[:id]Apa Itu Wi-fi ? Berikut Pengertian dan Fungsi Jaringan Wifi[:]

[:id]

Pengertian Wifi

Wireless Fidelity atau Wifi adalah sebuah teknologi jaringan tanpa kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer. Wifi sendiri merupakan pengembangan dari istilah Hi-Fi yang mengacu pada sistem jaringan berstandart IEEE – 802.11. Prinsip kerja jaringan Wifi bisa dibilang sama dengan prinsip kerja jaringan seluler yaitu menggunakan gelombang radio untuk melakukan komunikasi antar perangkat. Perangkat – perangkat yang dimaksut antara lain komputer pribadi, smartphone, pemutar audio digital, konsol permainan video dan lain sebagainya.

Pada tahun 1985 merupakan awal ditemukan teknologi ini, dengan dibuatnya sebuah pita GSM yang pemakaiannya tidak memerlukan lisensi, dan pada tahun 1991 ditemukanlah pendahulu teknologi 802.11 dengan nama WaveLan. Istilah Wifi pertama kali dicetuskan pada tahun 1999 oleh Wi-Fi Alliance, sebuah organisasi non profit yang mencetuskan teknologi Wifi dan sertifikat Wifi dan pada tahun 2010 tercatat ada 375 perusahaan yang terdaftar menjadi anggota organisasi ini.

Kelebihan jaringan komputer yang menggunakan teknologi Wifi adalah lebih simpel, sobat komputer tidak perlu repot untuk instalasi kabel jaringan untuk menghubungkan perangkat – perangkat komputer. Selain itu proses pengiriman data juga lebih cepat asalkan perangkat yang terhubung masih dalam jangkauan signal Wifi. Akan tetapi ada kelemahan dari teknologi ini yaitu sering dibobol oleh orang lain.

 

Fungsi Wifi

a. Penghubung Perangkat Komputer Dalam Jaringan

Fungsi Wifi yang satu ini merupakan yang utama, dengan menggunakan wifi sobat dapat dengan mudah untuk menghubungkan komputer, smartphone serta perangkat mobile lainnya dengan sistem jaringan. Dengan menggunakan jaringan Wifi, sobat komputer dapat dengan mudah menambah dan mengurangi perangkat – perangkat yang akan dihubungkan kedalam jaringan.

b. Sharing Data Dan Internet

Fungsi jaringan Wifi yang satu ini cukup membantu sobat komputer dalam menyelesaikan pekerjaan. Sobat dapat bertukar data dan berbagi akses internet dengan cukup mudah tanpa menggunakan kabel data.

c. Membuat Modem Dari Smartphone

Untuk dapat mengakses internet sobat komputer pasti membutuhkan perangkat jaringan yang disebut dengan modem baik itu modem ADSL atau modem portable. Akan tetapi bagaimana kalau sobat komputer tidak mempunyainya dan hanya mempunyai perangkat smartphone. Dengan teknologi Wifi yang ada di smartphone, sobat dapat menjadikan smartphone sebagai modem dan membagikan akses internet ke perangkat laptop atau smartphone yang lain dengan cukup mudah.

d. Akses Internet Lebih Stabil

Fungsi Wifi yang satu ini merupakan dambaan kita semua, dengan menggunakan Wifi kita dapat menikmati akses internet lebih stabil dibandingkan dengan menggunakan jaringan seluler. Asalkan masih dalam jangkauan signal Wifi.

Bagaimana Cara Wi-Fi Bekerja

Seperti perangkat ponsel, sebuah jaringan Wi-Fi menggunakan gelombang radio untuk mentransmisikan informasi ke dalam jaringan. Komputer yang memiliki adaptor nirkabel akan menerjemahkan data yang telah dikirim dalam bentuk sinyal radio. Sinyal yang sama ini akan ditransmisikan melalui antena, menuju decoder yang dikenal sebagai router. Begitu sinyal tersebut diterjemahkan, data akan dikirim ke jaringan internet melalui sambungan Ethernet.

Karena jaringan nirkabel ini merupakan jaringan dua-arah, data yang diterima dari jaringan internet juga akan melewati router . Tujuannya untuk dikodekan ke dalam bentuk sinyal radio, yang akan diterima oleh perangkat adaptor nirkabel dari sebuah komputer.

Frekuensi Wi-Fi

Sebuah jaringan nirkable akan ditransmisikan pada level frekuensi 2,4 GHz atau 5GHz, sesuai dengan besaran data yang dikirim oleh pengguna. Standar jaringan 802.11 pada umumnya juga akan tergantung pada kebutuhan pengguna.

802.11a akan mentransmisikan data pada level 5GHz. Orthogonal Frequency-Division Multiplexing (OFDM) menggunakan resepsi dengan cara membagi sinyal radio ke dalam ukuran kecil, sebelum sampai pada perangkat router. Anda dapat mentransmisikan data sampai 54 MB per detik.

802.11b akan mentransmisikan data pada level frekuensi 2,4GHz, yang kecepatannya relatif lebih kecil. ANda dapat mentransmisikan data sampai 11 MB per detik.

802.11g akan mentransmisikan data pada level 2,4GHz, tetapi dapat mentransmisikan data sampai 54 MB per detik, jika menggunakan pengkodean OFDM.

Keunggulan dari 802.11n adalah mampu mentransmisikan data sampai 140 MB per detik dan menggunakan frekuensi 5GHz.

Source : https://id.ccm.net/faq/1095-apa-itu-wi-fi-dan-bagaimana-cara-kerjanya

Source : https://www.utopicomputers.com/apa-itu-wifi-berikut-pengertian-dan-fungsi-jaringan-wifi/

[:]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *