[:id]Apa itu UI & UX Designer?[:]

[:id]

Design adalah aliran subjek yang luas dan tidak terbatas hanya pada desain grafis. Peran desain terkait ada di berbagai jenis yaitu, desain grafis, desain tekstil, desain interior, desain fashion, desain keramik, desain cetak dan masih banyak lagi.

Dengan masuknya teknologi yang relatif  baru berfokus pada pembuatan interface untuk layar, oleh karena itu muncullah peran desain baru.

Pekerjaan UX developer dan UI designer yang telah muncul sebagai bagian depan dari peran desain oleh karena itu UI, UX telah familiar oleh para desiner dari luar perusahaan pun.

Perbedaan UI UX

Desain UX mengacu pada desain pengalaman pengguna, sedangkan desain UI adalah desain antarmuka pengguna. Keduanya sangat penting untuk produk TI dan sangat diperlukan kerjasama di keduanya. Walaupun sangat integral satu sama lain, peran UI dan UX sendiri sangatlah berbeda juga melibatkan proses yang berbeda.

UX (User eXperience)

UX kepanjangan dari User Experience yang berarti ‘pengalaman user’. UX desiner adalah pekerjaan yang terbilang masih relatif baru, sehingga banyak perusahaan yang baru menyadari bahwa mereka membutuhkan UX desiner untuk menarik pelanggan dan mempertahankannya.

Yang membingungkan adalah pada namanya : UX designer. Bagi banyak orang kata ‘desain’ dikaitkan dengan kreatifitas, warna, grafik, padahal definisi UX desiner yang sebenarnya terletak pada fungsionalitas dan proses di balik pembuatan produk yang memberikan pengalaman tanpa batas bagi yang menggunakannya.

Pekerjaan UX desainer mungkin terlihat misterius pada awalnya (“Tidakkah kalian membuat grafik?”) dan yang paling membingungkan adalah (“Kenapa setiap desainer baru, harus mewawancarai orang-orang?”)

Untuk mengetahui siapa target pelanggan, dan bagaimana membuat pengalaman mereka dengan produk menjadi yang paling berguna atau ‘menyenangkan’ adalah tanggung jawab tim desain UX.

Oleh kerena itu fungsionalitas, kegunaan dan kemampuan beradaptasi pengguna menempati peringkat tertinggi dalam prioritas mereka pada produk. Itulah mengapa mereka harus mewawancarai orang-orang, menganalisa produk, untuk calon pengguna sebelum produk digunakan.

UI (User Interface)

“User Interface itu seperti candaan. Jika kamu harus menjelaskannya, itu akan jadi aneh“

UI adalah kepanjangan dari User Interface yang berarti ‘antarmuka pengguna’.

Kita semua tahu bahwa sebuah pesawat dapat diterbangkan dari kopkitnya. UX adalah untuk menerbangkannya, tetapi kontrolnya diatur sedemikian rupa sehingga tidak intuitif ( memiliki UI yang rumit)

Membuat UI yang hebat adalah tantangan, terutama jika itu harus intuitif. Jika ditanya apakah orang-orang menyukai hp Samsung atau Iphone? Hasil riset, kebanyakan orang lebih menyukai Iphone. Padahal kedua brand mempunyai pengalaman produk dalam bentuk hp, tapi kenapa banyak orang lebih memilih salah satunya?

Ketika salah seorang ditanya alasannya kenapa dia lebih memilih Iphone dibanding hp Samsung akan susah menjelaskannya bahkan tidak tau harus menjawab apa. Dari titik ini proses UI di kembangkan dari “ini saja” , “Ini saja bekerja” , “Ini lebih simple” , “Aplikasi-aplikasi apple mempunyai penglihatan dan pengalaman yang lebih konsisten”.

UI Apple terhubung dengan UX dengan sangat baik, UI bahkan hampir tak terlihat disana. Semakin UI tak terlihat, semakin intuitif  pengalaman produk tersebut.

“Sesuatu yang terlihat bagus tapi sulit digunakan adalah contoh UI yang bagus dan UX yang tidak bagus. Sesuatu yang sangat mudah digunakan tapi terlihat berantakan adalh contoh UX yang bagus dan UI yang tidak baik”

Ketika kamu befikir, pemahaman UI dan UX tidak semunya benar dimata para pengguna. Tapi jika salah satu dari UI maupun UX tidak baik (berat sebelah), juga tidak akan dipandang baik. Keduanya harus bercampur, berkerja sama agar dapat menciptakan produk yang baik.

source:

https://hackernoon.com/what-is-ui-ux-design-1f01e9dbbf02
[:]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *