[:id]AKUNTANSI[:]

[:id]


Pengertian, Bidang & Peran, Tujuan, Fungsi, & Manfaat Akuntansi.

  • Pengertian Akuntansi

Pengertian Akuntansi adalah suatu proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta berbagai aktivitas yang terkait dengan keuangan. Dengan adanya akuntasi maka akan memudahkan seseorang dalam mengambil keputusan serta tujuan lainnya.

Bicara tentang akuntansi sudah pasti berkaitan dengan angka-angka dan perhitungan rumit sebagai bentuk pencatatan transaksi. Secara umum akuntansi dibutuhkan dalam bisnis sebagai pelaporan keuangan perusahaan.

Pembuatan laporan akuntansi dapat digunakan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan perusahaan sesuai hasil analisis akuntansi. Pengertian akuntansi secara lebih dalam akan dibahas pada artikel ini termasuk fungsi dan bidangnya.

  • Bidang Dan Peran Akuntansi

Akuntan biasanya bekerja di salah satu dari dua bidang utama. Manajemen akuntan menyediakan informasi dan analisis untuk pengambil keputusan dalam organisasi dalam rangka untuk membantu mereka menjalankannya. akuntan keuangan memberikan informasi kepada individu dan kelompok baik di dalam dan di luar organisasi untuk membantu mereka menilai kinerja keuangannya.

Dengan kata lain, akuntansi manajemen membantu Anda menjaga bisnis Anda berjalan sementara akuntansi keuangan memberitahu Anda seberapa baik Anda menjalankan itu.

  1. Manajemen Akuntansi

Akuntansi manajemen memainkan peran kunci dalam membantu manajer melaksanakan tanggung jawab mereka. Karena informasi yang diberikannya dimaksudkan untuk digunakan oleh orang-orang yang melakukan berbagai macam pekerjaan, format pelaporan informasi fleksibel.

2.Akuntansi Keuangan

     Akuntansi keuangan bertanggung jawab untuk mempersiapkan laporan-termasuk keuangan organisasi laporan laba rugi, laporan ekuitas pemilik, neraca, dan laporan arus-yang cash meringkas kinerja masa lalu perusahaan dan mengevaluasi kondisi keuangan saat ini.

  • Tujuan Akuntansi

Ada beberapa tujuan akuntansi sebagai berikut:

  1. Memberikan informasi mengenai keuangan, baik itu aktiva maupun passiva perusahaan.
  2. Menyediakan informasi mengenai perubahan pada berbagai sumber ekonomi (netto) perusahaan.
  3. Memberikan informasi keuangan perusahaan yang dapat membantu dalam pembuatan estimasi potensi keuntungan perusahaan.
  4. Memberikan informasi mengenai perubahan pada berbagai sumber ekonomi perusahaan, baik itu aset, hutang, serta modal.
  5. Menyediakan informasi lainnya terkait laporan keuangan untuk membantu pengguna laporan tersebut.
  • Fungsi Akuntansi

Ada beberapa fungsi akuntansi ini antara lain:

  1. Pemegang saham, informasi dari akuntansi keuangan memungkinan mereka menilai kemampuan perusahaan untuk membayar deviden.
  2. Investor, akuntansi keuangan mampu membuat investor berpikir dalam penanaman modal yang akan dikeluarkan. Penanaman modal sangat rentan terhadap risiko, oleh karena itu mereka membutuhkan informasi data keuangan apakah dana yang diinvestasikan layak atau tidak.
  3. Supplier, informasi akuntansi keuangan berguna untuk penilaian mereka apakah tagihan penjualan mereka bisa dibayar oleh pihak perusahaan ketika jatuh tempo.
  4. Pemerintah, informasi akuntansi keuangan berguna untuk penetapan kebijakan pajak yang harus dibayar dan data statistik pendapatan nasional.
  5. Pembayaran pajak, Pajak perusahaan wajib dibayarkan kepada pemerintah karena itu termasuk kewajiban perusahaan, Jika tidak membayar pajak maka perusahaan ditutup izin usahanya oleh pemerintah. Untuk menghitung besaran pajak perusahaan diperlukan ilmu akuntansi untuk menyusun laporan keuangan yang menjadi dasar perhitungan pajak berdasarkan laba tahunan pada akhir tahun. Fungsi akuntansi keuangan bisa dirasakan untuk keperluan perusahaan.
  6. Untuk menghitung laba rugi perusahaa, Badan usaha atau perusahaan pasti didirikan untuk mencapai keuntungan yang sudah ditargetkan setiap tahun sehingga akuntansi dibutuhkan untuk mencatat semua transaksi keuangan sekecil apapun sehingga semua kegiatan yang telah dilakukan oleh perusahaan dalam mencapai target terlihat dengan jelas. Jika ada oknum yang tidak jujur dalam melakukan kegiatan atau transaksi keuangan juga bisa terlacak. Fungsi akuntansi biaya berperan untuk keperluan perusahaan dalam hal ini.
  • Manfaat Akuntansi

Manfaat Akuntansi Dibedakan Menjadi Dua Yaitu Manfaat Secara Umum & Khusus.

  1. Umum

Secara umum, terdapat 3 manfaat akuntansi sebagai berikut:

  • Untuk mendapatkan informasi ekonomi yang akurat sehingga pemakai dapat mengambil keputusan dengan tepat.
  • Untuk memberikan pertanggungjawaban manajemen kepada para pemilik perusahaan.
  • Untuk mengetahui perkembangan perusahaan dari tahun ke tahun (maju mundurnya perusahaan).
  • Khusus

Secara Khusus, beberapa manfaat akuntansi sebagai berikut:

  • Memberikan informasi keuangan yang dapat dipercaya mengenai posisi keuangan perusahaan.
  • Memberikan informasi yang dapat dipercaya mengenai perubahan dalam aktiva neto (aktiva dikurangi kewajiban) suatu perusahaan yang timbul dari kegiatan usaha dalam rangka memperoleh laba.
  • Memberikan informasi keuangan yang membantu para pemakai laporan untuk menaksir potensi perusahaan dalam menghasilkan laba.
  • Memberikan informasi penting lainnya mengenai perubahan dalam aktiva dan kewajiban suatu perusahaan, seperti informasi mengenai aktivitas pembiayaan dan investasi.
  • Mengungkapkan sejauh mungkin informasi lain yang berhubungan dengan laporan keuangan yang relevan untuk kebutuhan pemakai laporan, seperti informasi mengenai kebijakan akuntansi yang dianut perusahaan.

Source : https://rocketmanajemen.com/peran-akuntansi/

[:]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *