[:id]Mengapa Kita Perlu Belajar Pemrograman?[:]

[:id]

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, pernah berkata bahwa anda dapat menciptakan apapun yang anda impikan, hanya dengan duduk dan bekerja di hadapan komputer anda dan melakukan pemrograman. Jadi, apakah sebenarnya pemrograman itu?

            Pemrograman bisa dikatakan sebagai proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau ‘pekerjaan’ sesuai dengan keinginan si pemrogram.

            Namun, banyak orang menganggap bahwa pemrograman adalah mengenai penggunaan algoritma rumit yang sering kali sulit untuk dipahami oleh para pemula. Tapi sebenarnya pemrograman lebih mengenai penyelesaian masalah yang dapat dipelajari dan dipahami oleh siapa saja. Memang awalnya akan terasa sulit, tetapi seiring keahlian yang diasah dan dipertajam, pekerjaan tersebut akan terasa lebih mudah.

            Lalu, apa sih manfaat belajar bahasa pemrograman bagi kita? Tentu tak hanya sebatas meningkatkan kemampuan melakukan pemrograman yang akan di dapatkan, tetapi berbagai hal terkait dengan hal tersebut. Seperti :

  • Meningkatkan Kemampuan Berpikir Secara Logis

Kemampuan bernalar atau berpikir logis sangat dibutuhkan saat bekerja, belajar, dan menjalin hubungan. Ketika pikiran kita dibiasakan untuk menggunakan logika, tanpa disengaja kita akan terbiasa untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari juga. Tanpa sadar kita akan mendapatkan kemampuan berpikir secara logis sebagai salah satu manfaat belajar bahasa pemrograman.

  • Meningkatkan Ketelitian

Jika terjadi masalah, seorang developer harus mengecek ulang kode, dan mencari bagian kode yang menyebabkan terjadinya permasalahan. Apalagi bagi pemula atau orang yang sedang belajar, permasalahan ini tentu akan menjadi bagian dari aktivitas membuat sebuah program. Akan tetapi, dengan terbiasa mencari kesalahan dalam menuliskan kode saat belajar, kita akan menjadi terbiasa dan lebih teliti dalam menuliskan kode dalam membuat sebuah program. Hal ini tentu akan berimbas ke dalam aktivitas kita sehari-hari sebagai salah satu manfaat belajar bahasa pemrograman.

  • Peluang kerja

Pelajari pemrograman dan lihat kemana Anda akan pergi. Apalagi peluang kerja di bidang pemrograman sangat besar. Developers merupakan pekerjaan dengan bayaran paling tinggi yang tersedia di dunia kerja. Seorang programmer dapat memperoleh salah satu dari 5 pekerjaan dengan gaji tertinggi dibidang Ilmu Komputer dan industri TI. Namun, itu kembali lagi kepada pengalaman kerja dan skill dari seorang programer, semakin besar pengalaman dan skill yang anda miliki maka anda akan dibayar semakin besar.

  • Meningkatkan Kemampuan dalam Mengatasi Masalah

Dengan mempelajari bahasa pemrograman, kita akan dilatih untuk menyelesaikan sebuah permasalahan, baik itu tentang bagaimana produk harus bekerja maupun bagaimana mengatasi kesalahan-kesalahan yang terjadi. Secara tidak sadar, kita juga akan membawa hal ini ke dalam kehidupan sehari-hari untuk menghadapi berbagai macam permasalahan yang terjadi.

Gimana, sudah tertarik belajar pemrograman?

Jika anda tertarik dengan pemrograman, mulailah mempelajari bahasa yang paling sederhana. Berikut adalah beberapa contoh bahasa pemrograman yang dapat anda pelajari dan bermanfaat:

  • Java
  • Python
  • JavaScript
  • PHP
  • Ruby
  • C#
  • CSS
  • Swift
  • Ruby on Rails
  • AngularJS
  • HTML5 & CSS3

Anda dapat mempelajari bahasa-bahasa lain agar dapat bekerja pada platform yang beragam. Menguasai pemrograman dapat mewujudkan ide anda menjadi kenyataan, seperti merancang sebuah program, membuat website dan bahkan aplikasi.

Selamat belajar J

Source :

https://www.course-net.com/5-alasan-mengapa-kita-harus-mempelajari-pemrograman/
https://blog.hacktiv8.com/mengapa-kita-perlu-belajar-pemrograman/
[:]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *