[:id]5 Tips Jitu Mengatur Keuangan yang WAJIB Dilakukan[:]

[:id]

Mengatur keuangan bulanan sebenarnya susah-susah gampang. Banyak orang berguru atau sekadar membaca artikel tips mengelola keuangan yang baik dan benar dari para pakarnya secara langsung maupun via online. Itu sah-sah saja mengingat mengatur keuangan sangat bermanfaat bagi masa depan finansial Anda.

Mengatur keuangan bukan saja memperhitungkan setiap pemasukan dan pengeluaran, tapi juga belajar bagaimana cara keduanya berjalan seimbang, tidak besar pasak daripada tiang sehingga menimbulkan defisit keuangan. Oleh karenanya, perlu mengetahui betul detail pengeluaran jangka pendek dan jangka panjang, serta melakukan upaya penghematan.

Persiapkan impian dan keinginanmu dalam sebuah tulisan

Sebelum masuk ke dalam poin-poin yang disampaikan, baiknya kamu cari wadah untuk menulis yang tidak gampang rusak atau terhapus, seperti buku catatan, buku harian, atau bahkan laptop pribadi.

Setelah itu, cantumkan semua daftar impian dan keinginanmu. Saat itulah, kamu akan mulai belajar untuk memprioritaskan yang mana harus kamu capai terlebih dahulu. Tentukan dengan menggunakan skala prioritas sesuai yang kamu suka.

1. Buat Anggaran Bulanan Pribadi

Dari segala sesuatu yang ada di dunia ini, hal yang paling jarang kamu lakukan adalah membuat anggaran bulanan. Hal ini biasa dilupakan karena kamu selalu berpikir bahwa pengeluaran kamu selalu bisa kamu tangani, padahal masih banyak kesalahan yang terjadi dalam pengaturan keuanganmu setiap bulannya.

Untuk itu, kamu harus mulai membagi pengeluaranmu ke dalam dua bagian, primer dan tersier. Kebutuhan primer bisa kamu jabarkan masing-masing anggarannya, seperti makan, ongkos transportasi, tagihan listrik, segala jenis cicilan, dan lain sebagainya.

Jika sudah membuat kerangka tersebut, baru kamu dapat menentukan kebutuhan terseir seperti hang out bersama kerabat, jalan-jalan ke luar kota atau ke luar negeri, hingga shopping.

2. Bikin Tabungan

Hal yang juga sering terlewat dalam setiap pengeluaranmu adalah tabungan.

Apabila impian dan keinginan kamu ingin tercapai, menabung adalah cara paling efektif untuk bisa mendapatkan itu semua. Namun, jangan sampai menabung malah membuatmu tersiksa karena terlalu memaksakan diri untuk mendapat impian dan keinginan secepat mungkin.

Menyambung poin pertama, setelah kamu tahu prioritas pengeluaranmu, dari situ kamu sudah tahu seperti apa skema tabungan yang bisa kamu lakukan setiap bulannya. Jika memang kamu hanya mampu menabung 20% dari gaji, maka lakukan itu. Jangan memaksakan diri hingga akhirnya kamu mengorbankan banyak hal dan menjadi tidak bahagia.

3. Manfaat Asuransi

Rasa Aman

Manfaat asuransi yang paling mendasar adalah memberikanmu rasa aman. Bila sudah terdaftar dalam asuransi kecelakaan, kematian, atau kesehatan, kamu akan merasa lebih aman bila peristiwa tak diinginkan tersebut terjadi. Karena kamu tak harus memikirkan bagaimana cara menanggung kerugian atau pembayaran yang dibutuhkan. Semuanya akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi.

Efisiensi Atur Dana

Setiap keluarga atau individu sudah memiliki dana tak terduga untuk digunakan pada saat-saat darurat. Pos dana tersebut mungkin terbagi-bagi lagi, dari mulai dana tak terduga kesehatan, dana tak terduga pendidikan, dana tak terduga kematian/kecelakaan, dan lain-lain. Fungsi Asuransi pada saat-saat seperti ini adalah menjadi cadngan untuk dana-dana tak terduga seperti itu. Dengan mendaftarkan diri pada asuransi, kamu tak perlu kerepotan mengatur arus uang masuk-keluar pada pos dana-dana tak terduga tersebut. Semuanya sudah diatur oleh pihak perusahaan asuransi.

Tabungan Masa Tua

Banyak yang tak memahami jika manfaat asuransi juga bisa sebagai tabungan. Pada beberapa produk asuransi jiwa tertentu, bila kematian belum terjadi, dana akan dikembalikan pada nasabah setelah mencapai tahun yang disepakati. Atau, nasabah juga dapat meminta pengembalian dana sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat. Jumlah dana dikembalikan biasanya lebih besar dari premi yang dibayarkan. Hal ini bisa digunakan sebagai tabungan hari tua atau tabungan masa pensiun, sehingga kamu tak perlu bergantung pada anak atau keluarga besar.

Memberi Perlindungan

Manfaat asuransi lainnya adalah memberi perlindungan bagi nasabah. Perusahaan asuransi yang baik akan merangkul dan membantu nasabah bila terjadi suatu musibah, agar nasabah terlindung dari berbagai macam kerugian yang mungkin terjadi.

Menjamin Gaji

Suatu badan usaha yang baik harus memiliki asuransi. Fungsi asuransi badan usaha adalah menjamin keuangan perusahaan bila suatu saat perusahaan tersebut mengalami masalah keuangan atau pailit. Dengan begitu, karyawan akan tetap mendapatkan haknya, yakni gaji atas kerja mereka.

 

4. Mengatur Gaji dengan Prinsip 50-20-30

Cara mengatur keuangan yang satu ini sangat sederhana, tapi tak banyak orang tahu. Jadi mengatur anggaran dengan sistem 50-20-30. Apa itu? Setiap gaji atau penghasilan yang Anda terima setiap bulan, alokasikan 50% dari uang tersebut untuk biaya hidup sehari-hari, seperti makan, biaya transportasi, membayar sewa rumah, tagihan listrik dan air, termasuk tagihan kartu kredit.

Selanjutnya, sisihkan 20% dari gaji untuk tabungan dan investasi. Anda harus mengalokasikan uang untuk dana darurat, misalnya saat Anda jatuh sakit, motor rusak, atau kejadian tak terduga lainnya. Jangan lupa gunakan juga untuk investasi di dana pensiun atau instrumen investasi lain. Dana ini jangan sampai diganggu gugat.

Sedangkan sisa anggaran 30% dari gaji Anda untuk hiburan, liburan, belanja baju atau membeli barang yang diinginkan. Jika alokasi anggaran ini dianggap terlalu besar, Anda bisa memperkecilnya. Sebetulnya Anda dapat menyesuaikan sendiri dengan tetap berpegang pada prinsip 50-20-30.

5. Siapkan Dana Pensiun

Tidak banyak orang yang memikirkan dana pensiun selagi mereka di usia produktif. Rata-rata mereka berpikir bahwa uang yang diperoleh hanya untuk memenuhi kebutuhan sekarang. Padahal mereka harus mempersiapkan dana atau tabungan pensiun. Di mana Anda akan menjadi tua dan sudah tidak produktif lagi bekerja. Anda dapat menyisihkan 10% dari gaji bulanan untuk setoran dana pensiun.

Kesimpulan

Itu dia cara mengatur keuangan yang dapat kamu lakukan untuk bisa mencapai semua impian dan keinginanmu, sesuai dengan prioritas yang bijak. Yuk, mulai mengelola keuangan dengan cermat dan pastikan kamu terlindungi dari asuransi kesehatan terbaik.

Source :

[:]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *