terakhir, Hanya Fokus Pada Objek

Bahasa pemrograman Java hanya fokus pada Objek . Dengan hanya fokus pada objek, program komputer dapat saling berkomunikasi dalam satu kelompok objek.

10. Bahasa Sederhana

Jika di bandingkan dengan bahasa pemrograman lain, Java bisa di bilang lebih sederhana di banding lainnya. Hal ini karena Java menggunakan sintaksis yang bisa di bilang mirip dengan C++.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Java

1. Berorientasi Pada Objek

Kelebihan terakhir adalah sebagai bahasa pemrograman yang banyak di gunakan adalah karena Java ini lebih berorientasi pada objek. Artinya, setiap aplikasi yang di kembangkan dengan Java dapat di sesuaikan dengan objeknya atau bisa di sesuaikan dengan user interface atau tampilan aplikasi yang di kembangkan tersebut.

2. Lebih Mudah Menyusun Script

Saat menggunakannya, kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan adalah kemudahan dalam mempelajarinya. Saat menyusun sebuah program, seorang programmer harus menggunakan script di dalamnya supaya program tersebut dapat di jalankan.

Script yang di gunakan ini akan lebih mudah di pelajari saat menggunakan Java. Karena itu, programmer pemula pun bisa menggunakan bahasa pemrograman ini untuk membuat aplikasi yang di inginkannya.

3. Mendukung Aplikasi Berorientasi Usability

Java menawarkan kelebihan untuk para programmer yang hendak membuat aplikasi berorientasi usability. Aplikasi yang di buat dengan ini dapat di gunakan pada platform apapun. Hal inilah yang berkaitan dengan kegunaan atau usability dari aplikasi yang di kembangkan tersebut.

4. Mudah Dikembangkan

Kelebihan utama penggunaan Java sebagai bahasa pemrograman adalah karena Java ini lebih mudah di kembangkan. Dengan keunggulannya ini, para pengembang bisa lebih bebas dalam mengembangkan aplikasinya.

5. Multi Platform

Kelebihan paling menguntungkan dari Java adalah karena bahasa pemrograman ini sifatnya multi platform. Artinya, Java ini bisa dipakai di platform apapun dan sifatnya universal. Hal ini sangat memudahkan bagi para pengembang aplikasi saat menggunakannya.

BACA JUGA: 15+ Jenis Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi Yang Ada di Indonesia! (PART 1)

Kekurangan Bahasa Pemrograman Java

1. Menggunakan Memori Lebih Besar

Sudah tidak di ragukan lagi jika Java menawarkan fitur yang sangat beragama dalam pengembangan sebuah program atau aplikasi. Dari kemudahan penyusunan script atau fiturnya yang berorientasi objek, semuanya bisa Anda dapatkan pada Java ini.

Sayangnya, dengan semua fitur tersebut, harus diimbangi pula dengan penggunaan memori yang relatif lebih besar. Karena itu, ketika akan menggunakan bahasa pemrograman ini, para programmer harus siap dengan kapasitas memori lebih.

2. Java Relatif Lebih Mudah Di dekompilasi

Dekompilasi bisa bermakna pengambilan source code. Karena pengambilan source yang relatif lebih mudah ini, menjadi satu kekurangan Java yang cukup dipertimbangkan saat digunakan oleh para programmer.

Contoh Program Java Framework

Ada beberapa framework yang di buat dengan menggunakan Java. Framework sendiri adalah komponen pemrograman yang sudah siap di gunakan kapan saja karena sudah jadi.

Jika Anda ingin membuat website dengan menggunakan Java, berikut ini adalah beberapa contoh framework yang sering di gunakan.

1. JSP (Java Server Page)

JSP ini adalah framework yang lumayan terkenal untuk mengembangkan sebuah aplikasi web. Apabila Anda sudah biasa menggunakan Java, maka saat menggunakan framework ini pun tak akan mengalami kesulitan yang berat.

JSP ini juga memiliki performa yang tergolong baik. Hal ini karena di dalam JSP sudah terjadi proses compile menjadi servlet-class yang siap di jalankan.

2. Vaadin Framework

Framework satu ini dibekali keunggulan dengan adanya kode yang mirip dengan source code pada Java SE. Jika Anda pernah menggunakan swing, maka Anda pun tidak akan mengalami kesulitan yang berarti saat menggunakan Vaadin ini.

3. Spring MVC

Terakhir ada Spring MVC ini adalah framework open source yang sudah di rilis sejak 2003 lalu. Dasar pemrograman yang di gunakan adalah berbasis objek. Tak hanya itu saja, Spring MVC ini juga memungkinkan pengembang untuk bekerja dengan memanfaatkan library atau pun teknologi dari pihak ketiga.

Terimakasih kepada Sumber:

1: https://id.wikipedia.org/wiki/Java

2: https://www.nesabamedia.com/pengertian-java/

3: https://www.zanoor.com/pengertian-java/

Ikuti terus akun Instagram kami untuk mendapatkan informasi tentang teknologi yang terbaru.

 

1 thought on “Bahasa Pemrograman Java: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan dan Contoh”

  1. Pingback: 7 Jenis Jaringan Utama di Komputer Anda! Pengertian, Jenis, - Comtelindo

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *