Mencegah Pengambilan Data Privasi

Istilah Istilah Dalam Dunia Internet dan Pengertiannya

Istilah Dasar Internet dan Pengertiannya

Istilah Internet dan PengertiannyaHaloo pecandu dunia maya, kembali lagi dengan Admin di sini untuk membahas hal hal mengenai teknologi. Khusus untuk kali ini Admin akan membahas tentang internet. Segala teknologi di dunia ini telah bersentuhan dengan internet. Kenapa demikian? Karena salah satu fungsinya adalah mendekatkan yang jauh. Dengan begitu, semua orang akan tetap terhubung satu sama dengan yang lain.

Langsung saja ke materi, berikut adalah beberapa istilah dalam internet:

Internet (Interconnection Networking)

Jika membicarakan tentang teknologi, tidak afdol jika tidak membahas tentang apa itu internet. Tentu saja sebagian besar dari pembaca pasti sudah mengetahuinya. Maka dari itu Admin akan mengulas sedikit tentang internet.

Internet

Sebenarnya internet adalah sebuah singkatan. Kepanjangannya adalah Interconnected Network. Artinya, internet adalah teknologi dengan sistem komunikasi antar jaringan komputer di seluruh dunia dengan menggunakan protocol (TCP/IP).

Intranet

Tidak kok, kalian tidak salah baca. Selain internet, kita juga akan membahas sedikit tentang intranet. Intranet adalah milik perusahaan / organisasi/ suatu kelompok yang menginginkan koneksi internal di antara mereka. Jadi untuk para orang luar tidak akan bisa mengakses intranet ini tanpa ijin. Intranet tetap menginduk pada internet. Dengan didasari oleh internet sebagai teknologinya, intranet tetap menjadi keturunan dari teknologi ini.

Ekstranet

Tidak berhenti intranet saja. Admin juga akan membahas tentang Ekstranet. Ekstranet adalah koneksi intranet dari sebuah perusahaan / organisasi/ suatu kelompok yang memiliki keinginan untuk menyalurkan gagasan atau informasi yang mereka miliki ke koneksi jaringan luar dari perusahaan / organisasi/ suatu kelompok tersebut.

Bandwidth

Istilah Internet dan PengertiannyaPernah mengalami betapa lemotnya internet di kantormu? Mungkin itu disebabkan dari bandwidth-nya. Eh tunggu dulu, kenapa bandwidth? Memangnya apa itu bandwidth?

Apakah kalian sering melihat tulisan Mbps? Mbps adalah mega byte per second. Itu merupakan besaran kecepatan dari bandwidth tersebut. Dengan semakin besarnya bandwidth yang ditawarkan kepada konsumen, maka akan semakin ngebut juga internet yang akan kamu jalankan. Tentu saja sangat berguna dalam koneksi kantormu. Semakin cepat internet berjalan, maka akan lebih cepat tugas terselesaikan. Dengan begitu weekend bersama keluarga pun tidak akan terganggu.

LAN (Local Area Network)

Istilah Internet dan PengertiannyaSesuai dengan namanya, jangkauan dari jaringan ini hanya sebatas lingkungan lokal saja. Seperti contohnya di gedung perkantoran, atau di pergudangan suatu perusahaan, atau bisa juga di sekolah, kampus, bahkan rumah tempat tinggal. Kecepatan koneksi yang terjaga hingga 100 Mbps, perawatan yang mudah adalah salah satu kelebihannya. Untuk kekurangannya adalah mungkin jangkauannya yang hanya mencakup lokal area tersebut saja.

Dengan karakteristik yang disebutkan di atas, bisa disimpulkan bahwa jaringan dengan menggunakan LAN memiliki fungsi untuk memberikan koneksi ke beberapa komputer dalam area tertentu. Selain itu, komunikasi antar komputer di area tersebut menjadi lebih mudah. Tidak hanya komunikasi, proses berbagi data atau file tugas dari atasan pun akan terasa lebih cepat dan mudah. Bahkan para pemimpin pun dapat mengevaluasi pekerjaan karyawan dengan cukup leluasa di area tersebut. Dengan adanya hal tersebut, penghematan biaya pun akan sangat terasa di kantor. Tidak hanya biaya, waktu dan tenaga pun tidak akan terforsir lebih banyak. Misalnya seperti pengoperasian printer yang berada di lantai 3 oleh karyawan yang ada di lantai 1.

Komponen yang selalu ada di LAN antara lain adalah workstation, server, link, network interface card, dan network software.

BACA JUGA: Perbedaan Warna CMYK dan RGB

FTP (File Transfer Protocol)

Istilah Internet dan PengertiannyaFTP atau singkatan dari File Transfer Protocol adalah layanan yang berfungsi membuat sambungan ke server. Dengan begitu, setiap karyawan dari perusahaan konsumen bisa mendownload file ke komputer mereka atau bisa juga untuk mengupload file ke server mereka. Dengan media nirkabel, teknologi FTP ini digadang-gadang menjadi layanan internet yang mudah penggunaannya dalam hal mengirim file.

FTP memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya adalah dalam hal keamanan yang cukup ketat. Sehingga pembobolan data memiliki kecil kemungkinan untuk bisa dilakukan. Yang kedua, file yang tersimpan di FTP tidak akan hilang walaupun terhapus dalam komputer. Tidak hanya itu, FTP juga memiliki fitur restore dalam web. Yang ketiga adalah kemudahan dalam memverifikasi pengguna layanan tersebut. Keempat, kemudahan dan efisiensi waktu dalam mentransfer file atau data sudah teruji.

Hosting

Istilah Internet dan PengertiannyaGhosting dan Hosting sangatlah berbeda ya guys. Jika ghosting adalah menghilang setelah sudah terlanjur dekat, maka hosting adalah tempat beradanya file / data milik seseorang atau organisasi yang dapat dikelola melalui bantuan internet.

Berikut ini adalah beberapa bagian di dalam hosting:

Web Hosting

Web hosting berfungsi sebagai tempat menyimpannya file / data milik seseorang atau organisasi yang berada dalam website atau suatu situs.

File Hosting

File hosting berfungsi sebagai tempat menyimpannya file / data yang lain milik seseorang atau organisasi tersebut.

Mail Hosting

Mail hosting berfungsi sebagai tempat menyimpannya file / data E-mail milik seseorang atau organisasi tersebut.

Blog Hosting

Blog hosting berfungsi sebagai tempat menyimpannya file / data blog atau artikel milik seseorang atau organisasi tersebut

Dedicated Internet Access

Istilah Internet dan PengertiannyaDedicated Internet Access atau layanan internet yang terdedikasi hanya untuk perusahaan konsumen dengan besaran rasio satu banding satu dalam hal upload atau download. Hal ini menyebabkan bandwidth menjadi stabil dan lancar. Sehingga pembagian karena banyaknya pemakai dapat dihindari. Dengan konsistennya bandwidth dapat menyebabkan pekerjaan apapun di kantor menjadi lebih cepat terselesaikan.

Media yang biasanya digunakan dalam layanan Dedicated Internet Access adalah fiber optic, radio, atau pun VSAT. Dengan kelebihan di setiap medianya, perusahaan konsumen tinggal menentukan apapun kebutuhannya.

Broadband Internet Access

Istilah Internet dan PengertiannyaSelain Dedicated Internet Access, layanan internet juga memiliki layanan lain yang bersifat universal. Karena dengan Broadband Internet Access ini perusahaan konsumen dapat membagi bandwidth ke setiap pemakainya. Konsumen dari pihak warga sipil juga sering menggunakan layanan internet ini. Karena harga dari layanan ini cukup terjangkau untuk masyarakat luas. Medianya pun bisa menggunakan fiber optic atau dengan radio. Sekali lagi kebutuhan setiap konsumen dapat terserap dengan adanya layanan ini.

Perusahaan Penyedia Layanan Internet Terbaik untuk Bisnis Anda

Istilah Internet dan PengertiannyaSetelah mengetahui informasi singkat tentang istilah internet dan pengertinnya di atas, mungkin sekarang anda telah menentukan layanan internet mana yang cocok untuk bisnis anda. Di tengah keraguan anda dalam memilih suatu layanan internet, kami PT. COMTELINDO yang memiliki alamat di Jalan Letnan Kolonel Pol. HM. Asnawi Arbain nomer 161 RT 30, Kelurahan Sungai Nangka, Kecamatan Balikpapan Selatan, Provinsi Kalimantan Timur hadir dengan memberikan solusi bagi keluh kesah anda sekalian.

Untuk mendapatkan informasi seputar teknologi terbaru dan untuk informasi tentang produk kita, anda dapat memfollow akun sosial media PT. COMTELINDO dan anda juga dapat menghubungi kontak di bawah ini.

Istilah Internet dan Pengertiannya

 

Kontak Comtelindo:

Email: sales@comtelindo.com

Telpon: (0542) 870 6777 (Kantor Utama)

Official Website: www.comtelindo.com

Official Facebook: PT. Comtelindo

Official Twitter: PTComtelindo

Official Instagram: PT. Comtelindo

 

2 thoughts on “Istilah Istilah Dalam Dunia Internet dan Pengertiannya”

  1. Pingback: 10 Aturan Desain User Interface Yang Wajib Kamu Ketahui - Comtelindo

  2. Pingback: Jasa Pasang Internet Di Bontang Paling Murah Tahun 2021 - Comtelindo

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *