[:id]Apa Itu Invoice? Mengenal Tentang Invoice.[:]

[:id]

Pengertian Invoice

Pengertian Invoice adalah suatu dokumen yang digunakan sebagai pernyataan penagihan yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli dimana invoice tersebut berisi tentang perincian item yang dibeli, harga satuan dan total harga, serta tanggal pembeliannya.

Pada umumnya invoice/ faktur dibuat dalam tiga rangkap, dimana satu lembar copy untuk pembeli bila telah melunasi tagihan, satu lembar copy untuk arsip bagian penjualan, dan satu lembar copy untuk laporan bagian keuangan. Lembar invoice tersebut merupakan bukti transaksi penjualan yang dilakukan secara kredit.

Semua perusahaan atau bisnis membutuhkan invoice/ faktur, baik itu perusahaan dagang maupun perusahaan jasa, sebagai dokumen penagihan resmi kepada pelanggan mereka.

Fungsi Invoice

Fungsi dari invoice maupun faktur tidak jauh berbeda. Yang lain hanyalah satu fungsi invoice yaitu sebagai alat bukti pembelian sekaligus sebagai surat penagihan hutang pembelian. Berikut listnya, yaitu:

  • Kumpulan data mengenai barang/ jasa yang dibeli konsumen
  • Sebagai informasi tagihan yang harus dibayar
  • Menjadi rujukan yang sah jika barang/ jasa akan dijual lagi
  • Sebagai rekomendasi ketika menambahkan transaksi ke pembukuan
  • digunakan sebagai rujukan yang resmi sebagai faktur pajak

Mengenal Jenis-Jenis Invoice

Ada 3 jenis invoice yang umum digunakan dalam bisnis atau perusahaan. Berikut jenis-jenis invoice beserta penjelasannya. 

Invoice biasa

Invoice biasa banyak ditemukan dalam transaksi sehari-hari karena sifatnya yang sederhana. Sebuah invoice biasa umumnya memuat mengenai perincian item yang dibeli/pesan, jumlah, harga satuan barang/jasa, serta total harga yang harus dibayar. 

Invoice konsuler

Invoice konsuler merupakan faktur yang diberikan saat melakukan transaksi internasional. Jadi, bila Anda melakukan aktivitas ekspor-impor harus dilengkapi dengan invoice jenis ini. Dalam praktiknya, invoice konsuler harus disahkan serta mendapat izin dari negara yang menerima impor dan kedutaan negara asal pengekspor. 

Invoice proforma

Apabila barang yang dibeli nantinya dikirimkan secara bertahap, maka penjual akan memberikan invoice proforma sebagai invoice sementara. Setelah seluruh barang yang dipesan/dibeli dikirim secara keseluruhan, maka penjual akan mengganti invoice proforma dengan invoice biasa. 

Itulah penjelasan mengenai apa itu invoice, fungsi, dan jenis-jenisnya. Bagi Anda yang baru mendirikan sebuah usaha, selalu teliti dalam pembuatan invoice karena invoice dapat membantu Anda dalam memantau buku piutang perusahaan. 

Tips penting saat pembuatan invoice adalah dengan membuat invoice berdasarkan nomor urut cetak. Guna menghindari nomor urut ganda, Anda bisa memanfaatkan software akuntansi yang bisa menerbitkan invoice dengan nomor urut cetak secara komputerisasi sehingga dapat meminimalisasi terjadinya human error. 

Apabila membutuhkan pinjaman modal usaha, Anda dapat mengajukannya melalui perusahaan Fintech Lending seperti platform Peer to Peer (P2P) Lending Akseleran. Dengan memiliki invoice yang resmi, Anda juga bisa mengajukan pinjaman seperti invoice financing.

Source: https://www.maxmanroe.com/vid/finansial/akuntansi/pengertian-invoice.html

[:]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *